Tanggal:06 May 2024

10 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh

Menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan dengan cuaca yang tak menentu, membuat kamu harus extra dalam menjaga metabolisme tubuh. Selain asupan makanan yang bernutrisi, kamu juga perlu mengonsumi vitamin C, lho!

Asam askorbat atau vitamin C termasuk kelompok vitamin larut air. Tubuhmu tidak mampu memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri, sehingga dengan asupan vitamin C yang cukup, kamu dapat melindungi tubuh dari berbagi serangan penyakit. Kamu juga tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya, karena vitamin C telah dipelajari selama bertahun-tahun dan terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat vitamin C untuk tubuh? Berikut Vocasia telah merangkumnya untuk kamu.

Baca Juga | Apa Itu Lifestyle? Yuk Pahami Agar Gaya Hidupmu Terkontrol

Manfaat Vitamin C

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Alasan utama orang mengonsumi vitamin C adalah karena khasiatnya yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit.

Baca Juga | 7+ Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut, Bye Perut Buncit!

2. Menurunkan Kolestrol

Pola makan yang tidak sehat menjadi salah satu alasan terbesar tejadinya kolestrol. Beberapa penelitian terdahulu menemukan bahwa konsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram per hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

Baca Juga | Apa Itu Interval Training? Olahraga Singkat Bikin Kamu Langsing!

3. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang baik bagi kulit. Melalui vitamin C kamu tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tetapi juga mempercepat produksi kolagen agar menghasilkan kulit yang sehat, kencang, dan bersinar.

Baca Juga | Yuk, Ketahui Jenis Kulit Kita!

4. Mencegah Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi manapun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki. Peneliti menemukan bahwa orang yang paling banyak mengonsumsi vitamin C memiliki kadar asam urat yang jauh lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi paling sedikit.

Baca Juga | Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

5. Mengurangi Risiko Penyakit Mata

Kandungan yang ada dalam vitamin C berperan dalam menangkan radikal bebas yang bisa mengganggu lensa mata dan mengurangi risiko mata katarak.

Baca Juga | Sangat Mudah, Berikut 6 Cara Budidaya Wortel Di Rumah

6. Baik untuk Kehamilan

Vitamin C dibutuhkan selama hamil karena vitamin tersebut mampu membantu penyerapan zat besi dengan mereduksi besi ferri menjadi ferro dalam usus halus sehingga mudah diserap. Bahkan vitamin C juga bisa mendukung perkembangan janin supaya lebih sehat.

Baca Juga | 7 Manfaat Shiatsu Massage Dari Jepang, Bisa Mengatasi Depresi?

7. Kesehatan Jantung

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dapat menurunkan risiko stroke. Hal tersebut terkait dengan peran vitamin C dalam menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga | Panic Attack: Penyebab Dan Gejala

8. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Risiko penyakit kronis umumnya dipengaruhi oleh genetik turunan dalam keluarga. Namun tidak menutup kemungkinan pada remaja dipengaruhi oleh gaya hidup buruk seperti merokok, kebiasaan makan tidak sehat, dan kurang gerak. Nah, antioksidan yang ada dalam vitamin C bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga | Apa Itu Katarsis? Pengertian Dan Cara Melakukannya

9. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat besi berfungsi untuk membuat sel darah merah serta membawa oksigen ke seluruh tubuh. Konsumsi vitamin C dapat membantu tubuh dalam meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

Baca Juga | 9 Rekomendasi Skincare Lokal Untuk Kulit Kering

10. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah adalah ukuran yang dapat menentukan seberapa kuat jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuhmu. Umumnya setiap orang memiliki tekanan darah yang berbeda-beda tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Menurut jurnal pada The American Journal of Clinical Nutrition, suplemen vitamin C bisa menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg (milimeter air raksa) dan diastolik sebesar 1,7 mmHg.

Itu dia 10 manfaat vitamin C untuk tubuh yang perlu kamu ketahui. Bila asupan vitamin C tidak terpenuhi, akan ada beberapa akibat yang dirasakan, seperti anemia, pendarahan, memar, dan lain sebagainya. Maka dari itu, pastikan asupan vitamin-mu seimbang dan sudah memenuhi kebutuhan harian untuk mendapatkan hasil yang terbaik, ya!

Baca juga | 6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *