Tanggal:04 May 2024

Apa itu Mindset? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Setiap orang pastinya memiliki cara pikir yang berbeda-beda. Kamu tentu memiliki sudut pandang tersendiri atas suatu hal. Mindset yang sudah ada dapat terbentuk dari tujuan masing-masing individu. Mindset dapat tercipta dari adanya berbagai faktor yang mengubah pola pikir setiap orang. Namun, sudah tahukah kamu apa itu mindset? Mindset adalah suatu kumpulan pemikiran yang terbentuk sesuai dengan pengalaman dan keyakinan setiap orang. Hal tersebut akan mampu mempengaruhi bahkan merubah cara berpikir dalam menanggapi suatu peristiwa.

Adanya mindset sebagian besar mempengaruhi sikap, pandangan, dan masa depan seseorang. Sikap yang kamu munculkan terkadang dapat berubah dari perubahan pola pikir yang terjadi. Namun, adanya mindset yang kuat sangat perlu tertanam dalam diri seseorang. Kamu juga harus memiliki mindset yang kuat dan tidak mudah goyah. Hal tersebut dikarenakan mindset juga dapat mengubah cara kamu untuk meraih masa depan yang gemilang. Kamu perlu mengenal lebih dalam terkait apa itu mindset beserta jenis-jenisnya. Yuk pelajari lengkapnya!

Baca Juga | 7 Mindset Orang Sukses Yang Wajib Kamu Ketahui!

Jenis-Jenis Mindset 

1. Fixed Mindset (Mindset Tetap)

Ilustrasi Fixed Mindset (pexels)

Fixed mindset merupakan jenis mindset yang sesuai terhadap kepercayaan bahwa kualitas seseorang telah ditetapkan. Mindset jenis ini memiliki ciri adanya keyakinan yang kuat terhadap suatu hal ditampakkan oleh sifat seseorang. Biasanya fixed mindset timbul dari adanya faktor keturunan. Orang yang memiliki jenis mindset ini cenderung menghindari suatu tantangan dan lebih mudah menyerah. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh mindset yang tetap dan beranggapan bahwa usaha tidak ada manfaatnya. Dalam hal ini justru akan timbul sikap yang mengesampingkan kritik dan mudah merasa terancam dengan kesuksesan orang lain.

Baca Juga | 6 Cara Memiliki Winning Mentality Agar Karir Cemerlang

2. Growth Mindset (Mindset Berkembang)

Ilustrasi Growth Mindset (pexels)

Mindset berkembang adalah mindset yang berlandaskan kualitas seseorang yang dapat diolah melalui adanya usaha tertentu. Kamu bisa mengubah cara pandang yang ada melalui suatu usaha yang dipengaruhi dari berbagai faktor. Growth mindset biasanya mendapat pengaruh besar dari pengalaman yang kamu rasakan. Pengalaman yang ada akan membawa kamu mengubah cara pikir terhadap suatu hal. Ciri mindset berkembang memiliki keyakinan bahwa cara pikir bukanlah dipengaruhi faktor keturunan. Saat kamu memiliki mindset jenis ini, tentu saja akan suka menerima tantangan dan memiliki pemikiran positif. Hal ini dikarenakan adanya sikap belajar dari pengalaman untuk terus mengembangkan mindset ke arah lebih positif.

Baca Juga | Hukum Pareto 80/20, Membantu Meraih Kesuksesan Bisnis Lho!

Hal yang Dapat Mempengaruhi Mindset 

1. Pengalaman masa lalu

Pengalaman tentu membawa perubahan bagi setiap orang. Setiap hal yang kamu rasakan di masa lalu bisa membawa perubahan pada mindset yang telah diterapkan. Baik dari segi pengalaman pahit ataupun manis, semuanya memiliki dampak masing-masing. Kamu dapat belajar dari setiap kejadian hingga mampu mengubah cara berpikir menjadi lebih baik. Akan tetapi, kamu tak harus menyalahkan keadaan yang ada. Cukup berkaca dan pelajari celahnya agar tidak terulang tragedi yang buruk. Belajar dari pengalaman masa lalu juga mampu menata masa depan kamu ke arah yang lebih cerah.

Baca Juga | Apa Itu Inisiatif? Kemampuan Dalam Dunia Kerja Yang Dapat Mendukung Diri Kita!

2. Informasi yang diterima

Ketersediaan informasi yang semakin bertambah dapat mengubah pola pikir seseorang. Kamu juga bisa dengan tegas mengubah mindset dari adanya informasi yang diterima. Informasi tersebut mampu mengubah cara pandang berdasarkan fakta yang ada. Fakta tentu saja tak mampu terbantahkan oleh mindset yang sebelumnya telah tertanam kencang. Kamu juga bisa menelusuri kebenaran informasi tersebut lebih dulu. Tentunya agar tidak mengubah cara pikir secara signifikan atas suatu peristiwa. Secara tidak sadar, pola pikir yang berubah akibat adanya tambahan informasi juga meningkatkan daya kreativitas. Pikiran kamu dapat bekerja kepada arah-arah yang lebih positif.

Baca Juga | Apa Itu Kompetensi? Pengertian, Faktor, Manfaat, Dan Cara Mengembangkan

3. Lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar menjadi penentu utama mindset seseorang yang akan tertanam. Kamu bisa melihat langsung beberapa cara pikir orang di sekitar hingga mampu mengubah mindset yang ada. Lingkungan dapat mempengaruhi seseorang dalam berpikir dan bertindak. Pola pikir kamu juga dapat terbentuk karena adanya pengaruh dari faktor lingkungan. Dukungan dan semangat dapat membawa bentuk mindset yang positif pada diri kamu. Namun sebaliknya, pasrah dan mudah menyerah dapat mempengaruhi mindset kamu semakin melemah. Kamu perlu memilah dan memilih lingkungan positif agar membawa dampak yang positif pula.

Baca Juga | Apa Itu Growth Mindset? Pengertian, Manfaat, Penerapan, dan Bedanya Dengan Fixed Mindset

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu mindset. Kamu bisa mempelajari pengertiannya lebih dulu. Kemudian pahami jenis mindset yang ada dan terapkan sesuai keyakinan kamu. Jangan mudah terpengaruh oleh suatu hal yang buruk. Pahami lebih dalam dan terapkan hal-hal positif yang mampu mengubah hidup ke arah lebih baik. Tanamkan mindset yang baik dan praktikkan pada kehidupan sehari-hari. Kamu juga harus jeli dalam memilih lingkungan pergaulan yang memiliki dampak penuh bagi perubahan pola pikir. Berpikir dan bersikaplah dengan bijak, ya!

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *