Tanggal:01 May 2024

9 Manfaat Infuse Water untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat infuse water bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak. Apalagi sekarang sedang maraknya virus yang ada di tengah masyarakat. Sehingga, masyarakat sering mengonsumsi minuman ini karena dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Infuse water mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas pada tubuh kita. Tak hanya itu, infuse water juga menjadi referensi bagi khalayak luas yang kurang suka mengonsumsi air putih, sebab rasanya akan lebih segar serta beraroma.

Baca Juga : Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Pembuatan utama infuse water biasanya memakai potongan buah lemon yang tinggi akan vitamin C, tetapi bisa juga ditambahkan dengan buah segar lain. Proses olahannya dilakukan perendaman dalam air selama beberapa jam. Setelah selesai, siap dimasukkan ke dalam wadah botol. Untuk penderita diabetes maupun masyarakat yang sedang melakukan diet, mengonsumsi minuman ini sangat cocok karena tidak mengandung gula serta pengawet.

Baca Juga : Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

Lantas, ada apa sajakah manfaat yang kita peroleh setelah rutin mengkonsumsi infuse water? Yuk, simak artikel Vocasia ini hingga akhir karena akan kami bahas secara detail!

Cara Pembuatan Infuse Water

Minuman Infuse Water (Pexels)

Membuat minuman ini sangatlah mudah. Lemon sebagai sumber utama, harus dicuci terlebih dahulu, lalu dipotong-potong. Siapkan juga botol air yang berisi air mineral dan masukkan irisan lemon di dalamnya. Lalu, simpan di kulkas atau freezer selama beberapa jam pertama sampai lemon terserap oleh air. Kemudian kalian bisa menikmati sehingga badan terasa segar dan sehat. Memang lemon ini kaya akan vitamin, mineral, serta rendah kalori.

Tak hanya itu, infuse water dikenal juga sebagai air detoks alami yang kaya akan manfaat kesehatan. Infuse water dapat membantu dalam menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Dengan paduan bahan-bahan segar dan alami, lemon bisa dinikmati kapan saja. Namun, jangan pernah mencampur lemon dengan gula atau pemanis karena ini akan merusak khasiatnya.

Baca Juga : Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Mengonsumsi Infuse Water

Ilustrasi Infuse Water (Pexels)

Infuse water merupakan minuman berbahan dasar campuran air dan buah yang direndam selama beberapa jam lalu dibiarkan semalaman di lemari es. Kini sangat populer dan dikenal sebagai minuman dengan sifat detoksifikasi.

Minuman ini juga bagus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit tubuh serta mencegah dehidrasi. Tidak hanya menyegarkan saat diminum, infuse water juga memiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Kulit lebih cerah

  • Lemon
    Lemon kaya akan antioksidan seperti asam sitrat, flavonoid, vitamin C yang dapat mencerahkan kulit kamu secara alami. Selain lemon, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Kamu hanya perlu menambahkan jeruk nipis pada minuman. Sebaiknya campurkan dengan air untuk membentuk infuse water.
  • Mentimun
    Timun dapat menyegarkan tubuh dan kaya akan antioksidan yang mampu membantu meremajakan kulit kamu. Selain itu, timun mengandung vitamin C tinggi sehingga dapat mengurangi pembengkakan, mengobati iritasi kulit, dan bisa membuat kulit kamu terasa lebih sehat. Untuk pembuatan infuse water, kamu cukup masukkan irisan mentimun ke dalam air dan biarkan selama 3 jam sebelum diminum.
  • Daun Peppermint
    Karena sifat antibakterinya yang kuat, daun mint dapat membantu mengobati dan mencegah berbagai infeksi kulit seperti jerawat, eksim, luka terbakar, kulit kusam karena sinar matahari, ruam serta membuat kulit halus dan bercahaya.

Baca Juga : Manfaat Masker Alpukat

2. Menurunkan tekanan darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, timun bisa menjadi solusi yang tepat untuk menurunkan tekanan darah. Mengandung sekitar 4% kalium, elektrolit yang mengatur natrium di ginjal, yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Tentunya kamu juga harus menjaga pola makan yang tepat agar hasilnya maksimal. Siapa tahu dengan minum air mentimun juga bisa mengurangi penggunaan obat-obatan. Selain menurunkan tekanan darah, secara tidak langsung juga berkontribusi terhadap kesehatan ginjal.

Baca Juga : Self Care

3. Otot dan tulang menjadi kuat

Selain itu, minum air mentimun meningkatkan pembentukan protein yang membantu menjaga kesehatan tulang dan jaringan otot. Satu cangkir irisan mentimun dapat memenuhi hampir 20% kebutuhan vitamin K harian dalam tubuh. Sedangkan untuk otot, mentimun mengandung silika yang digunakan untuk membangun jaringan otot. Minum jus mentimun setelah berolahraga dapat mendukung pemulihan otot dan menghidrasi tubuh.

4. Menurunkan berat badan

Lemon adalah buah yang sering dipilih untuk pembuatan infuse water. Selain rasanya yang menyegarkan, lemon dapat membantu mengurangi asupan kalori harian tubuh kamu, loh. Lemon mengandung polifenol yang dapat membantu menurunkan berat badan. Tidak heran jika lemon menjadi makanan utama bagi banyak orang yang sedang melakukan diet.

Baca Juga : Tips Menjaga Badan Ideal

5. Meningkatkan stamina tubuh

Manfaat infuse water dikenal sebagai cara alami dan sehat untuk mengonsumsi vitamin. Hal ini terjadi karena kandungan vitamin dalam buah dan sayuran. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat mencegah penyakit seperti sariawan, flu dan batuk. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Mood

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

  • Apel

Di dalam buah apel terdapat sumber serat dan gula alami dengan banyak manfaat. Namun, bukan hanya daging buahnya saja, tetapi kulitnya ada manfaat juga. Pada kulit apel mengandung quercetin dan pigmen tumbuhan flavonoid yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Jadi pastikan untuk memotong apel dengan kulitnya untuk ditambahkan ke infuse water kamu.

  • Jahe

Jahe dapat digunakan sebagai obat herbal untuk demam, gangguan pencernaan, perut kembung, dan mual. Menurut buku Healing Foods yang dirilis oleh DK Publishing House, jahe terdiri dari gingerol yang memiliki efek analgesik, sedatif, antipiretik, dan antibakteri. Bahan lain yang ada dalam jahe adalah antioksidan.

Baca Juga : Makanan Untuk Kesehatan Kulit

7. Melancarkan sistem pencernaan

Infuse water juga efektif untuk memperbaiki sistem pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan kamu. Jadi, ketika kamu mengalami kesulitan buang air besar (BAB), cobalah minum air campuran ini selama beberapa hari. Untuk hasil yang paling efektif, pilihlah buah-buahan yang dapat mengatasi sembelit seperti pepaya, kiwi, dan apel.

Baca Juga : Makanan Untuk Melancarkan Pencernaan

8. Mencegah penuaan

Air yang dicampur dengan buah-buahan, seperti delima, kiwi, dan stroberi, kaya akan antioksidan. Dalam kandungan antioksidan pada buah ini efektif bisa melawan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit keriput dan lebih cepat menua. Infuse water juga bagus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar kulit tetap lembap. Jadi, kamu bisa mengonsumsi infuse water untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Agar tidak cepat bosan dan mendapatkan nutrisi yang cukup, cobalah mengganti buah-buahan yang digunakan dalam campuran air.

Baca Juga : Intermitten Fasting

9. Mendukung proses detoksifikasi

Infuse water yang terbuat dari campuran buah segar atau rempah-rempah juga dikenal bekerja sebagai air detoks. Minuman ini dipercaya dapat membantu tubuh membuang racun penyebab penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu harus minum infuse water untuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan pada infuse water ini memiliki kemampuan detoksifikasi tubuh lebih baik daripada air putih.

Baca Juga : Detoksifikasi Tubuh

Nah, itulah informasi seputar infuse water. Setelah membacanya, ternyata banyak sekali manfaatnya, bukan? Jangan lupa untuk selalu terapkan pola hidup sehat, ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Baca juga: 7 Minuman Khas Korea yang Populer, Apa Saja ya?

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *