Tanggal:14 May 2024

8 Rekomendansi Keyword Tool Gratis Terbaik!

Untuk yang berprofesi sebagai jasa SEO, YouTuber, Blogger, Content Creator dan semacamnya tentu sudah tidak asing dengan kegiatan meriset keyword. Sebab kegiatan tersebut termasuk krusial. Melakukan riset keyword yang tepat, tentu sangat mempermudah dalam hal pembuatan konten. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga dapat membuat website atau blog kamu berada di halaman pertama mesin pencari.

Saat ini telah banyak keyword tool atau alat bantu untuk riset keyword yang sesuai. Mulai dari gratis hingga yang berbayar. Semuanya memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing. Namun, kamu tidak perlu bingung untuk menggunakan keyword tool yang mana. Sebab, Vocasia sudah merangkum keyword tools gratis terbaik yang bisa kamu coba. Yuk, simak pembahasan berikut ini!

Google search adalah keyword tool paling sederhana dan mudah digunakan. Sebab, Google Search mampu memberikan rekomendasi kata kunci terkait pencarian kamu secara instan.

Katakanlah kamu sedang mencari kata kunci “hosting Indonesia” di Google Search. Maka akan muncul dropdown beberapa kata kunci turunan. Dengan melihat rekomendasi long tail keyword atau kata kunci turunan yang ditampilkan, kamu jadi tahu informasi apa yang sedang dibutuhkan dan paling banyak dicari oleh pengguna Google seputar topik tersebut.

2. Keywordtool.io

Alat bantu riset keyword satu ini sepertinya paling banyak digunakan. Terutama jika kamu sedang mencari long tail keyword untuk keperluan SEO. Long tail keyword sendiri sangat dibutuhkan karena mempunyai tingkat persaingan yang cukup rendah. Hal ini tentu saja sangat mungkin membuat web kamu berada pada ranking tertinggi mesin pencari.

Keywordtool.io tak hanya digunakan untuk riset kata kunci Google, tapi kamu juga bisa memakainya untuk riset kata kunci YouTube, Blog, eBay, Play Store, Amazon, Twitter, dan lainnya. Bahkan di sini pun ada opsi bahasa dan juga lokasi yang akan memudahkanmu. Pada setiap satu entry keyword, kamu akan diberikan rekomendasi lebih dari 750 long tail keyword.

Google Trends adalah platform besutan Google yang cukup mumpuni untuk melakukan riset kata kunci. Tool riset keyword ini akan membantu kamu mengetahui trend pencarian di waktu tertentu.

Baik kamu seorang blogger, marketer, atau yang lainnya, Google Trend bisa membantu kamu mendapatkan kata kunci terbaik untuk konten kamu. Sebab, tool ini memiliki akses data yang didapat dari hasil pencarian real time Google.

Platform ini merupakan salah satu keyword tool gratis yang banyak digunakan karena berbagai kelebihannya. Dengan keunggulan Google Trends tersebut, kamu dapat mengukur mana keyword dengan tingkat pencarian yang tinggi atau cocok untuk wilayah tertentu. Selanjutnya, tinggal menentukan keyword mana yang akan digunakan.

4. Ubersuggest

Keyword tool selanjutnya dalam daftar ini adalah Ubersuggest. Di sini kamu tidak hanya mendapatkan fitur pencarian kata kunci saja, tapi ada beberapa fitur lainnya yang menarik dari tool satu ini. Misalnya, seperti laporan efektivitas SEO dari per halaman, overview performa domain, rekomendasi keyword, ide-ide konten dan sebagainya.

User interface yang diberikan oleh Ubersuggest ini pun terbilang ramah dan sangat intuitif, di mana kamu hanya memerlukan waktu yang sangat singkat untuk bisa memahaminya dengan baik. Sehinga kamu tidak akan merasa kesulitan sama sekali ketika menggunakannya.

5. Wordtracker

Keyword tool yang satu ini direkomendasikan karena tak hanya menjadi SEO tools saja, tapi juga merangkap juga sebagai market research tool. Saat menggunakannya, kamu tidak hanya akan mendapatkan keyword untuk SEO, tapi juga keyword iklan yang berbasis PPC (Pay Per Click).

Dengan segala kelebihannya seperti pencarian keyword sekunder atau related keyword, pencarian keyword dengan konotasi negatif, akses keyword asli, dan sebagainya, Wordtracker bisa dibilang melebihi Google Keyword Planner. Kamu akan mendapatkan 10.000 lebih rekomendasi kata keyword untuk setiap entry yang kamu masukkan.

6. Google Keyword Planner

Alat bantu riset keyword selanjutnya dirilis oleh Google dan termasuk paling sering juga digunakan, yaitu Keyword Planner. Tool ini dapat memudahkan seseorang saat harus riset kata kunci untuk beriklan di Google AdWords.

Ada banyak keunggulan Google adwords keyword tool ini, yaitu tak hanya bisa digunakan untuk keperluan AdWords saja, kamu juga bisa menggunakannya untuk keperluan riset keyword yang lainnya.

Selain itu juga gratis digunakan sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan riset keyword. Keyword Planner banyak dipilih karena hubungannya dengan Google sangat erat. Kemungkinan mendapatkan keyword yang tepat pun semakin besar.

7. Ahrefs Free Keyword Generator

Ahrefs sebenarnya adalah sebuah tool SEO lengkap yang menawarkan fitur premium. Namun, Ahrefs memiliki Free Keyword Generator sebagai keyword tool gratis yang bisa kamu coba. Sebagai keyword tool, Ahrefs memungkinkan kamu untuk mencari ide keyword baru, melihat metrik performa SEO dari kata kunci tertentu, mengidentifikasi long tail keyword, menganalisis kompetitor, dan lainnya.

Namun, informasi yang ditampilkan dalam versi gratis masih sangat terbatas. Ahrefs hanya akan memberikan 100 keyword yang relevan, beserta tingkat kesulitan keyword, volume pencarian, dan waktu terakhir keyword di update.

8. SEMrush Keyword Tool

SEMrush sebagai pemain lama di dunia tool SEO, juga memiliki beberapa fitur yang menunjang riset keyword. Salah satu yang utama yaitu Keyword Magic Tool.

Kamu hanya perlu mengetikkan keyword diinginkan, setting filter lokasi, dan mendapatkan data. Untuk memfilter kata kunci yang lebih spesifik, kamu dapat mengunakan kata kunci lanjutan atau advance filters, yang meliputi word count, kompetisi, fitur SERP, dan hasil SERP.

Selain itu, SEMrush juga menampilkan data spesifik masing-masing keyword. Dengan data tersebut, kamu bisa melihat konten kompetitor dengan kata kunci sama dan membuat konten yang lebih baik.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *