Tanggal:15 May 2024

Apa Itu React Native? Simak Kelebihan dan Kekurangannya!

Tahukah kamu apa yang dimaksud react native? React native adalah sebuah framework berbasis JavaScript yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. React native mempunyai dua sistem operasi secara bersamaan yaitu Android dan iOS. Kamu bisa menggunakan sistem ini untuk menghemat waktu. React native dirancang tentunya untuk mempermudah pengembangan aplikasi berbasis mobile. Pembuatan aplikasi mobile tentu saja terdapat bahasa pemrograman yang spesifik didalamnya. Bahasa pemrograman yang digunakan haruslah menyesuaikan platform yang dipakai pula.

Adanya react native sangat membantu kamu membuat aplikasi mobile lebih mudah. Kamu tidak perlu memahami keseluruhan bahasa pemrograman, loh. Apalagi memahami pemrograman Android serta iOS sudah tidak diperlukan! Kamu dapat menggunakan react native dalam dua sistem operasi sekaligus. React native adalah sistem operasi yang memang diperuntukkan bagi pengembang aplikasi mobile. Sangat menakjubkan bukan? Tetapi react native juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Mari simak bersama kelebihan dan kekurangan dari react native, ya.

Baca Juga : Mengenal Framework Flutter

Kelebihan React Native

1. Menghemat waktu

Dua sistem operasi dapat kamu jalankan sekaligus dan tentu sangat efisien. Kamu tak perlu merubah banyak komponen kode dalam react native yang telah dibuat. Kode dalam react native dapat kamu gunakan secara berulang. Kamu tentu bisa melakukan pengembangan aplikasi mobile secara lebih mudah. React native dibuat agar memudahkan proses pengembangan sistem operasi mobile. Kamu bisa menyimpan lebih banyak waktu saat menggunakan sistem pengembang ini.

2. Memiliki komunitas besar

React native adalah framework JavaScript yang bersifat terbuka. Para pengembang aplikasi mobile dibebaskan bertukar informasi dan pengalaman dengan tetap mengikuti aturan komunitas. Komunitas yang ada dapat membantu kamu mengasah kemampuan dalam menggunakan react native. Saling berbagi pengetahuan, pengalaman, hingga mencari solusi bersama tentu sangat memberikan kemudahan bagi kamu. Kamu lebih leluasa memahami react native dari berbagai sumber tentunya.

Baca Juga : 9 Framework Web Populer untuk Pengembangan Aplikasi Web

3. React native adalah sistem hemat biaya

Kamu tidak perlu lagi mencari orang untuk mengembangkan dua sistem operasi secara bergantian. Melalui react native dua sistem operasi dapat kamu tangani sekaligus. Tentu hal ini juga lebih menghemat biaya pengeluaran yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan biaya tersebut untuk lebih mengoptimalkan sistem aplikasi yang kamu buat. Sangat efektif sekali ya. React native adalah pilihan yang tepat bagi kamu!

Baca Juga : Tutorial Install Android Studio

Kekurangan React Native

1. Kinerja kurang stabil

React native adalah sistem yang digunakan untuk mengembangkan dua sistem operasi secara bersamaan. Hal itu tentu membuat kinerja react native melemah. Kinerja menjadi kurang stabil diakibatkan oleh terbaginya sistem operasi Android dan juga iOS. Kedua sistem operasi tersebut memaksa kinerja sistem pengembang tetap berjalan optimal. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa  hasil kinerja react native masih dinilai kurang stabil dibandingkan penggunaan bahasa pemrograman yang berbeda.

Baca Juga : Cara Membuat Aplikasi di IOS dengan Mudah

2. Kompabilitas kurang baik

Penggunaan react native masih terbilang belum lama. React native baru berumur sekitar 7 tahun dan masih dinilai kurang stabil oleh para pengembang aplikasi. Hal ini sangat berkaitan dengan kompabilitas atau keadaan penyesuaian diri dalam sistem operasi. React native adalah sistem yang masih memiliki kompabilitas cukup rendah. Kompabilitas juga sangat berpengaruh pada kinerja sistem operasi yang menurun. Para pengembang masih menemukan kesulitan dalam react native terkait kompabilitas. Tentu sistem yang tidak mampu menyesuaikan dengan baik dapat memperlambat jalannya aplikasi mobile.

Baca Juga : Fungsi ROM pada Komputer

Itu dia pemaparan tentang react native beserta kelebihan dan kekurangannya. React native adalah sistem pengembang yang dapat diterapkan secara lebih efisien. Kamu dapat mengambil dan menerapkan sisi positifnya serta melakukan evaluasi dari sisi kekurangan yang ada. React native bisa menjadi pilihan kamu untuk memperoleh efisiensi waktu dan biaya. Tentunya aplikasi mobile yang kamu buat dapat terselesaikan lebih mudah melalui penggunaan sistem pengembang ini. Pelajari dan aplikasikan dengan benar, ya!

Baca Juga : Tips Belajar Pemrograman Untuk Pemula

Kursus desain website HTML CSS
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *