Tanggal:21 July 2024

Tips belajar pemrograman bagi pemula, Wajib tahu!

Di era digital ini bahasa pemrograman adalah pekerjaan yang paling dicari oleh hampir setiap perusahaan. Ir. Jokowi Dodo selaku Presiden Republik Indonesia juga menghimbau untuk para pemuda-pemudi mempelajari coding karena menurutnya mempelajari coding itu sangat penting.

Coding adalah suatu bahasa pemrograman komputer yang dimana pada era digital ini hampir setiap teknologi menggunakan bahasa pemrograman.

Untuk itu ulasan dibawah ini akan menjelaskan bagaimana cara mempelajari bahasa pemrograman bagi yang pemula.

Pelajari Pemrograman Dasar

Umumnya bahasa pemrograman berguna untuk merangkai kode-kode menjadi suatu program yang dapat digunakan orang banyak. Seperti aplikasi sosial media dan lain sebagainya juga menggunakan bahasa pemrograman.

Baca Juga: 6 Cara Menghasilkan Uang Jika Kamu Pintar Coding

Bahasa pemrograman bagi pemula ada berbagai macam, tetapi dihimbau untuk orang yang baru ingin mempelajari bahasa pemrograman harus memahami dasarnya dahulu.

Apa saja ya konsep-konsep dasar dalam pemrograman? Berikut konsep dasar yang harus Kalian fahami.

  1. Mempelajari Logika dan Algoritma
  2. Proses input data kedalam perangkat lunak
  3. Proses Pengumpulan Data atau Originating

Bahasa Pemrograman Bagi Pemula

Bahasa pemrograman itu ada banyak jenisnya dan setiap bahasa memiliki keunikan dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Namun pada ulasan dibawah ini akan memberikan informasi mengenai bahasa pemrograman yang direkomendasikan bagi pemula. Apa saja ya?

1. Python

Apa Kalian tahu perusahaan Google, Yahoo! maupun NASA? Ya, 3 Perusahaan besar tersebut berkembang pesat dalam dunia teknologi dan bahasa pemrograman yang mereka gunakan adalah tidak bukan Python.

Python memiliki sifat yang open-source dan bebas digunakan. Selain itu, Phyton juga bersifat dinamis, mendukung object-oriented, prosedural, dan gaya pemrograman fungsional.

2. JavaScript

Pada umumnya banyak yang mengatakan jika ingin mempelajari bahasa pemrograman JavaScript dituntut untuk mempelajari dahulu bahasa pemrograman C. Karena sebagian besar bahasa yang digunakan JavaScript sama seperti bahasa pemrograman C.

JavaScript juga digunakan oleh banyak aplikasi dan program, Game dan Website adalah salah satunya. Pada smartphone yang berbasis Android juga bahasa pemoragaman nya menggunakan JavaScript berbeda dengan smartphone Apple yang menggunakan bahasa pemrograman Swift.

Bahasa pemrograman ini juga sayangnya dikenal banyak kalangan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Tetapi dengan berkembangnya jaman Kalian dapat mempelajari bahasa pemrograman ini di Platform manapun, bisa melalui Youtube ataupun mengikuti kursus Online yang tersebar luas di Internet maupun di Sosial Media.

3. C/C++

Bahasa C sering digunakan untuk perangkat lunak sistem dan program. Bahasa C juga banyak mempengaruhi hampir semua bahasa pemrograman dan memiliki kode yang lebih kompleks untuk melakukan tugas sederhana.

Karena hampir kebanyakan orang mempalajari bahasa pemrograman dimulai dari bahasa C. Jika sudah faham bahasa C maka untuk bahasa lainnya kemungkinan akan mudah difahami.

Bagaimana tertarik mempelajari bahasa pemorgraman? Masih bingung mulai dari mana? Tenang saja tidak perlu khawatir Vocasia hadir untuk membantu Kalian yang ingin mempelajari bahasa pemrograman.

Dengan mengikuti kursus online di Vocasia, Kalian akan mendapatkan materi pembelajaran yang sangat bermanfaat dan mudah difahami serta Kalian akan mendapatkan E-Sertifikat dan didampingi oleh mentor-mentor profesional.

Harganya juga cukup terjangkau. Jadi, Tunggu Apa Lagi? Segera kunjungi Vocasia sekarang juga.

Baca Juga

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *