Tanggal:20 April 2024

Rekening Koran: Pengertian, Fungsi Dan Cara Mengajukannya

Bagi Sobat Vocasia yang sering melakukan transaksi di perbankan, mungkin sering mendengar istilah rekening koran. Namun apa Sobat Vocasia sudah tahu juga definisi dari rekening koran itu? Rekening koran adalah laporan seluruh transaksi nasabah yang dikeluarkan oleh bank. Rekening koran bisa saja diminta oleh perusahaan tempatmu bekerja atau untuk syarat mendapatkan visa ke luar negeri.

Nah, bagi sebagian Sobat Vocasia yang belum pernah mengajukan rekening koran, tenang! Di sini Vocasia akan memberitahu cara mengajukannya, lengkap dengan pengertian dan fungsinya. Simak pembahasannya pada artikel kita di bawah ini!

Pengertian Rekening Koran

Rekening koran adalah serapan dari bahasa Belanda courant yang berarti ringkasan transaksi seseorang yang tercatat pada suatu rekening. Pengertian rekening koran adalah sebuah ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening, bisa berupa rekening yang dimiliki secara pribadi/individu maupun rekening yang dimiliki oleh suatu badan usaha. Adapun secara data yang terlampir pada rekening koran adalah tentang alur debit dan kredit, termasuk dana hasil transfer masuk dan/atau keluar.

Pada awal penggunaan rekening masa lampau, sebelum teknologi semakin maju, seseorang hanya dapat melihat semua rincian transaksi rekening miliknya melalui rekening koran. Untuk mendapatkan rekening koran waktu itu tergantung dari kebijakan bank. Ada yang memberikan rekening koran pada nasabah setiap periode tanpa diminta, ada pula yang harus mengajukannya terlebih dahulu untuk mendapatkan rekening koran.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, nasabah sudah bisa memeriksa alur keuangan di rekeningnya secara online yakni dengan mobile application, website bank, atau melalui mesin ATM. Nasabah bisa melihat keseluruhan daftar transaksi hingga mutasinya.

Fungsi Rekening Koran

Fungsi rekening koran apa saja ya? Mari kita simak di bawah ini:

1. Untuk Mengajukan Visa

Jika Sobat Vocasia ingin liburan atau dinas ke luar negeri, ada negara-negara yang mewajibkan kamu memiliki visa. Pada saat inilah rekening koran mempunyai peranan. Ketika ingin mengajukan permohonan visa, kamu harus dapat membuktikan bahwa kamu mempunyai cukup dana sehingga tidak ngegembel di negara tujuan. Biasanya persyaratan yang diminta, menyertakan berbagai dokumen yang dinilai bisa memberi informasi dan menggambarkan kondisi finansialnya.

Sebut saja Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) 21, slip gaji, Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta daftar riwayat transaksi selama 3 atau 6 bulan terakhir yang bisa kamu dapat dari percetakan rekening koran.

2. Sebagai Ringkasan Transaksi

Fungsi rekening koran pada dasarnya sama seperti buku tabungan, yaitu menampilkan transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu (umumnya 3 bulan). Informasi yang terdapat di rekening koran mengenai jumlah saldo awal-akhir bulan, arus debit-kredit, bunga bank, dan biaya administrasi. Rekening koran memiliki kelebihan, yakni bukan hanya mencantumkan tanggal, waktu seperti di buku tabungan, tapi juga pesan yang dicantumkan ketika transaksi dilakukan dan hal detail lainnya.

3. Mengajukan Pinjaman

Apabila Sobat Vocasia sedang membutuhkan dana dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman melalui bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), pasti bank akan meminta catatan riwayat transaksi keuangan. Contohnya seperti fotokopi lembar rekening koran yang dikeluarkan bank.

Rekening koran juga bisa dijadikan salah satu dokumen yang dapat menunjang pada saat kamu mengajukan atau membuat permohonan tertentu (umumnya hal-hal yang berkaitan dengan finansial) untuk memberikan bukti bahwa ada alur keuangan yang sehat pada rekening kamu. Hal ini jadi wajib kalau kamu berstatus bukan pegawai perusahaan.

4. Menjadi Bukti Hukum

Rekening koran bisa menjadi bukti hukum yang sah apabila suatu saat kamu terlibat perselisihan dengan pihak lain yang terkait dengan mutasi rekening. Contohnya saja ketika kamu yakin telah mengirimkan sejumlah uang untuk membayar pesanan pada sebuah toko online, namun pihak penjual belum ada uang terkirim atas nama rekening kamu, sehingga order kamu tidak dapat diproses. Maka rekening koran dapat membuktikannya.

5. Audit Keuangan Perusahaan

Sebagai perusahaan, rekening koran sangat penting. Fungsi rekening koran perusahaan ini adalah untuk melakukan rekap daftar keuangan, baik transaksi arus masuk dan keluar. Jadi apabila ada suatu hal yang tidak wajar pada transaksi rekening perusahaan, hal ini dapat segera diproses.

Cara Mengajukan Rekening Koran

Ketika Sobat Vocasia hendak mengajukan permohonan cetak rekening koran, umumnya ada syara-syarat berkas yang harus dilengkapi terlebih dahulu, di antaranya:

  1. Buku tabungan asli
  2. Kartu tanda penduduk (KTP)
  3. Kartu debit
  4. Biaya cetak

Sobat Vocasia juga bisa melakukan pengecekan dan unduh transaksi keuangan perbankan (rekening koran) secara online, yaitu melalui internet banking atau mobile banking. Caranya sebagai berikut:

Cetak rekening koran BRI

  • Login ke Internet Banking BRI (Klik Rekening)
  • Lalu klik Mutasi Rekening
  • Pilih rekeningmu
  • Pilih periode transaksi yang ingin dicetak
  • Catatan transaksi akan muncul dan siap dicetak

Cara cetak rekening koran Mandiri

  • Login ke Mandiri Online
  • Pilih menu informasi rekening (Klik Rekening)
  • Lalu klik rekening tabungan dan giro
  • Pilih Mutasi rekening
  • Pilih periode transaksi keuangan yang akan dicetak
  • Catatan transaksi akan muncul dan siap dicetak

Cara cetak e-Statement BCA

  • Login ke KlikBCA.com
  • Pilih menu “e-Statement
  • Pilih rekening kamu
  • Tentukan periode laporan transaksi keuangan yang diinginkan
  • Klik unduh/download
  • Secara otomatis laporan mutasi rekening (dalam bentuk .pdf) siap diunduh

Cetak Rekening koran Online BNI

  • Masuk ke aplikasi atau website Internet Banking BNI
  • Kemudian pilih ke menu rekening
  • Klik informasi saldo dan mutasi
  • Masuk ke mutasi saldo dan giro
  • Pilih periode di histori transaksi
  • Catatan transaksi akan muncul dan siap dicetak

Itulah cara apabila Sobat Vocasia hendak melakukan pengajuan cetak rekening koran. Selamat mencoba!

Baca juga: Apa Itu Rekening Bersama (Rekber)? Yuk, Ketahui Cara Kerjanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *