Tanggal:25 April 2024

Berikut Penjelasan 4 Komponen Ujian Saat Mengikuti Tes IELTS

Untuk membuktikan seluruh kemampuan Bahasa Inggris yang kamu kuasai atau sebagai kebutuhan dalam suatu syarat tertentu, kamu pasti pernah mendengar salah satu tes bernama IELTS bukan? Tes IELTS merupakan tes serupa diantara tes lainnya yang populer seperti TOEFL dan TOEIC untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Tes IELTS umumnya diperlukan sebagai syarat tertentu seperti keperluan studi, pekerjaan, bahkan imigrasi. Telah banyak perguruan tinggi terkemuka, perusahaan besar, dan negara-negara yang membutuhkan lampiran hasil IELTS agar dapat melanjutkan rangkaian proses selanjutnya.

Apa Itu Tes IELTS?

Kursus online belajar grammar vocasia

IELTS memiliki singkatan International English Language Testing System (IELTS) adalah salah satu tes kecakapan Bahasa Inggris internasional yang populer di dunia sebagai suatu prasyarat tertentu. Dilansir dari idp.com, tahun lalu ada lebih dari 2.9 juta tes yang telah diambil. Hasil IELTS yang valid diakui oleh lebih dari 11.000 organisasi, termasuk lembaga pendidikan, perusahaan, asosiasi professional, dan pemerintahan di 145 negara di seluruh dunia.

Tes IELTS sendiri terdiri atas 2 macam yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. Salah satu dari kedua jenis tes tersebut bisa kamu ikuti sesuai dengan kebutuhan yang menjadi syarat atau ingin kamu raih untuk masa depan. Perbedaan kedua jenis tes tersebut adalah IELTS Academic diperlukan untuk kebutuhan penerimaan calon mahasiswa, sedangkan IELTS General Training diperlukan secara umum untuk memenuhi syarat kecakapan Bahasa Inggris. Selain itu, bagi kamu yang ingin pindah ke Inggris Raya, kamu harus mengikuti tes IELTS dengan disetujui oleh otoritas Visa dan Imigrasi Inggris Raya yang dikenal sebagai IELTS untuk UKVI.

Terdapat 4 komponen ujian yang akan kamu hadapi ketika mengikuti tes IELTS. Beberapa komponen tes ini perlu kamu kuasai agar skor yang kamu hasilkan dapat memuaskan. Berikut di bawah ini 4 komponen ujian tes IELTS yang wajib kamu ketahui!

1.  Membaca – Reading

Reading. Photo: pexels.com

Pada bagian tes reading terdiri dari 40 pertanyaan dan berbagai jenis pertanyaan digunakan untuk menguji dalam keterampilan membaca Bahasa Inggris. Sebagaimana tes reading umumnya digunakan untuk mencari pesan tersirat, ide utama, membaca cepat secara keseluruhan, serta mengetahui pendapat, sikap, dan maksud penulis teks. Pada tes reading ini memakan waktu pengerjaan sekitar 60 menit.

Baca Juga:

2. Menulis – Writing

Writing. Photo: pexels.com

Dalam tes Writing kamu mengerjakan dua tugas menulis yang topik penulisannya bersifat umum sesuai dengan jenis tes IELTS yang kamu pilih. Pada IELTS Academic, tes ini akan banyak menulis mengenai esai sebagai tanggapan atas argumen individu dan menjelaskan data yang telah tersaji dalam bentuk tabel, bagan, grafik, atau diagram. Namun, IELTS General Training tes menulis yang dikerjakan adalah penulisan berkaitan dengan surat untuk menjelaskan situasi tertentu dan esai sebagai tanggapan atas argumen individu. Kedua jenis tes bisa kamu pilih dengan menuliskan secara formal ataupun informal. Tes writing ini memakan waktu pengerjaan sekitar 60 menit.

Baca Juga:

3. Mendengar – Listening

Listening. Photo: pexels.com

Selama 30 menit, kamu harus mendengarkan empat rekaman dan kemudian menjawab pertanyaannya. Rekaman dalam tes listening ini merupakan suara penutur asli bahasa Inggris. Keempat rekaman tersebut terdiri dari dialog kehidupan sehari-hari, monolog dalam konteks sosial tertentu, percakapan lebih dari dua orang dalam konteks tertenru, dan monolog yang berkaitan dengan dunia akademis.

Baca Juga:

4. Berbicara – Speaking

Speaking. Photo: pexels.com

Dalam tes speaking kamu akan dinilai berdasarkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris secara fasih. Tes ini akan direkam dan durasinya berkisar 11-14 menit. Pada tes ini akan dibagi dengan beberapa bagian, bagian 1 diawal 4-5 menit kamu akan mendapat pertanyaan mengenai diri sendiri dan topik umum yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti keluarga, rumah, pekerjaan, minat, dan studi. Bagian 2, pertanyaan yang kamu dapatkan memuat sebuah topik tertentu selama kurang lebih 2 menit. Bagian 3, pertanyaan lebih lanjut yang diberikan pada bagian 2 yang menghasilkan hal-hal atau ide yang abstrak.

Baca Juga:

Itu dia 4 komponen tes yang akan kamu jalani saat mengikuti tes IELTS. Total waktu tes IELTS adalah kurang lebih berkisar 2 jam dengan alur komponen yang biasanya diselenggarakan pada hari yang sama.

Nah, jika kamu yang berencana untuk mengikuti tes IELTS kamu bisa klik tautan berikut atau klik banner di bawah. Disana kamu akan banyak mempelajari langkah-langkah efektif dalam menyelesaikan tes IELTS. Segera ikuti dan dapatkan penawaran diskon sampai dengan 85%. Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik disini. Jangan lupa untuk ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan. Have a nice day!

ielts yang efektif
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *