Tanggal:25 April 2024

7 Tips dan Trik Mudah Belajar IELTS Secara Otodidak, Tanpa Menguras Kantong!

Kamu salah satu pemburu beasiswa luar negeri? Atau kamu sedang mempersiapkan migrasi ke luar negeri? Mungkin kamu akan mengenal IELTS sebagai salah satu tes kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional. Pasalnya, untuk kamu yang melanjutkan studi atau migrasi ke luar negeri, IELTS dibutuhkan untuk beberapa negara. Kamu akan dimintai hasil perolehan skor IELTS baik sebagai proses penyeleksian maupun proses migrasi dari satu negara ke negara lain.

Kursus online belajar grammar vocasia

Banyak anggapan yang menyebutkan bahwa tes IELTS jauh lebih susah dibanding TOEFL. Apalagi jika kamu berbicara soal harga tes yang agak menguras kantong yaitu sekitar 2,9 juta rupiah untuk sekali tes. Cukup besar bukan jumlahnya?

The International English Language Testing System (IELTS) merupakan salah satu rangkaian tes untuk menguji kemampuan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris. Untuk mengetahui lebih lanjut komponen tes yang akan diuji dalam IELTS, kamu bisa mengakses link berikut.

Tips dan Trik Belajar IELTS 

Rangkaian tes IELTS yang tidak mudah mendorong kamu untuk terus berlatih dan memiliki persiapan yang baik. Jika hal tersebut konsisten kamu lakukan, skor yang kamu peroleh pun akan maksimal.

Setelah menelusuri informasi mengenai IELTS yang sudah bertebaran dimana-mana, saatnya kini kamu mengetahui tips dan trik mudah belajar IELTS secara otodidak. Artikel ini akan menjelaskan kepada kamu tips dan trik yang dapat kamu gunakan saat belajar IELTS dengan cara mudah dan tanpa menguras kantongmu berlebihan. So, let’s get started!

1. Yakin memilih IELTS?

Sudah yakin memilih IELTS. Sumber: pexels.com

Tips dan trik pertama berupa pertanyaan ini bisa kamu jawab dengan mengingat apa yang menjadi tujuan utama kamu mengikuti dan memperoleh skor dari tes IELTS. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa tes bahasa Inggris ada beberapa macam. Lalu, apakah tujuan utama kamu dengan kegunaan tes IELTS sudah relevan? Bisa jadi kamu memerlukan jenis tes lain yang lebih relevan dengan tujuan utamamu saat ini. 

Apabila sudah yakin untuk mengikuti tes IELTS, tugasmu selanjutnya adalah memilih salah satu diantara jenisnya yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. Kegunaan dua jenis tes IELTS memiliki perbedaan, sehingga kamu perlu mencocokannya dengan tujuan utama yang kamu miliki.

Baca Juga:

2. Merancang Persiapan

Mulai merancang persiapan. Sumber: pexels.com

Mengingat tes IELTS bukan tes yang main-main dan pengerjaannya sangat ketat, maka kamu perlu memulai untuk merancang segala persiapan. Persiapan yang kamu buat dapat berupa persiapan dari awal belajar hingga pelaksanaan tes IELTS berlangsung. Ini perlu dilakukan, selain untuk memberi gambaran belajar seperti apTipa yang kamu inginkan juga dapat mendorong semangatmu untuk memperoleh target skor yang kamu inginkan.

Baca Juga:

3. Media Belajar

Siapkan media belajar. Sumber: pexels.com

Kamu tidak dapat mengandalkan satu media belajar yang digunakan. Untuk menggali berbagai referensi soal, carilah buku yang bisa kamu jadikan sebagai sumber belajar. Kamu dapat menggunakan buku berupa softcopy maupun hardcopy tergantung kenyamananmu. Cari berbagai rekomendasi buku belajar IELTS yang efektif untuk digunakan dan pastinya telah tersedia di toko buku maupun e-commerce kesayangan kamu. 

Biasanya, ada beberapa jenis buku untuk belajar IELTS seperti Reading, Speaking, Grammar, Listening, dan Vocabulary yang dirancang khusus untuk belajar IELTS. Buku yang dijual dipasaran sangat banyak jenisnya, kamu hanya perlu menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kamu. Namun tak perlu memaksakan jika kamu tidak memiliki banyak budget untuk membeli buku, karena kamu bisa memanfaatkan referensi gratis yang didapatkan dari internet. 

Baca Juga:

4. Metode Belajar yang Digunakan

Tentukan metode belajar yang akan digunakan. Sumber: pexels.com

Menentukan metode belajar IELTS akan sangat bermanfaat untuk tes lainnya yang mungkin akan kamu ikuti nantinya. Metode belajar dapat kamu lakukan dengan menerapkan teknik target menyelesaikan BAB tertentu yang ada pada buku atau media belajar lainnya, baik dalam grammar, speaking, writing, vocabulary, dan reading. Untuk mempercepat target penguasaan materi, kamu bisa menerapkan dengan membaca satu bab perharinya. Jika metode ini kamu lakukan, usahakan jangan sampai mempelajari materi secara acak. Jika materi dapat kamu kuasai secara berurutan, kamu akan terdorong untuk mengulik materi sampai ke akarnya.

Baca Juga:

5. Buat Jadwal Belajar

Buat jadwal belajar versi dirimu. Sumber: pexels.com

Buatlah jadwal pembelajaran secara lengkap dan terstuktur mulai dari waktu belajar, waktu target tercapai, dan materi-materi yang perlu kamu kuasai setiap harinya. Selain itu, kamu juga dapat merubah jadwal sesuai kebutuhanmu baik mengurangi maupun menambahkan porsi belajar pada bagian tertentu. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, usahakan untuk dapat konsisten melaksanakan jadwal yang sudah kamu buat dengan rapi.

Baca Juga:

6. Ketahui Kekuranganmu

Ketahui bagian soal yang kurang kamu kuasai. Sumber: pexels.com

Setelah mulai melakukan latihan soal secara berkala, kamu akan menemukan kesulitan yang tidak terduga. Kesulitan tersebut bisa kamu rasakan ketika sulit mengerjakan bagian tertentu yang menjadi soal dalam tes IELTS. Jika kamu telah mengetahui kekuranganmu secara spesifik, ini akan jadi hal yang bagus sebab kamu dapat berkesempatan untuk menggali materi lebih dalam lagi ataupun kamu dapat memaksimalkan segala kekuatan pada bagian lainnya. 

Baca Juga:

7. Terus berlatih dan Temukan Teknik Menjawab Soal IELTS

Berlatih dan telusuri cara menjawab soal IELTS Sumber: pexels.com

Selama latihan berlangsung kamu juga harus belajar mengatur waktu pengerjaan sesuai dengan tes sebenarnya. Selain itu, kamu juga telah mengefektifkan waktu dengan sebaik mungkin. Terus berlatih akan memudahkan kamu untuk membuat strategi yang tepat. Setiap orang memiliki strategi dan teknik yang berbeda-beda, jadi pastikan Anda mengetahui strategi yang paling tepat untuk diri Anda sendiri. 

Baca Juga: 

Itu dia 7 tips dan trik mudah belajar IELTS secara otodidak tanpa menguras kantong banyak. Kamu bisa miliki kursus pribadi untuk mendukung proses belajar IELTS dengan klik tautan berikut. Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik disini. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Share

One Comment

  1. CHINTYA PUTRI AMELIA Reply

    Artikel yang komprehensif mengenai tips dan trik cara belajar IELTS. Hal ini perlu dibaca oleh pembaca yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, dalam bidang pekerjaan ataupun untuk mengukur kemampuan dalam berbahasa Inggris. Namanya sebuah belajar pastinya harus dijadwalkan secara terstruktur dan dilakukan secara konsisten untuk memperoleh hasil belajar yang baik serta target yang ingin dicapai. Apa lagi dalam belajar bahasa Inggris ini khususnya IELTS, yang terdiri dari beberapa sub-materi, tentunya tidak mudah kita kuasai dan pastinya ada materi yang belum dipahami. Maka dari itu, dengan belajar yang konsisten dan terstruktur seseorang dapat mengetahui kekurangan dalam dirinya materi apa yang belum dia kuasai sehingga dapat lebih dalam belajar materi tersebut atau memaksimalkan di materi lainnya dalam tes IELTS. Selain dilakukannya belajar, perlu juga melakukan latihan soal secara konsisten untuk mengukur sejauh mana kemampuan orang itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *