Tanggal:29 April 2024

4 Cara Membuka Lapak di Tokopedia, Mudah dan Cepat

Cara menjual produk di Tokopedia.

Dengan adanya kemudahan teknologi saat ini, membuka sebuah bisnis tidak lagi menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Apalagi ditunjang adanya online market place yang ada di Indonesia memudahkan segalanya, baik dari sisi seller ataupun buyer. Nah, jika kamu berniat memulai usaha, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi atau online market place ini. Selain kamu tak perlu lagi membutuhkan sebuah ruko dan memikirkan biaya sewanya, kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan lain yang tak akan kamu dapatkan jika membuka bisnis secara konvensional. Apa saja keuntungan tersebut?

  • Keuntungan pertama, kamu bisa membuka toko online di Tokopedia secara gratis, tidak memungut biaya sepeserpun. Berbeda jika kamu membuka toko secara konvensional, tentunya kamu perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tokonya, bukan?
  • Kamu bisa menjangkau buyer/pembeli di seluruh Indonesia. Toko online-mu tersebut bisa diakses semua orang. Berbeda dengan membuka toko secara konvensional yang hanya menjangkau buyer di wilayah itu saja.
  • Dengan membuka toko online di Tokopedia, kamu sudah bisa memanfaatkan seluruh layanan pengiriman secara lengkap yang tersedia. Terdapat pula gratis ongkir dengan SK tertentu. Jadi, kamu tak perlu cemas terhadap pengiriman produk ke luar daerah.
  • Tersedia fitur-fitur yang dapat mempromosikan produk dan tokomu ke seluruh pengguna Tokopedia.
  • Bisa kamu akses dengan mudah menggunakan ponsel atau laptop.

Nah, setelah mengetahui berbagai benefit yang akan kamu dapatkan jika menjual produk di Tokopedia, berikut akan dijabarkan secara lengkap mengenai cara gampang menjual produk di Tokopedia ini. So, check this out!

1. Buka dan Daftarkan Toko

Cara #1 yang bisa kamu lakukan ketika ingin menjual produk di Tokopedia adalah membuka dan mendaftarkan tokomu terlebih dahulu. Panduan membuka toko ini sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Berikut beberapa caranya:

  1. Unduh aplikasi Tokopedia di App Store bagi pengguna Ios, dan Play Store bagi pengguna Android. Setelah berhasil mengunduh aplikasi Tokopedia, buka dan klik ‘Akun’.
  2. Lalu, klik ‘Akun Toko’.
  3. Setelah berhasil, kamu akan diarahkan ke halaman buka toko. Klik ‘Buka Toko Gratis’.
  4. Tulis nama toko milikmu. Usahakan menulis nama tokomu ini dengan benar ya karena nama toko ini tidak bisa diubah. Setelah berhasil mengisi nama toko, isi juga domain toko. Domain toko ini berfungsi sebagai link tokomu di Tokopedia.
Pendaftaran toko.
Pendaftaran toko. Sumber: Tokopedia
  • Selanjutnya, masukkan alamat toko yang benar dan lengkap. Alamat ini berguna untuk kurir yang akan mengambil produk dari tokomu. Isi nama jalan, nama bangunan, kecamatan, RT/RW, kode pos, dan sebagainya. Setelahnya simpan informasi tersebut.
  • Setelah berhasil, tokomu sudah terbuat dan siap digunakan.
Membuat toko di Tokopedia.
Membuat toko di Tokopedia. Sumber: Tokopedia

Nah, jika kamu tidak bisa membuka toko, perhatikan beberapa peraturan berikut ini:

  • Pastikan akun milikmu tersebut belum memiliki toko sebelumnya. Kamu bisa mengeceknya pada akun Tokopedia di bagian Toko Saya.
  • Satu KTP hanya bisa digunakan maksimal untuk 2 toko saja.
  • Segera tambahkan produk sebelum 90 hari karena jika kamu tak segera menambahkan produk, akun milikmu tersebut akan dihapus secara permanen.

2. Upload dan Jual Produk

Mulai unggah dan jual produkmu.
Mulai unggah dan jual produkmu. Sumber: Pexels

Cara #2 menjual produk di Tokopedia adalah mengunggah dan mulai menjual produk. Setelah berhasil membuka toko online milikmu, segera tambahkan produk yang akan kamu jual sebelum 90 hari. Kamu bisa mengunggah foto-foto produkmu tersebut dengan cara mengklik ‘Tambah Produk’ di menu Buka Toko. Setelahnya, kamu bisa mulai mengisi semua informasi mengenai produk yang akan dijual tersebut. Adapun informasi yang bisa kamu tambahkan yaitu nama produk, kategori, berat produk, harga, jumlah stok, varian, kondisi, dan deskripsi produk. Setelah berhasil mengunggah semua produk yang akan dijual, tokomu sudah siap untuk menerima pesanan pertama!

3. Terima Pesanan

Terima pesanan yang masuk.
Terima pesanan yang masuk. Sumber: Pexels

Cara #3 yang bisa kamu lakukan ketika berbisnis di Tokopedia adalah menerima pesanan yang masuk. Setelah kamu berhasil mengunggah produk artinya para buyer di Tokopedia sudah bisa mengakses dan membeli produk yang kamu jual tersebut. Nah, pesanan demi pesanan tentunya akan masuk ke akunmu tersebut untuk selanjutnya diproses. Biasanya akan ada pemberitahuan yang masuk. Jika kamu memutuskan untuk menerima pesanan tersebut, kamu bisa mengklik ‘Terima Pesanan’ dan ‘Respons Pesanan’.

4. Strategi Marketing

Buat strategi marketing yang baik.
Buat strategi marketing yang baik. Sumber: Pexels

Cara #4 atau yang terakhir jika kamu ingin agar jualanmu di Tokopedia laris manis, maka yang harus kamu lakukan adalah menetapkan strategi pemasaran yang jitu. Adanya perencanaan strategi ini dimaksudkan agar bisa menaikkan penjualan di tokomu tersebut. Nah bagaimana caranya? Pertama, kamu bisa memanfaatkan media sosial yang kamu miliki. Kedua, kamu bisa mulai memberikan promosi atau diskon yang menarik. Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Tokopedia seperti TopsAds atau Promote Satu Jam Sekali.

Nah, jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses dengan usahamu itu juga semakin besar, ikuti kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses yang diadakan oleh Vocasia ini. Di dalam kursus tersebut, kamu akan diajarkan bagaimana melipatgandakan usahamu, merencang pengembangan usaha, hingga strategi penjualan dan pemasaran yang efektif, dan lain sebagainya. Dengan didampingi mentor yang sangat berpengalaman, kamu bisa mendapatkan kurus tersebut di sini. Jangan sampai kelewatan dan menyesal karena tidak mengikuti kursus tersebut. Buat bisnismu semakin maju dengan ikuti kursus ini sekarang juga, diskon 72% juga loh!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *