Tanggal:25 April 2024

5 Cara Mudah Agar Sukses Menjawab Soal JLPT

Bagi kamu yang tengah berusaha untuk mengikuti tes JLPT, tentu ingin dapatkan skor yang memuaskan bukan? Agar sukses dalam mengikuti tes kamu perlu membuat strategi. Penguasaan materi saja belum cukup untuk memperoleh skor yang memuaskan. Ibarat perang, kamu butuh alat tempur sebanyak-banyaknya agar menang! Sama halnya dengan mengikuti tes JLPT, kamu perlu merancang aturan dan strategi yang tepat.

Tips dan Trik Menjawab Soal JLPT

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Artikel sebelumnya telah dijelaskan pengertian JLPT dan kegunaan sertifikatnya sebagai sebuah tes untuk mengukur kemampuan Bahasa jepang yang dibutuhkan sebagai keperluan. Secara umum, waktu pengerjaan yang diberikan dalam tes JLPT sekitar 2 sampai dengan 3 jam. Cukup singkat, ya. Untuk itu kamu perlu mengetahui tips dan trik menjawab soal JLPT dengan mudah, simak yuk!                                                               

1. Menguasai Kosakata dan Huruf Jepang

Kuasai kosakata dan terapkan huruf Jepang sehari-hari. Sumber: unsplash.com

Memperluas kosakata Bahasa jepang adalah hal paling penting untuk mahir berbahasa Jepang. Pasalnya, untuk memahami bahasa Indonesia sebagai bahasa kita sehari-hari saja perlu mempebanyak kosakata agar dapat mengerti. Dengan memperluas kosakata akan memudahkan kamu untuk mengenal dan makna dari sebuah kata ataupun kalimat.

Memperluas kosakata dapat kamu lakukan dengan banyak membaca tulisan yang berbahasa Jepang. Langkah untuk belajar Bahasa jepang yang pertama diawali dengan memperlajari hurufnya terlebih dahulu, yaitu terdiri dari 3 aksara Hiragana, Katakana, dan Kanji. Kamu dapat memulai dari huruf hiragana dan katakana, karena huruf kanji coraknya cenderung sulit. Cara cepat menghafal huruf hiragana dan katakana bisa kamu lakukan dengan menulis dan membaca berulang kali.

Baca Juga:

2. Mengatur Waktu Pengerjaan

Atur waktu pengerjaan sebaik mungkin. Sumber: unsplash.com

Saat berlatih soal, kamu juga bisa sekaligus mengatur waktu pengerjaan sesuai target yang ingin kamu capai. Misalnya dalam waktu satu jam kamu harus sudah sampai pada soal nomor keberapa, begitu seterusnya. Karena bisa dimungkinkan dalam ujian yang sesungguhnya, kamu merasa tertekan untuk menjawab pertanyaan ujian sehingga waktu yang diberikan dianggap kurang cukup untuk mengerjakan tes JLPT.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kamu saat ujian berlangsung, baik itu kelelahan otak dan membuat kamu pusing. Mungkin kamu juga akan mengalami kesulitan untuk mempertahankan konsentrasi selama 3 jam. Untuk itu, mengatur waktu pengerjaan dapat membantu kamu untuk melatih daya tahan dan kekuatan otak.

Baca Juga:

3. Latihan Soal Beragam  

Berlatih jenis soal JLPT yang beragam macam. Sumber: unsplash.com

Sudah seberapa jauh kamu berlatih soal JLPT? Eitsss, jangan cepat puas ya. Kamu dapat berlatih lebih keras lagi dan gali soal-soal tes JLPT yang beragam. Kamu juga bisa lho memanfaatkan informasi di internet untuk mengakses referensi soal JLPT di tahun sebelumnya. Tujuannya untuk membiasakan diri dengan tipe soal dan prosedur yang akan dihadapi saat kamu mengikuti tes JLPT. Perlu dipelajari juga mekanisme bagaimana soal yang akan dikerjakan dan bagaimana tata cara mengerjakan soalnya. Dengan terus berlatih, kamu akan terbiasa!

Baca Juga:

4. Pelajari Pola Kalimat

Pelajari pola soal. Sumber: unsplash.com

Cara mempelajari pola kalimat kita harus mempelajari satu pola kalimat perhari secara konsisten. Pelajari pola soal pada berbagai tingkatan, tetapi kamu bisa memulai dengan tingkat dasar N5 untuk terlebih dahulu menguasai dan memahami dasar-dasar bahasa Jepang. Pelajari kalimat dengan pola kalimat yang telah dipelajari, minimal kamu dapat membuat 5 kalimat. Kamu juga dapat meminta bantuan seseorang yang ahli berbahasa jepang untuk mengkoreksi latihan yang kamu buat. Selain mempelajari pola kalimat, harus konsisten menghafal kosakata setiap harinya.

Baca Juga:

5. Menemukan Jawaban Melalui Eliminasi Jawaban

Cari jawaban yang paling memungkinkan. Sumber: unsplash.com

Risau jawaban tidak ada dalam pilihan? Gunakan cara eliminasi. Eliminasi jawaban bisa kamu lakukan dengan memilih jawaban yang kamu yakin tidak benar. Kamu bisa mencoret lembar ujianmu dan memberi silang jawaban yang kemungkinan salah untuk mempersempit pilihan. Cara ini tidak selalu menghasilkan jawaban yang benar, tetapi paling tidak kamu dapat memperkirakan mana jawaban yang peluang benarnya lebih besar.

Jika eliminasi tidak membuat kamu mendapatkan jawaban juga, pilihan terakhir adalah menebak jawaban. Terdapat generalisasi tentang tebak-menebak jawaban yang mungkin bisa kamu terapkan. Walaupun tidak selalu tepat atau bahkan bisa mengarahkan kamu pada jawaban yang salah.

Trik pertama yang bisa kamu ikuti adalah jawaban terpanjang biasanya yang paling benar. Hal ini berlaku pada bagian Reading. Hal ini dikarenakan sang pembuat ujian harus menambahkan klausa tambahan dan kata-kata tertentu untuk memastikan bahwa jawaban tersebut yang paling tepat.

Trik kedua adalah untuk curiga terhadap jawaban yang tampak terlalu jelas. Khususnya pada soal dengan tingkat yang lebih tinggi (N3+), hampir semua jawaban tidak terlalu menonjol dan memiliki sisi tak terduga. Perbedaan yang tipis pada beberapa pilihan soal Grammar memungkinkan itulah yang berusaha diuji. Jadi jika terdapat dua jawaban serupa, ada kemungkinan salah satunya benar.

Tetap tenang saat mengerjakan JLPT dan hindari perasaan gugup yang akan mengganggu kamu. pada saat mengerjakan tes JLPT. Hal tersebut akan berdampak pada kesalahan membaca huruf Jepang yang penulisannya mirip-mirip. Padahal membedakan keduanya sangat mudah bagi pemula yang sudah mengenal hiragana dan katakana. Selain itu pada bagian listening, dengarkan dengan baik apa yang diucapkan oleh native speaker jangan sampai salah dengar ya.

Baca Juga:

Itu dia 5 cara mudah agar sukses menjawab tes JLPT. Bagi kamu yang sedang berusaha untuk belajar bahasa Jepang atau segera melangsungkan tes JLPT selalu semangat, ya! Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik disini. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *