Tanggal:25 April 2024

3 Hal Penting Mengapa Tes TOEIC Harus Kamu Ikuti!

Kita telah menyadari pentingnya menguasai Bahasa Inggris saat ini akan mempengaruhi banyak hal. Tidak hanya memberikan kemudahan, dengan menguasai Bahasa Inggris kita akan lebih mudah mengatasi kondisi dan syarat tertentu yang diberikan. Sampai saat ini, sudah ada 3 jenis tes yang populer untuk mengukur kompetensi Bahasa Inggris kamu yakni TOEFL, IELTS, dan TOEIC yang tentunya memiliki perbedaan. Namun, dalam artikel ini akan banyak dibahas mengenai salah satu tes bernama TOEIC. Simak lebih lanjut, yuk!

Pengertian Tes TOEIC

TOEIC adalah singkatan dari Test of English for International Communication yang dikembangkan tahun 1970-an di Jepang dan dilaksanakan oleh Educational Testing Service (ETS). Tes TOEIC merupakan tes yang bisa kamu ikuti untuk memperoleh hasil kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris yang dibutuhkan dalam dunia kerja atau mengambil bagian dalam globalisasi.

Lebih spesifik, tes TOEIC dipergunakan untuk menunjukkan sertifikat pengakuan kesiapan masuk dunia kerja dengan kemampuan Bahasa Inggris untuk memenuhi standar tertentu. Kamu dapat memilih 2 jenis tes TOEIC yang tersedia yakni TOEIC Listening and Reading Test (tes mendengar dan membaca), serta TOEIC Speaking and Writing Test (tes berbicara dan menulis). Kedua jenis tes memiliki perbedaan dalam waktu, cara pengerjaan, skor penilaian tiap pertanyaan. Namun, pertanyaan-pertanyaan yang muncul banyak melingkupi dunia kerja seperti sales, marketing, dan bisnis. Jadi, tes TOEIC ini banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Jika kamu telah mendapatkan sertifikat hasil ujian TOEIC, ingat masa belakunya hanya selama 2 tahun. Untuk mempersiapkan segala kebutuhan tes TOEIC, kamu perlu mengetahui 3 hal penting mengapa tes TOEIC perlu kamu ikuti. Simak, yuk!

1. Untuk meraih pekerjaan impian

Meraih pekerjaan impian dalam perusahaan. Sumber: pexels.com

Bagi kamu para freshgraduate yang tengah kebingungan dan mencari lowongan pekerjaan, mungkin kamu bisa mengisi waktu luang juga untuk mempersiapkan tes TOEIC. Tes TOEIC dapat berfungsi sebagai nilai tambah yang kamu masukkan dalam riwayat hidup. Selain itu, tes TOEIC dapat kamu gunakan untuk melamar dalam perusahaan multinasional di Indonesia yang banyak meminta persyaratan tes TOEIC sebagai data penunjang kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris.

Melansir dari kampunginggris.id, saat ini tes TOEIC menjadi acuan lebih dari 10.000 perusahaan, pemerintah, dan program pembelajaran Bahasa Inggris (English Languages Learning) dilebih dari 120 negara untuk mempertimbangkan kompetensi Bahasa Inggris seseorang. Pada tahun 2013 juga telah ada lebih dari 7 juta orang yang melakan tes TOEIC.

Baca Juga:

2. Syarat dalam kenaikan pangkat

Syarat untuk naik pangkat pekerjaan. Sumber: pexels.com

Kamu telah mengetahui pentingnya tes TOEIC dalam dunia bisnis dan pekerjaan. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang menginginkan kenaikan level kerja mu lebih tinggi lagi. Melalui hasil tes TOEIC ini, dalam beberapa perusahaan menjadi syarat yang perlu dilampirkan apabila jabatan yang kamu duduki lebih tinggi dari sebelumnya. Maka, persiapkan dirimu mulai dari sekarang!

Baca Juga:

3. Kelulusan akademis

Syarat kelulusan sekolah. Sumber: pexels.com

Tidak hanya dalam keperluan bisnis dan pekerjaan, tes TOEIC juga seringkali dipergunakan untuk syarat dalam kelulusan sekolah dalam jenjang SMK maupun perguruan tinggi. Mengapa demikian? Hal ini juga sebagai keutamaan dalam tes TOEIC yang mempersiapkan calon tenaga kerja yang berfokus dalam suatu profesi dan telah kompeten berbahasa Inggris.

Oleh sebab itu, tidak heran tes TOEIC menjadi salah satu persyaratan untuk lulus dari SMK dan perguruan tinggi. Umumnya, syarat perguruan tinggi yang mengarahkan mahasiswanya untuk mengikuti tes TOEIC adalah perguruan tinggi dalam sekolah vokasi atau jenjang diploma.

Baca juga: 

Itu dia 3 hal penting mengapa tes TOEIC perlu kamu ikuti. Jika saat ini kmau tengah mempersiapkan tes TOEIC, pelajari dan terus berlatih secara sungguh-sungguh, ya. Perlu diketahui bahwa tidak semua lembaga bisa menyelenggarakan tes TOEIC dan menerbitkan sertifikat. Jika sampai salah pilih, kamu bisa mendapatkan sertifikat yang tidak valid dan tidak diakui. Untuk itu, sedari sekarang kamu bisa mencoba menentukan dan memilih institusi penyelenggaran tes TOEIC yang resmi dan sudah terpercaya. Selamat mencoba!

Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik disini. Jangan lupa untuk ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang selalu kami bagikan setiap harinya. Ingin mulai persiapkan tes kompetensi bahasa inggris lainnya seperti TOEFL dan IELTS mulai dari sekarang? Kamu bisa mengaksesnya dengan klik tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *