Tanggal:04 May 2024

Tunjangan: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Ilustrasi Tunjangan Tunai (pexels)

Dalam dunia kerja tentu selalu ada tambahan insentif. Penambahan dana atau insentif tersebut sebagai upaya perusahaan mendorong kinerja para karyawannya. Kamu sebagai pekerja biasa mendapatkannya dalam bentuk uang tunjangan. Tunjangan adalah salah satu bagian dari kompensasi kerja atau pemberian balas jasa kepada karyawan yang berguna untuk meningkatkan produktivitas selama bekerja. Bentuk pemberian tunjangan bisa secara langsung ataupun tidak langsung. Kamu bisa memperoleh tunjangan tunai berupa uang ataupun tunjangan non tunai. Tunjangan non tunai bisa berupa biaya transportasi, kesehatan, atau tabungan milik karyawan.

Jenis Tunjangan

1. Tunjangan jabatan

Tunjangan jabatan adalah tunjangan yang diberikan oleh setiap karyawan yang memang sudah mempunyai jabatan yang tinggi di dalam suatu perusahaan. Tujuan dari adanya tunjangan ini karena para pemilik jabatan harus memikul beban yang lebih berat daripada karyawan yang berada pada level bawah. Tunjangan jabatan juga bisa disebut sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras para pemilik jabatan dalam menjalankan tanggung jawabnya. Kamu sebagai pemilik jabatan berhak atas tunjangan tersebut. Dan tentu saja harus diikuti proses kerja yang lebih bersemangat setelah mendapatkannya.

2. Tunjangan umum

Jenis tunjangan selanjutnya adalah tunjangan umum. Jenis tunjangan ini akan diberikan kepada kamu yang sama sekali tidak menanggung jabatan tinggi. Singkatnya, tunjangan umum adalah suatu tanda apresiasi dari perusahaan pada performa kerja karyawan selama di kantor. Sama seperti namanya, tunjangan umum bersifat umum dan diberikan kepada seluruh karyawan yang bekerja di bawah naungan perusahaan tertentu. Tanpa memandang jabatan, kamu bisa memperolehnya dengan mudah.

3. Tunjangan keluarga

Tunjangan keluarga adalah jenis kompensasi yang disediakan oleh pihak perusahaan untuk para karyawan yang memang sudah berkeluarga. Contohnya adalah kompensasi istri yang diberikan apabila istri karyawan tersebut tidak mempunyai pekerjaan. Saat kamu bekerja dan sudah mempunyai keluarga, perusahaan tetap memperhitungkan pemberian tunjangan. Kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, jenis tunjangan ini sangat mampu membantu finansial keluarga. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan anggota keluarga. Tunjangan keluarga hanya ditujukan untuk keluarga, ya. Jangan sampai kamu menyalahgunakan tunjangan ini untuk keperluan pribadi.

4. Tunjangan kesehatan

Jenis tunjangan kesehatan diberikan oleh perusahaan sebagai cara untuk mengelola kesehatan fisik dan juga psikis setiap karyawan. Tujuan dari diberikannya tunjangan ini adalah agar setiap karyawan terus berada dalam kondisi yang prima dan bisa bekerja secara produktif. Kamu wajib mengecek dan mengontrol kondisi kesehatan untuk tetap siap mencurahkan hasil kerja secara optimal. Adanya tunjangan kesehatan tentu sangat bermanfaat untuk setiap karyawan. Terlebih saat kamu berada dalam kondisi sakit dan membutuhkan dana. Kamu pun bisa menggunakan dana dari tunjangan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan.

5. Tunjangan pensiun

Tunjangan pensiun adalah jenis kompensasi yang diberikan oleh perusahaan sebagai wujud jaminan hari tua untuk para karyawannya. Tujuan dari diberikannya tunjangan ini adalah agar bisa menyejahterakan karyawan perusahaan di hari tua nanti. Kamu pun tak perlu khawatir lagi saat sudah tidak bisa atau berhenti bekerja. Kamu bisa menggunakan tunjangan pensiun untuk menyokong kebutuhan sehari-hari. Tunjangan pensiun juga bisa kamu gunakan sebagai dana tabungan sewaktu-waktu dibutuhkan di masa tua yang akan datang.

6. THR

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah tunjangan yang sudah sangat akrab di telinga para pekerja. Tunjangan ini wajib disediakan oleh semua perusahaan. THR diberikan agar setiap karyawan bisa memenuhi kebutuhannya saat hari raya keagamaan tiba. Biasanya THR akan diberikan selama setahun sekali. Kamu bisa menggunakan dana THR sebagai pendukung untuk membeli beragam keperluan hari raya. Misalnya saja membeli perlengkapan ibadah, memberi sanak saudara, hingga menyiapkan perayaan kuliner bersama-sama. Dana THR menjadi hak wajib bagi setiap pekerja.

7. Biaya akomodasi

Jenis tunjangan yang terakhir adalah tunjangan akomodasi. Namun, tunjangan ini sifatnya tidak tetap. Tunjangan ini bisa diberikan selama karyawan tersebut sedang melakukan tugas atau sedang berada di luar kantor karena permintaan perusahaan. Kamu bisa menggunakan dana dari jenis tunjangan ini sebagai pengganti biaya akomodasi. Agar bisa menerima jenis tunjangan ini, kamu harus memastikan diri bahwa sudah mengisi formulir kehadiran. Tujuannya adalah agar tim finansial bisa mengambil keputusan terkait hak yang harus diterima oleh kamu sebagai karyawan dari perusahaan yang bersangkutan.

Manfaat Tunjangan

Tunjangan sebagai bagian dari insentif atau dana kompensasi memiliki berbagai manfaat. Tiap perusahaan yang memberikan dana tunjangan tertentu pastinya telah mempertimbangkannya dengan matang. Tentu hal ini bertujuan baik dalam mendukung performa atau kinerja dari setiap karyawannya. Manfaat adanya dana tunjangan di antaranya adalah:

  • Mampu meningkatkan produktivitas karyawan
  • Memberikan jaminan kenyamanan dan keselamatan kerja
  • Menciptakan kesejahteraan hidup bagi setiap karyawan
  • Meminimalisir tuntutan upah kerja karyawan

Baca Lebih Banyak : Inilah 5 Cara Mudah Mendapatkan Pendanaan Startup

Itulah pemaparan mengenai apa itu tunjangan. Tunjangan sangat penting dalam menopang kinerja para karyawan perusahaan. Kamu bisa memperoleh hak atas tunjangan sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan, ya. Selain itu, kamu juga harus mempergunakan dana tunjangan dengan bijak dan sesuai fungsinya.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *