Tanggal:18 May 2024

15 Rekomendasi Kucing Peliharaan yang Lucu dan Populer

Siapa sih yang tidak suka kucing, seekor binatang yang lucu nan menggemaskan ini? Bila kamu seorang pecinta binatang, tentunya kamu sudah tidak asing lagi  dengan peliharaan yang satu ini. Terlebih lagi, jenis-jenis kucing peliharaan kini semakin banyak.

Menurut penelitian dari delegasi American Stroke Association’s International Stroke Conference di New Orleans pada 2008, memelihara kucing dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Studi tersebut dilakukan selama 10 tahun terhadap lebih dari 4.000 warga Amerika.

Baca Juga | Apa Itu Flora Dan Fauna? Pengertian Dan Contohnya Lengkap

Berdasarkan riset tersebut, rupanya kucing bisa menjadi ‘obat’ untuk majikannya. Pasalnya, memelihara kucing dapat memberikan efek meningkatkan dopamin dan serotonin dalam tubuh manusia. Hormon-hormon tersebut dapat mengurangi stres dan meningkatkan fungsi daya tahan tubuh. Bahkan, bagi sebagian orang kucing sudah dianggap menjadi anggota keluarga yang tidak dapat terpisahkan.

Bagaimana, tertarik untuk memelihara kucing? Berikut jenis-jenis kucing peliharaan yang bisa jadi pilihan untuk diadopsi di rumah kamu.

Baca Juga | 7 Hewan Unik Indonesia Yang Terancam Punah

Rekomendasi Jenis Kucing Peliharaan

Sebagai informasi, kucing merupakan hewan yang berevolusi akibat hasil domestikasi di zaman kuno. Menurut para ilmuwan dan ahli biologi, kucing peliharaan saat ini merupakan hasil dari penjinakan kucing buas yang dulunya hanya tinggal di hutan-hutan Afrika.

Hasil penelitian yang dicatat dalam Max Planck Institute ini juga mengungkap bahwa proses domestikasi kucing telah terjadi 9.000 tahun yang lalu. Ahli DNA berhasil melacak keberadaan kucing-kucing purba di Afrika, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Barat.

Baca Juga | 10 Warisan Budaya Indonesia Yang Hampir Punah

Dari penelitian DNA yang dilakukan secara terperinci, didapatkan bahwa induk utama kucing purba, yakni kucing liar hutan merupakan spesies felis silvestris lybica. Spesies mamalia ini diprediksi memiliki kaitan yang kuat secara DNA dengan kucing peliharaan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kucing merupakan hewan dari hasil domestikasi. Adapun jenis-jenis kucing peliharaan yang menggemaskan, di antaranya:

Baca Juga | Harus Bangga! 7 Budaya Indonesia Yang Mendunia

1. Kucing Domestik

A closeup shot of one ginger cat hugging and licking the other isolated on a white background

Kucing domestik ini lebih dikenal dengan nama kucing kampung oleh masyarakat Indonesia. Ia mungkin menjadi jenis kucing yang paling banyak ditemui. Meski banyak ditemui di sekitar, jangan salah, justru kucing kampung merupakan jenis kucing yang mudah dipelihara, lho. Mereka tak memerlukan perawatan khusus layaknya kucing ras lain yang mempunyai karakteristik khas dan tentunya tak kalah menggemaskan dengan ras lain. Jadi, bila kocek kamu terbatas, kamu bisa memilih kucing domestik untuk dipelihara.

Baca Juga | Berencana Impor Hewan Dari Luar Negeri? Yuk, Ketahui Caranya Berikut Ini!

2. Kucing Persia

Persia juga menjadi salah satu ras kucing yang paling populer dijadikan hewan peliharan baik lokal maupun internasional. Kucing persia memiliki kepala dan dahi yang bulat lebar dan telinga kecil yang ujungnya membulat. Bentuk ekor dan kakinya pun cenderung pendek.

Persian cat memiliki karakter yang ramah dan mudah bergaul, jadi cocok untuk teman bermain. Jenis kucing ini juga memiliki kebiasaan yang lemah lembut, ramah, santai periang, dan cerdas. Parasnya yang menggemaskan dan unik membuat kucing Persia menjadi primadona para pecinta kucing.

Baca Juga | 9 Jenis Kura-Kura Peliharaan Populer Di Indonesia

3. Kucing Siam

Jenis kucing Siam berasal dari Thailand dan sudah terkenal dari abad 19. Karakteristik kucing Siam memiliki bercak gelap di area wajah, telinga, kaki, dan ekornya, tapi mungkin juga beberapa kucing ini tidak memiliki bercak di tubuhnya.

Kucing ini semakin populer ketika film animasi Disney yang berjudul Lady and the Tramp menampilkan kucing Siam yang bisa bernyanyi.

Baca Juga | Cara Mudah Budidaya Jangkrik Untuk Pemula, Dijamin Cuan!

4. Kucing Mainecoon

source: katadata

Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari daerah Maine, Amerika Serikat yang terkenal dengan udaranya yang dingin. Tak heran kalau mereka memiliki bulu tebal dan panjang yang menyelimuti tubuhnya. Selain itu, ada lapisan lemak tebal di kulitnya.

Baca Juga | Mudah Dan Cepat, Berikut 7 Cara Budidaya Kelinci Bagi Pemula

5. Kucing British Shorthair

Siapa sih yang tidak suka dengan kucing British Short Hair? Ia memiliki wajah bulat, pipi tembam, serta bulu tebal, empuk, dan halus yang membuat cat lovers tidak tahan dengan kegemasannya. Selain karakteristik fisiknya yang menggemaskan, ia juga memiliki sifat yang manja dan santai, lho. British Short Hair memiliki sifat yang lebih ramah untuk anak-anak maupun hewan lain yang ada di satu tempat dengannya. Sehingga, hal tersebut menjadikannya salah satu kucing terfavorit untuk dipelihara.

Baca Juga | Berikut Cara-Cara Budidaya Ikan Koi Di Rumah!

6. Kucing American Shorthair

source: halodoc

Sesuai dengan namanya, jenis kucing ini berasal dari Amerika. Ia cenderung memiliki temperamen yang datar, watak yang baik, dan kecerdasan yang tajam. Hal itu membuatnya menjadi peliharaan favorit keluarga. Sifat lembutnya ini terbukti dengan kemampuannya bergaul dengan hewan peliharaan lain.

Baca Juga | Jenis-Jenis Kelinci Yang Dapat Kamu Pelihara!

7. Kucing Anggora

jenis-jenis kucing

source: arioko

Banyak yang salah paham antara kucing Anggora dan Persia. Kedua jenis tersebut dianggap sama. Padahal, keduanya berbeda. Bulunya yang lembut, panjang, dan lebat ini mungkin membuat Anggora sulit dibedakan dari Persia.

Jika Persia berbedan bulat dan gemuk, lain halnya Anggora yang berbadan cenderung lurus dan kurus. Ciri khas Anggora terletak pada kepalanya yang berbentuk segitiga, berbulu lebat menyerupai singa, dan hidung yang lebih mancung dari kucing lainnya. Selain itu, leher dan bulu yang panjang juga menjadi ciri khas yang tidak terpisahkan dari Anggora ini. Itulah sebabnya kucing ini terlihat mempesona dan menggemaskan.

Untuk perawatannya, kucing jenis ini pun tidak jauh berbeda dengan merawat kucing ras lainnya. Karena bulunya yang lebat dan panjang, sang pemilik harus rajin memperhatikan bulu dan menyisirnya.

Baca Juga | 7 Tips WFH Agar Tetap Produktif & Tehindari Dari Stress

8. Kucing Ragdoll

source: adobe stock

Kucing yang berasal dari Amerika Serikat ini diambil dari nama Ragdoll. Ia memiliki sifat yang jinak layaknya sebuah boneka. Ciri khas dari kucing jenis ini hampir menyerupai kucing Persia dan Siam dari matanya yang biru dan pipinya yang bulat. Tak hanya itu, ia  memiliki dada yang lebar dan berotot serta tulang kaki yang kuat dan besar. Hal itu membuat kucing Ragdoll tampak lebih menawan dari kucing jenis lainnya.

Baca Juga | Jurusan Agroteknologi: Informasi Kuliah, Prospek Kerja, Hingga Gajinya

9. Kucing Sphynx

Youtuber Raditya Dika sempat memelihara kucing yang unik ini. Yap, kucing tersebut berjenis Sphynx yang berasal dari Kanada. Uniknya, ia tidak memiliki bulu sama sekali dan menjadi satu-satunya kucing yang memiliki kelenjar keringat. Karena keunikannya itulah, Sphynx diburu oleh para cat lovers dan cattery.

Baca Juga | Pengertian Budidaya Beserta Manfaatnya

10. Kucing Bengal

The gold Bengal Cat on white background at studio

Sebenarnya, kucing Bengal merupakan campuran dari berbagai ras kucing seperti Abyssinian, American Shorthair, Burmese, Egyptian Mau, dan Asian Leopard. Ia bahkan masih satu keluarga dengan macan tutul. Tapi kamu tak perlu khawatir karena kucing jenis ini memiliki sifat yang jinak dan sangat ramah untuk dipelihara.

Karakteristik dari kucing Bengal ini adalah corak dan bintiknya seperti keturunannya langsung. Selain itu, sifatnya yang gaduh, aktif, dan senang bermain akan membuat pemiliknya kewalahan. Jadi, bila tertarik membawa pulang kucing ini, kamu harus siap-siap kewalahan untuk menangani tingkah lakunya.

Baca Juga | Apa Itu Aquaponik? Ketahui Sistem Budidaya Tanaman Dan Ikan Yang Mudah

11. Kucing Russian Blue

source: pexels

Russian Blue berasal dari daerah pelabuhan Arkhangelsk, Rusia. Kucing jenis ini memiliki bulu yang anggun dan mata hijau yang berkilau. Lapisan bulu kucing Russian Blue sangat berbeda dengan jenis kucing lainnya, yakni berwarna perak biru, berukuran pendek, tebal, dan sangat halus.

Memiliki karakteristik yang anggun, kucing Russian Blue dapat jadi hewan peliharaan yang mewah. Hal ini juga berpengaruh pada harga jenis kucing ini yang fantastis yakni mencapai 39 jutaan.

Baca Juga | 7 Cara Budidaya Hamster Yang Baik Dan Benar

12. Kucing Munchkin

jenis-jenis kucing

source: merdeka

Kucing berbadan mungil dan berkaki pendek ini menjadikannya terlihat sangat lucu nan menggemaskan. Selain fisiknya yang menggemaskan, sifat Munchkin juga cukup pendiam dan manja. Banyak selebriti kucing berjenis Munchkin yang muncul di berbagai lini media sosial. Hal itu membuat kucing jenis ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis.

Baca Juga | 10 Cara Memulai Usaha Hidroponik

13. Kucing Scottish Fold

source: whiskas

Sesuai dengan namanya, Scottish Fold adalah ras kucing yang berasal dari Skotlandia. Ia terkenal akan karakteristik tubuhnya yang unik yakni bentuk telinga yang berlipat. Kegemasan kucing ini juga ditambah dengan mata besar dan badannya yang bulat. Selain itu, ia juga merupakan kucing yang ramah, cerdas, dan aktif. Sehingga, ia sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan.

Baca Juga | 9 Cara Menghemat Air Di Rumah, Ternyata Bermanfaat, Mudah Dan Tidak Boros!

14. Kucing Abyssinian

jenis-jenis kucing

source: daftarhewan

Kucing Abisinia atau Abyssinian dikenal sebagai kucing yang aktif dan eksploratif. Tak hanya itu, mereka juga bernilai tinggi. Hal ini dikarenakan mereka termasuk salah satu ras kucing berbulu pendek tertua dengan tampilan eksotis layaknya lukisan dan patung dari zaman Mesir Kuno.

Baca Juga | 15 Rekomendasi Lagu Self Healing Untuk Kesehatan Mental

15. Kucing Himalaya

Hasil persilangan antara ras kucing Persia dan ras kucing Siam membentuk kucing Himalaya yang berbulu panjang dengan semburat kehitaman pada wajahnya. Temperamen ras kucing Himalaya relatif tenang dan bersahabat, namun cukup selektif. Mereka akan menjadi cukup pendiam di sekitar orang baru dan lebih menyukai lingkungan rumah yang tenang dengan sedikit perubahan.

Itu dia 15 jenis kucing peliharaan yang bisa dijadikan referensi untuk kamu yang hendak mengadopsi kucing. Mana favoritmu? Komen di bawah, ya!

Baca juga | 7+ Cara Mewujudkan Impian, Yuk Terapkan Dalam Hidup Kamu!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *