Tanggal:17 June 2024

Yuk, Pelajari Apa itu VGA Card!

VGA card dikenal sebagai kartu video atau tampilan adaptor grafis. Kartu ini digunakan untuk memproses dan menghasilkan umpan gambar keluaran ke monitor atau tampilan komputer. Proses kerja VGA card tentu saja menghubungkan dengan motherboard komputer.

Di dalam VGA card berisi mekanisme pendinginan, unit pemrosesan, koneksi ke perangkat tampilan, dan memori. Kamu bisa menggunakanya jenis kartu ini untuk meningkatkan tampilan grafis yang ditampilkan monitor. VGA card dapat signifikan meningkatkan kualitas grafik yang dibuat dan diperlukan untuk membuat grafik 3D secara akurat. Hal ini sangat penting bagi kamu yang bergelut dengan foto, video, dan game.

VGA (Video Graphics Adapter) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi menerjemahkan tampilan ke layar monitor. VGA juga sering disebut sebagai kartu grafis. Kamu bisa menggunakan kartu ini untuk menambah tampilan layar monitor menjadi lebih baik. Namun untuk proses desain grafis atau bermain video game, kamu memerlukan kartu grafis berdaya tinggi. Kartu ini tentu saja sangat lekat dengan perangkat lunak komputer. Kartu ini bekerja dengan cara mengirimkan sinyal ke layar monitor. Kamu dapat menciptakan tampilan layar monitor dengan tampilan grafis yang memukau. Terlebih lagi saat kamu menyukai dunia videografi ataupun gaming.

Baca Juga | Yuk Ketahui Perbedaan Software Dan Hardware

Fungsi VGA Card

1. Mengubah Sinyal Digital

Ilustrasi Penggunaan Vga Card (unsplash)

Fungsi utama dari kartu grafis atau VGA card adalah mengubah sinyal digital yang ada pada sistem komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA ini terhubung secara langsung ke dalam CPU atau processor. Sehingga, data grafis yang ditampilkan pada layar akan terlihat lebih sempurna. Kamu pun dapat melihat tampilan layar monitor lebih baik dari sebelumnya. Perangkat komputer yang menggunakan VGA card dapat lebih jernih dan nyaman secara tampilan grafis. Kamu dapat leluasa bermain game ataupun sekedar melakukan aktivitas secara santai.

Baca Juga | Apa Itu Jaringan Komputer? Kenali Jenis Dan Manfaatnya!

2. Layar Monitor Menjadi Lebih Tajam

Ilustrasi Layar Monitor Tajam (unsplash)

Saat kamu menggunakan VGA card, tentu saja tampilan layar menjadi berubah. Layar monitor akan lebih tajam dan mata kamu pun akan dibuat nyaman. Saat kamu bermain game, kondisi ini justru semakin seru. Layar yang tajam akan membuat kamu sigap melihat musuh. Kemudian tampilan layar seperti ini juga akan membuat kamu lebih mudah dapat melihat sesuatu secara detail. Ketajaman layar tentu akan mempengaruhi hasil kinerja kamu di depan layar. Kartu VGA dapat menjadi solusi memperbaiki tampilan grafis menjadi lebih baik.

Baca Juga | Apa Itu Node Jaringan? Berikut Jenis Dan Fungsinya!

3. Mendukung Desain Grafis atau Desain 3D

Ilustrasi Desain Grafis (unsplash)

Kamu senang bergelut di bidang desain? Tentu saja sangat beruntung apabila menggunakan perangkat komputer dengan VGA card. Pasalnya, kartu grafis ini sangat mendukung tampilan desain pada layar monitor yang kamu gunakan. Kamu dapat bebas berekspresi dalam membuat berbagai karya desain grafis. Tampilan layar yang tajam akan semakin mendukung kejelian kamu dalam membuat karya. Desain 3D juga bisa kamu buat dengan baik didukung resolusi layar yang mumpuni. Tentu saja kamu akan diberikan kemudahan dalam setiap tahap membuat goresannya.

Baca Juga | 7 Software Desain Grafis Gratis Terbaik Di 2022

4. Mendukung Tampilan Foto dan Video Secara Detail

Ilustrasi Mendukung Tampilan Foto (unsplash)

Saat kamu memutar suatu video, pasti menginginkan hasil yang jernih dan baik. Penggunaan VGA card sangat mendukung hal tersebut. Kamu bisa melihat tampilan foto lebih detail dan jauh lebih baik. Tampilan video yang sedang kamu putar juga akan jauh terasa lebih nyata dan menyentuh. Kamu akan dibuat terperangah melihat setiap video didukung VGA card berkualitas tinggi. Tentu saja menonton film ataupun melihat sebuah video tertentu akan terasa lebih mengasyikkan dibanding biasanya. Akses melihat detail foto juga dapat dilihat dengan jeli dan detail yang baik.

Baca Juga | Panduan Cara Membuat Video Marketing Untuk Bisnis

Jenis VGA Card

1. VGA Onboard 

VGA onboard merupakan unit pemrosesan yang sudah terintegrasi dengan motherboard. Sehingga, kamu tidak perlu lagi kartu VGA. Keberadaan chipset VGA onboard tidak diperbaiki karena dapat di-set menjadi tidak aktif saat kamu sebagai pengguna ingin memasang kartu VGA yang diinginkan. Sejak IBM PC lahir pada tahun 1981, hampir semua PC memiliki memori terpisah. Memori terpisah digunakan untuk frame buffer, yaitu blok memori tempat gambar keluar di layar monitor yang dipetakan. Apa pun mode layar yang digunakan, buffer bingkai harus dapat mengakomodasikan resolusi tertinggi dengan kedalaman warna terbaik.

Baca Juga | Hardware: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

2. VGA Card 

Sejak sistem IBM PC pertama, perangkat komputer pasti memiliki unit kartu grafis. Kartu tersebut dapat berupa CGA, EGA, MCGA, VGA, atau yang lainnya. Dengan menggunakan VGA card sebagai pengganti onboard, kamu akan mendapatkan performa yang lebih baik. Performa tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem yang menggunakan UMA (Unified Memory Architecture). VGA card jenis ini dipasangkan lengkap dengan kartunya. Berbeda halnya VGA onboard yang dipasangkan tanpa menggunakan kartu grafis tersebut.

Nah, itulah pemaparan seputar VGA card. Kamu bisa membacanya lebih dulu. Kemudian ambil poin positif atas penjelasan tersebut. Kartu grafis jenis ini memang sangat berguna dalam menjembatani layar monitor perangkat komputer. Kamu bisa merasakan kenyamanan dan juga ketajaman layar secara tampilan grafis. Pelajari detailnya dan ambil manfaatnya, ya!

Baca Juga | Apa Itu Scam Dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *