Tanggal:21 May 2024

Apa itu Web Scraping? Kenali Pengertian, Teknik, dan Fungsinya!

Dalam mencari sebuah data kamu perlu menemukan berbagai macam sumber. Begitu pula saat kamu memiliki sebuah bisnis yang mengharuskan riset kompetitor. Kamu membutuhkan beragam data yang dapat digunakan sebagai acuan. Kini saat yang tepat bagi kamu untuk mengenal web scraping.

Web scraping adalah proses pengambilan data dari sebuah website. Kamu bisa menyimpan data tersebut di dalam sebuah spreadsheet. Kamu juga bisa menggunakan Microsoft Excel, Google Sheet, atau aplikasi sejenisnya. Teknik ini sangat memudahkan kamu dalam melakukan proses data pada perangkat komputer. Kamu pun tak perlu khawatir atau susah payah mengumpulkan banyak data dalam satu waktu tertentu.

Kamu bisa menggunakan cara manual ataupun otomatis dalam melakukan teknik ini. Cara manual bisa kamu lakukan melalui metode copy-paste data dari sebuah website. Sedangkan cara otomatis kamu dapat menggunakan jaringan internet melalui browser extension. Kamu bisa menggunakan aplikasi lain saat melakukan proses pengambilan data. Tak hanya itu, kamu yang mahir dalam dunia koding juga bisa melakukan web scraping dengan cara tersebut. Proses pengambilan data bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Tentu saja hal tersebut dapat menyesuaikan dengan keinginan kamu.

Baca Juga | Pengertian Keyword, Jenis – Jenisnya, Dan Tips Lengkap

Fungsi Web Scraping

1. Mencari Informasi

Ilustrasi Mencari Informasi (pexels)

Saat kamu bekerja di suatu instansi atau perusahaan, tentu membutuhkan beragam informasi. Kamu bisa mencari informasi dari sumber situs website perusahaan tersebut. Kamu bisa melakukan investigasi berdasarkan data yang diperoleh. Tentunya hal ini bertujuan agar kamu merasa yakin dan percaya kepada pihak yang bersangkutan. Kamu bisa melakukan investigasi mandiri terkait apa pun di internet dengan bantuan web scraping. Kamu pun dapat dengan mudah memperoleh informasi dan memperdalam dengan analisis informasi tersebut sesuai peruntukkannya.

Baca Juga | Kenali Apa Itu Cloud Computing?

2. Mendapatkan Leads Lebih Mudah

Ilustrasi Mendapatkan Leads (pexels)

Leads adalah sebuah rasa ketertarikan seseorang terhadap sebuah produk atau layanan tertentu. Kamu bisa mendapatkan leads dari adanya proses web scraping secara lebih mudah. Kamu dapat menyalin daftar follower masing-masing kompetitor. Tak hanya itu, alamat email pengunjung kompetitor juga bisa kamu salin dari sebuah website. Tak lupa, kamu dapat menggunakan data lain seperti demografi follower untuk jadikan sebagai bahan segmentasi. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi perusahaan ataupun bisnis kamu. Seluruhnya dapat diakses melalui sambungan jaringan komputer.

Baca Juga | Apa Itu Leads? Pengertian, Macam, Dan Cara Mendapatkannya

3. Membandingkan Ulasan dalam Jumlah Besar

Ilustrasi Membandingkan Ulasan (pexels)

Saat kamu bergelut di dunia bisnis, tentu memiliki pemahaman yang mendalam mengenai konsumen adalah hal yang wajib dimiliki. Kamu bisa menciptakan layanan atau menciptakan produk yang solutif berkat pemahaman tersebut. Perolehan data bisa kamu dapatkan melalui kolom komentar dari sebuah platform milik kompetitor. Kamu bisa membaca ulasan-ulasan konsumen tentang produk dan layanan kompetitor. Data tersebut dapat kamu ambil baik dari di blog review, forum, maupun marketplace online. Dengan adanya web scraping, kamu bisa mendokumentasikan data tersebut dengan mudah dan cepat.

Baca Juga | Belajar Mengenal Pentingnya Feedback Dalam Komunikasi

4. Optimasi Harga Produk dan Layanan

Ilustrasi Optimasi Produk (pexels)

Menentukan harga bagi layanan atau produk bisnis kamu memang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal termasuk biaya produksi, SDM, brand positioning, dan harga yang ditawarkan kompetitor. Melalui penggunaan web scraping, kamu dapat mengumpulkan berbagai data harga produk dan layanan bisnis pesaing. Dengan demikian, kamu bisa memperhatikan tren harga yang ada di pasar dan diterapkan sesuai bisnis yang digeluti.

Baca Juga | Ghost Shopping, Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan

Teknik Web Scraping

1. Menyalin Data secara Manual

Cara web scraping yang paling sederhana adalah menyalin data website secara manual. Kamu bisa menggunakan teknik ini dengan mudah. Namun, untuk melakukan pengambilan dan penyimpanan data perlu dilakukan satu per satu. Teknik secara manual ini memakan waktu cukup lama. Akan tetapi, metode ini paling efektif dari segi pencarian data. Kamu bisa menggunakan cara copy dan paste data dari website yang diinginkan. Dengan demikian, hasil web scraping dengan cara ini sangat akurat. Tapi, penggunaan teknik manual ini dianjurkan saat kamu mencari data dengan jumlah terbatas saja, ya.

Baca Juga | 3 Cara Ekstrak File RAR

2. Menggunakan Regular Expression

Regular expression adalah baris kode yang digunakan dalam algoritma pencarian untuk menemukan tipe data tertentu dari sebuah file. Dalam konteks web scraping, file yang dimaksud adalah file-file penunjang sebuah website. Kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman sebagai bagian dari proses pengambilan data. Oleh karena itu, teknik ini dinilai sangat fleksibel. Regular expression dapat kamu gunakan untuk mencari data berdasarkan jenisnya, seperti nama produk, harga, dan alamat email. Kamu pun bisa memperoleh informasi secara lebih detail.

Baca Juga | 6 Langkah Membuat Website Gratis Dan Cepat

3. Parsing HTML

Pada dasarnya, parsing HTML adalah metode yang dilakukan dengan mengirimkan HTTP request kepada server yang menyimpan data website. Kemudian data tersebut bisa kamu ekstrak saat ingin menggunakannya. Parsing HTML juga mampu membantu kamu untuk menyalin data dalam jumlah yang besar dalam waktu singkat. Kamu bisa mengambil berbagai data baik dari halaman website bersifat statis maupun dinamis sesuai kebutuhan. Namun, kamu perlu mengatur proses kerja menggunakan teknik ini, ya. Pasalnya, kamu bisa diblokir dari suatu situs saat terlalu sering menggunakan teknik ini.

Baca Juga | Yuk, Belajar Mengenal Traffic pada Website

4. Menggunakan Google Sheet

Google Sheet adalah aplikasi web milik Google yang biasanya digunakan untuk membuat spreadsheet. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk melakukan web scraping dengan mudah. Kamu bisa melakukan proses pengambilan data dari website lalu memasukkannya ke dalam spreadsheet. Teknik ini sangat umum dilakukan sehingga kamu pun dapat dengan mudah melakukannya. Terlebih lagi data yang tersimpan dapat diakses dengan cepat dan mudah melalui sambungan internet.

Nah, itu dia penjelasan mengenai web scraping. Kamu bisa melakukan proses pengambilan data dengan mudah. Data atau informasi bisa kamu peroleh dari berbagai sumber. Dan perlu diingat, olah data tersebut dengan bijak, ya. Jangan disalahgunakan apalagi untuk kepentingan pribadi yang bersifat negatif. Semoga informasinya bermanfaat untuk kamu!

Baca Juga | Cara Menggunakan Google Drive Untuk Pemula

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *