Tanggal:02 May 2024

Apa Sih Yang Dimaksud Work-Life Balance? Manfaatnya? Simak Penjelasan Berikut!

Kalau kita sudah membahas masalah waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi memang sangat sulit ya untuk kita seimbangi. Karena kedua hal tersebut harus kita lakukan setiap harinya tanpa mengganggu satu dengan yang lain. Karena kalau kita tidak menyeimbanginya, hidup kita akan jauh lebih susah dan tidak nyaman untuk dijalani. 

Dengan jam kerja yang tentu dari perusahaan yang kamu sedang bekerja saat ini, pastinya di luar jam kerja kamu sudah memiliki rencana atau acara untuk kamu gunakan agar menghibur diri kamu bersama teman ataupun keluarga. Tetapi, kamu sudah tahu belum sih, ternyata ada lho istilah dari pembahasan ini? Namanya adalah Work-Life Balance. Apa sih maknanya? 

Work-Life Balance adalah istilah dimana kamu menyeimbangi waktu dan kehidupanmu antara pekerjaan dan kehidupan kamu diluar pekerjaan. Hal ini merupakan masalah yang sering dan dialami hampir semua orang yang sudah bekerja, terutama mereka yang bekerja di perkantoran. Apalagi, mereka suka diberikan pekerjaan tambahan di luar jam kerja.

Tetapi tenang saja, jika kamu bisa menyeimbanginya, kamu akan terhindar dari masalah dan semua ketidaknyamanan yang ada. Lalu, ada manfaat dan cara-cara efektif untuk melakukannya gak sih? Tentu ada dong! Berikut merupakan manfaat dan cara-cara yang efektif untuk kamu ikuti agar terjadinya keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupanmu. 

Baca Juga | 11 Cara Membahagiakan Karyawan, Yuk Simak!

Manfaat 

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berhasilnya menyeimbangi-nya Work-Life balance apa sih? Tentu saja, kamu akan jauh lebih produktif dalam bekerja dan juga aktivitas keseharianmu akan sangat terstruktur. Kalau saja kamu tidak bisa menyeimbanginya, pasti akan langsung berantakan aktivitas keseharian kamu. Maka dari itu, sangat penting sekali bukan?

Baca Juga | Tips Kerja Sambil Liburan Dengan Mudah, Seru Banget Loh!

Cara-Cara

Lalu, cara-caranya bagaimana sih biar kita bisa seimbangin waktu kerja dan kehidupan pribadi kita? Berikut cara-caranya! 

  • Istirahat yang cukup. 
  • Jauhkan penggunaan gadget untuk hiburan. 
  • Prioritaskan pekerjaan terlebih dahulu. 
  • Jangan membawa pekerjaan ke rumah. 
  • Belajar, tidak hanya bekerja. 
  • Olahraga yang cukup dan rutin. 
  • Jauhi sikap perfeksionis. 

Nah, kamu sudah tahu nih manfaat dan cara-caranya. Siap untuk menerapkan dalam mencapai work-life balance yang kamu inginkan?

Baca Juga | 5 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja, Yuk Coba!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *