Tanggal:22 June 2024
Bertanggung jawab atas kegagalan secara bersama-sama - @istock

Budaya Yang Baik Seperti Apa? Simak Contoh-Contoh Berikut!

Memiliki budaya yang baik dalam lingkungan kerja itu ternyata penting banget dan sangat dibutuhkan oleh para karyawan perusahaan lho! Tidak hanya mereka, tetapi semua orang yang hendak pergi akan ke kantor untuk bekerja. Mulai dari jabatan paling rendah, hingga yang paling tinggi. Memang manfaatnya apa sih?

Dengan adanya budaya yang baik dan suportif antara rekan kerja, itu akan membuat pekerjaan lebih nyaman untuk dikerjakan, dan juga tidak ada beban yang harus dipikirkan sendirian, mengetahui kamu dapat menceritakan keluh-kesahmu kepada rekan-rekan kerjamu dan sebagainya.

Kali ini, kita akan membahas tanda-tanda apa aja sih yang kamu dapat simpulkan bahwa tanda-tanda tersebut sudah mengatakan kamu memiliki budaya kerja yang kamu miliki itu sudah sangat baik dan membangun antara satu dengan yang lainnya. Kira-kira ada tanda apa aja ya? Yuk simak list berikut di bawah ini!

1. Lingkungan Kerja Yang Sangat Positif 

Hal pertama yang pastinya kamu akan rasakan dan miliki adalah lingkungan kerja yang sangat positif pastinya. Kamu bahkan selalu merasa senang dan bahagia saat berada di kantor. Rekan-rekan kerjamu selalu membantu dan membangun kamu untuk giat bekerja dan bukan sebaliknya. Itu yang dinamakan lingkungan kerja yang positif.

2. Ada Penghargaan 

Dengan adanya penghargaan yang diberikan pada suatu budaya di dalam lingkungan kantor, itu menandakan bahwa budaya yang ada sangat baik lho! Jarang sekali budaya di perkantoran memberikan ini, tetapi tidak mengatakan bahwa tidak ada sepenuhnya ya! Kalau kamu memiliki adanya tradisi ini di kantor kamu, pasti budayanya sudah pasti asik deh!

3. Saling Memotivasi Satu Dengan Yang Lain 

Saling memotivasi satu sama lain juga merupakan tanda kamu berada di budaya kantor yang sangat baik. Mengapa begitu? Karena banyak juga kasus budaya kantor yang bukannya saling memotivasi, tetapi malah saling menjatuhkan untuk mendapatkan sesuatu dan membuat atasan impresi yang baik.

4. Team-Work 

Sudah pasti kerja sama diantara sebuah tim dan perusahaan sangat dibutuhkan. Bayangkan saja kalau di suatu lingkungan kerja kantor tidak memiliki sama sekali kerja sama, apakah bisa mendapatkan hasil yang maksimal?

5. Suasana Kerja Yang Seru!

Dengan hal-hal yang di atas dapat terjadi di kantor kamu, sudah pasti suasananya seru banget bukan? Suasana kerja yang seru pasti menimbulkan budaya yang juga pastinya seru. Tidak salah kok kalo budaya kantor seru dan asik, tidak harus selalu serius bukan?

6. Good Communication 

Komunikasi itu kunci. Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan atasan dan rekan kerja yang lain, kamu pasti akan memiliki budaya yang baik. Kalau kamu tidak bisa memiliki komunikasi yang baik dengan atasan dan rekan kerjamu, akan sangat sulit untuk memiliki budaya yang kamu inginkan tersebut.

7. Tidak Saling Menjatuhkan 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, kalau kamu ingin memiliki budaya yang asik, seru, nyaman, dan baik tentunya, jangan sampai kamu menjatuhkan satu sama lain ya. Bahaya banget untuk kesehatan mental, fisik, dan kenyamanan dalam bekerja kamu lho! 

Baca juga :

Yuk Mengenal Apa Itu Budaya Perusahaan!

3 Teori Komunikasi Antar Budaya

Apa Sih Budaya Organisasi Itu? Ini Dia 7 Karakteristik Dan Contohnya

Pentingnya Mengenal Budaya Organisasi Dalam Perusahaan

Kalau kamu merasa bingung apa sih yang dimaksud dengan budaya yang bagus dalam kantor dan pekerjaan yang sedang kamu jalani, coba deh dicek melalui poin-poin di atas. Kira-kira sudah ada atau diterapkan belum di tempat kerjamu?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *