Tanggal:29 April 2024

Wajib Coba! Inilah 12 Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping Terbaik

Dilansir dari laman Oregon State University, mind mapping adalah jenis pemetaan pikiran dengan diagram yang digunakan untuk menampilkan informasi secara visual. Dahulu mind mapping dilakukan dengan menggunakan kertas dan pena berwarna. Namun semakin berkembangnya teknologi, kini sudah ada banyak aplikasi mind mapping yang bisa kamu coba dengan mudah, lho.

Mind mapping sendiri memiliki banyak manfaat seperti menyempurnakan rencana bisnis, brainstorming ide, atau bahkan untuk mempelajari sesuatu. Nah, di bawah ini kami telah rangkumkan 12 aplikasi mind mapping terbaik yang bisa membantu kamu menemukan ide-ide kreatif. Simak satu per satu, yuk!

Baca juga: Mengenal Mind Mapping

12 Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping Terbaik

Terkadang saat banyak ide muncul di kepala, kita lupa menuliskannya sehingga saat memerlukannya sudah tidak mengingatnya lagi. Namun, terkadang hanya mengingatnya saja pun tidaklah cukup, karena kamu perlu berbagi dan memvisualisasikan ide tersebut kepada orang lain. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi mind mapping yang bisa jadi pilihan untuk memetakan idemu.

1. SimpleMind

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: SimpleMind

Aplikasi mind mapping yang satu ini cukup populer karena di Play Store sudah di-download hingga lebih dari 1 juta pengguna. SimpleMind memiliki keunggulan yaitu kemudahannya saat digunakan. Pengguna bisa langsung menuliskan ide yang dimiliki dan mendesainnya dengan menarik.

Aplikasi ini mengklaim telah memiliki 7 tahun pengembangan, sehingga fitur yang ditawarkan sangatlah lengkap. Selain itu, SimpleMind juga memiliki fitur untuk memberikan gambar, video, hingga voice note.

2. Milanote

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: Milanote

Jika kamu sedang mencari aplikasi mind map dengan fitur-fitur yang mudah digunakan, Milanote bisa menjadi opsi yang baik. Software ini mampu membuat peta konsep yang bisa kamu gunakan untuk mengatur alur perencanaan ide dan kinerja proyek tanpa repot.

Milanote ini bukan sekadar aplikasi mind mapping biasa, lho. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk menambahkan media seperti gambar dan link, saat kamu sedang menciptakan peta konseptual. Kamu juga bisa membuat level hierarki sebanyak yang dibutuhkan untuk masuk lebih dalam ke topik yang sedang dibahas.

3. Canva

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: Canva

Canva merupakan aplikasi mind mapping yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dilengkapi dengan gambar yang siap digunakan, ikon, filter foto, font, dan bentuk, platform ini memungkinkan pengguna untuk mengatur mind map mereka dengan cara yang lebih menarik secara visual.

Aplikasi Canva bisa digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari pendidikan dan bisnis hingga proposal perusahaan dan perencanaan proyek. Demi kenyamanan pengguna, Canva menyediakan paket Free Forever yang mencakup editor drag-and-drop dasar, penyimpanan 1 GB juga tersedia 8.000 template.

4. MindMup

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: MindMup

MindMup cukup stand out dengan kepraktisannya. Di sini, kamu tidak harus mendaftar sebagai member untuk bisa membuat mind map. Saat aplikasi lain membatasi jumlah dokumen di versi gratisnya, di MindMup malah bisa membuat dokumen mind map seberapapun banyaknya. Batasannya adalah di penyimpanan. Dokumen yang sudah kamu buat akan hilang setelah 6 bulan. Selain itu, ukuran maksimal dari dokumen yang bisa disimpan yaitu 100 kb.

Namun, kamu masih bisa menyimpan dokumen yang ukurannya lebih dari 100 kb di Google Drive. Kamu juga memiliki keleluasaan untuk mengelolanya dengan Google Apps. Layanan gratis dari MindMup sangat pas untuk keperluan jangka pendek. Tetapi, jika kamu ingin mengembangkan mind map secara berkelanjutan, kamu bisa berlangganan. Paket MindMup Gold bisa kamu subscribe dengan biaya mulai dari $25.

Baca juga: 10 Desain Footer Situs Web Inspirasi Inspirasi di Tahun 2022

5. XMind

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: XMind

XMind termasuk aplikasi mind mapping yang kaya fitur. Di sini kamu bisa membuat berbagai jenis grafik. Sebab terdapat banyak template dengan struktur yang unik. Bahkan kamu bisa mengkombinasikan berbagai struktur dalam satu mind map. XMind juga memiliki mode pitc yang bisa menampilkan mind map dalam bentuk tayangan slideshow.

Sayangnya, menu di aplikasi ini kurang bersahabat bagi pemula. XMind bisa kamu akses secara gratis di desktop, mobile, maupun web. Tentu saja fitur di versi gratis akan terbatas. Jika ingin mengakses semua fitur secara lengkap, kamu bisa berlangganan dengan biaya $59,99 per bulan.

6. Scapple

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: Scapple

Scapple uniknya dikembangkan oleh penulis untuk keperluan penulis. Mereka adalah kelompok ‘Literature and Latte‘ yang dibentuk pada tahun 2006 dengan tujuan tunggal menawarkan penulis cara sederhana untuk mengembangkan keterampilan mereka. Scapple adalah salah satu aplikasi mind mapping terkenal yang ada di pasaran saat ini.

Pada peluncuran pertamanya, Scapple mengundang pengguna untuk mengklik dua kali di mana saja di kanvas kosong untuk membuat catatan. Pengguna dapat mengulangi proses ini sebanyak yang mereka inginkan untuk melepas ‘brain dump’ awal mereka. Scapple juga mendukung pengimporan file teks, PDF dan bahkan gambar.

7. GitMind

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: GitMind

GitMind adalah aplikasi online mind mapping dan flowchart terbaik yang ada di pasaran saat ini dan bisa kamu gunakan secara gratis. Perangkat ini mampu menyediakan semua jenis kebutuhan mind mapping, mulai dari flowchart sederhana hingga diagram yang kompleks. Aplikasi ini juga memiliki galeri template mind map, sehingga memudahkanmu dalam pembuatan diagram profesional dan berkolaborasi dengan tim.

Banyak fitur hebat yang dimiliki oleh aplikasi ini, di antaranya tema bergaya premade, kolaborasi tim, memulihkan peta riwayat, project management, dan outline mode. Fitur hebat lainnya dari GitMind adalah bahwa setiap perubahan yang kamu buat pada mind maps, secara otomatis akan disimpan dan disinkronkan ke semua perangkatmu.

8. Ayoa

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: Ayoa

Ayoa merupakan aplikasi mind mapping berbasis awan yang menyatukan kekuatan kreatif mind mapping dengan manajemen tugas visual dan kolaborasi. Aplikasi Ayoa cocok untuk individu dan tim yang ingin memetakan ide paling kreatif mereka dan mengubahnya menjadi kenyataan.

Berbeda dengan aplikasi mind mapping lainnya, Ayoa menawarkan platform lengkap yang memungkinkan pengguna untuk membuat mind mapping yang indah, memantau pekerjaan, daftar tugas yang harus dilakukan, dan berkolaborasi dengan orang lain. Ayoa memiliki antarmuka visual yang unik yang dirancang untuk menginspirasi kreativitas dan memicu ide-ide hebat.

Baca juga: 6 Aplikasi untuk Belajar Desain, Gampang Banget!

9. Miro

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: Miro

Jika ingin menggunakan aplikasi mind mapping yang tepercaya, kamu bisa memilih Miro. Menurut G2, Miro merupakan platform whiteboarding online yang paling banyak digunakan oleh bisnis untuk keperluan kolaborasi antartim.

Aplikasi ini memiliki kanvas yang tak terbatas dan memungkinkan lebih dari 20 juta penggunanya untuk memimpin sesi brainstorming, merancang produk, mengatur proyek, dan banyak kegiatan lainnya. Tak hanya itu, fitur kolaborasinya juga memungkinkan tiap peserta untuk bisa menuangkan ide secara mudah.

10. MindMeister

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: MindMeister

MindMeister bisa diakses menggunakan browser maupun aplikasi mobile. Aplikasi ini cukup mengesankan secara grafis. Terdapat banyak template untuk berbagai keperluan, yang bisa kamu pakai. Di sini kamu memiliki keleluasaan untuk membuat mind map yang aesthetic. UI-nya yang clear dan modern juga memberikan experience yang menyenangkan saat menggunakannya.

MindMeister juga memiliki fitur kolaborasi. Untuk menunjang fitur tersebut, terdapat fitur pelacakan perubahan. Jadi kamu bisa memantau setiap perubahan yang terjadi pada diagrammu, dari waktu ke waktu. Sayangnya, versi gratis dari MindMeister agak terbatas. Kamu hanya bisa membuat 3 dokumen dan menggunakan fitur kolaborasi. Namun kamu masih bisa berlangganan mulai dari $2,49 per bulan.

11. Mindomo

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: Mindomo

Mindomo merupakan aplikasi mind mapping freemium, yaitu gabungan antara gratis dan berbayar, untuk mac OS, Windows, dan Linux. Ada juga iPad dan aplikasi sinkronisasi Android, sehingga pengguna bisa bekerja pada mind mapping mereka saat bepergian.

Mindomo memberikan tiga mind mapping gratis dengan fitur terbatas. Jika pengguna ingin melakukan kegiatan seperti mem-backup mind map ke Dropbox, menambahkan video atau audio, atau mengekspornya ke format lain, pengguna perlu meningkatkan layanan ke paket berbayar.

12. Microsoft Visio

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping. Sumber: Microsoft Visio

Microsoft Visio adalah aplikasi visualisasi diagaram yang dapat digunakan untuk membuat mind map serta representasi grafis lainnya. Jika kamu menggunakan Office 365, Visio adalah pilihan yang baik. Pasalnya, ia dapat menarik data dari Office 365 dan memungkinkanmu untuk memvisualisasikannya secara real-time dengan opsi bagan yang tersedia.

Kemampuan ini membedakannya dari aplikasi lain, karena Visio memungkinkanmu untuk menghidupkan data di dashboard, dan menampilkannya dalam diagram yang tertaut data. Hal ini lebih dari sekadar membantumu mengilustrasikan ide-ide di layar. Ia juga bisa membuat hasil brainstorm lebih kredibel dan aktual.

Baca juga: Aplikasi Slack Penunjang Produktivitas Kantor 

Nah, itulah 12 rekomendasi beberapa aplikasi mind mapping yang bisa kamu coba. Sebenarnya, mind mapping bisa dilakukan di mana saja, termasuk di kertas. Namun, jika menggunakan salah satu aplikasi di atas, tentu akan mempermudah kamu dalam membuat mind map yang sesuai dengan kebutuhan.

Intinya, aplikasi mind mapping akan sangat membantu ketika kamu harus menyalurkan ide. Maka dari itu, jangan ragu untuk memanfaatkannya agar ide-ide cerdasmu tidak keluar dari topik yang dibahas.

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *