Tanggal:25 April 2024
ilustrasi peluang kerja data scientist (pixabay.com)

Bagaimana Sih Peluang Kerja Data Scientist? Simak Penjelasannya di Sini, Ya!

Pembahasan kali ini untuk kamu yang akan, sedang, atau telah lulus dari jurusan yang berprospek menjadi data scientist, nih. Tanpa berlama-lama lagi, langsung aja deh simak penjelasan terkait peluang-peluang kerja dari data scientist di bawah ini.

1. Upah Data Scientist Tinggi

Mengapa sih bisa disebut kalau bekerja jadi data scientist itu bisa punya pengahasilan yang cukup besar? Tentunya hal ini bisa dirasionalkan dengan jumlah ahli data scientist yang sedikit dan tak sebanding dengan besarnya lowongan pekerjaan yang tersedia. Dimana besarnya kebutuhan akan data scientist membuat sebuah perusahaan akan mencari-cari kamu yang ahli di bidang tersebut, poin ini akan dibahas lebih lanjut pada peluang di poin selanjutnya, ya.

Lantas, apa sih akibatnya kalau pekerjaan data scientist itu banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan? Tentu saja salah satu dampaknya ialah aadanya tunjangan gaji yang fantastis, ya. Yang mana data scientist di Indonesia dan yang junior saja bisa mendapatkan gaji sebesar antara 7 hingga 10 juta rupiah, lho. Sedangkan untuk pakarnya data scientist tentunya bergaji lebih tinggi lagi yakni sekitar di atas 10 juta rupiah. Bagaimana? Tertarik bukan bukan bekerja sebagai data scientist untuk masa depan yang cerah nan mapan secara finansial? Iya pastinya, nih.

Baca Juga | Jobdesk Data Scientist

2. Lapangan Pekerjaan Terbuka Lebar

Seperti potongan pembahasan pada poin sebelumnya bahwa pekerjaan data scientist ini banyak dibutuhkan oleh berbagai jenis perusahaan untuk mengelola data yang ada agar bisa memberikan manfaat bagi operasional perusahaan, ya. Dimana akibat dari besarnya lowongan kerja yang tak sebanding dengan jumlah ahli data scientist selain memberikannmu gaji yang cukup tinggi juga tentunya membuatmu banyak mendapatkan tunjangan ini dan itu sebagai wujud apresiasi atas kinerjamu yang langka pelaku ahlinya ini.

Hal di atas sejalan dengan adanya berbagai penelitian yang telah dilakukan di dunia menunjukkan bahwa profesi Data Scientist akan meningkat di belahan dunia mulai tahun 2020. Laporan LinkedIn juga mempertegas hasil penelitian tersebut dan mengungkapkan bahwa permintaan tenaga kerja Data Scientist telah meningkat dibanding lima tahun yang lalu. Data-data konkret tersebut membuat Data Scientist menjadi profesi yang paling menjanjikan di masa depan. Hal ini pun dikonfirmasi oleh International Business Machines (IBM) yang mengatakan bahwa pekerjaan Data Scientist, Data Developer, dan Engineer akan meningkat mulai tahun 2020.

Bisa dibayangkan bukan kalau jenis pekerjaan lain kita bersusah payah untuk melamar ke perusahaan ini dan itu lalu merasakan pahitnya digantung lamaran kerja hingga pada akhirnya tertolak, tapi saat kamu benar-benar ahli data scientist tentunya perusahaan yang akan mencari dan membutuhkan kinerjamu, ya.

Baca Juga | 4 Cara Jadi Data Scientist Tanpa Pengalaman Kerja

3. Membantu Menentukan Keputusan Perusahaan

Data scientist merupakan pekerjaan yang membantu perusahaan dalam menganalisis data, ya. Dimana hasil pengelolaan data ini mampu memberikan arah bagi sebuah perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat. Mulai dari keputusan untuk merubah sesuatu, membuat sesuatu yang baru, hingga mengeliminasi sesuatu yang sudah tidak berguna lagi. Tentunya semua keputusan yang dihasilkan dari analisis ahli data scientist bisa membawa pada kemajuan sebuah perusahaan, nih.

4. Ilmu Interdisiplin 

Kali ini peluang untuk kamu yang bukan berasal dari jurusan teknik tapi punya minat besar untuk bekerja menjadi data scientist. Ya, untuk menjadi ahli data scientist itu tak hanya berasal dari jurusan teknik, lho. Hal tersebut atas dasar pekerjaan data scientist merupakan ilmu interdisiplin yang menggabungkan beberapa bidang relevan sekaligus. Mulai dari bidang ilmu ekonomi, matematika, hingga elektro. Dimana yang terpenting adalah penguasaanmu dalam ilmu pemodelan, algoritma, analisis, machine learning, serta bahasa pemrograman, ya.

Baca Juga |

5. Mengutamakan Proses

Bekerja menjadi ahli data scientist itu selalu mengutamakan proses, lho. Dimana job desc yang akan dijalankan yakni mulai dari pemerolehan data hingga mengolah data itu semua dilakukan dengan proses yang panjang untuk hasil yang tepat dan berguna bagi kemajuan perusahaan, ya. Maka dari itu, dengan mengandalkan pengalaman saja tak cukup, melainkan dibutuhkan latihan lagi, lagi, dan lagi hingga bisa disebut sebagai pakar data scientist, nih.

Demikian penjelasan terkait peluang kerja saat menjadi ahli data scientist. Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi terkait lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca Juga | Pengertian dan Kegunaan Data Analytics

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *