Tanggal:29 April 2024

Jobdesk Data Scientist

Di jaman serba digital seperti ini data menjadi aset yang sangat penting dan membutuhkan pengelolaan yang baik  Keutuhan informasi akan sangat dipengaruhi oleh ketelitian dalam mengolah data. Banyak bisnis digital yang membentuk tim dalam kantornya untuk bekerja khusus untuk mengelola data. Profesi yang sering mengelola data atau memiliki tanggung jawab akan data dalam perusahaan disebut sebagai data scientist.

Buat kamu yang saat ini berkeinginan mengenal apa saja tugas seorang data scientis, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini karena pada artikel ini Vocasia akan membahas mengenai apa saja tugas dari data scientist

Sebelum itu alangkah baiknya kamu mengenal data scientis itu profesi seperti apa. berapa rata-rata gaji seorang sata scientist, serta skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data scientist.

Daripada terlalu lama berbasa-basi, yuk simak artikel Vocasia di bawah ini sampai tuntas!

Data Scientist itu profesi seperti apa?

membaca grafik

Data scientist merupakan profesi yang populer saat ini – @rawpixel.com

Pada dasarnya seorang data scientist merupkan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sehingga dapat berguna dalam mengambil sebuah keputusan dalam perusahaan atau organisasi.

Tak jarang orang masih beranggapan data scientist adalah orang yang bekerja di bidang ilmu pengetahuan alam/

Profesi ini semakin populer akhir-akhir ini karena banyaknya kebutuhan perusahaan yang mempergunakan big data, machine learning, internet of things. Dimana pada 10 tahun lalu 3 hal ini masih belum populer dan jarang perusahaan yang menggunakannya dalam beroperasi.

Baca Juga:

Rata-rata gaji data scientist

hari gajian

kisaran gaji junior dan senior data scientist – @rawpixel,com

Pasti banyak orang yang bertanya tanya atau kepo, beraoa sih gaji yang diperoleh oleh seorang data scientist selama satu bulan? Menurut sumber dari salah satu website, gaji yang diperolah oleh seorang junior data scientist selama sebulan diperkirakan berkisar sekitar 5 sampai 7 juta rupiah perbulanya.

Untuk seorang yang sudah berposisi sebagai senior data scientist rata-rata gaji yang diperoleh selama sebulan yaitu diperkirakan sebesar 10 – 20 juta rupiah.

Skill yang dibutuhkan

Ada banyak skill yang dibutuhkan jika kamu ingin menjadi seorang data scientist yang handal, namun pada dasarnya terdapat 8 skill dasat yang wajib dikuasai oleh seorang data scientist diantaranya adalah :

1. Software Engineering

Skill yang pertama yaitu menguasai software engineering. Skill ini memungkinkan kamu untuk memahami pengembangan perangkat lunak dengan baik karena pada umumnya seorang data scientist akan bekerja dengan tim produksi yang berbasi industri IT.

Baca Juga:

2. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman python

Bahasa pemrograman python – @rawpixel.com

Seorang data scientist wajib memahami bahasa pemrograman yang akan digunakan seperti python, R dan SQL agar bisa memahami algoritma dan struktur data dengan baik.

3. Statistika

Skill yang ketiga yaitu statistika. Statistika merupakan modal awal untuk bisa membuat machine learning.

4. Machine Learning

Berhubungan dengan skill statistika, data scientist akan mampu membuat suatu machine learning dengan bermodalkan pemahaman statistika.

Machine learning itu sendiri berfungsi untuk membuat sistem yang terotomasi, ditambah lagi konsep pengembangan machine learning dapat terintegrasi juga dengan penerapan Artificial Intelligence (AI).

Baca Juga:

5. Visualisasi data

Data scientist juga harus memiliki dasar visualisasi data untuk dapat menentukan arah kebijakan dan justifikasi yang tepat untuk perusahaan. Kemudian, anda juga diharuskan untuk memiliki kemampuan soft-skill dalam memulai komunikasi bersama stakeholders dengan baik dan mudah dimengerti.

6. Kalkulus dan aljabar

kalkulus

kalkulus merupakan syarat dasar menjadi data scientist – @rawpixel,com

Skill ini akan menjadi syarat dasar memulai karier kamu sebagai pengolah data.

Baca Juga:

7. Data mining dan problem solver

Seorang data scientist bertugas untuk mengumpulkan data dan mengolah data. Dengan skill data mining, kamu akan mampu mengumpulkan data yang relevan sehingga data tersebut akan menjadi bahan dasar olahan untuk menghasilkan suatu kesimpulan dalam menyelesaikan permasalahan

Tugas dan tanggung jawab

Setelah kamu mengetahui mengenai apa itu profesi data scientist, pendapatan gaji yang akan diperoleh dan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data scientist. Selanjutkan kamu akan dengan mudah bisa memahami job description dari Data Scientist.

Beriktu ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang pengolah data :

  • Bertugas sebagai pemberi saran atau solusi berdasarkan hasil temuan yang sudah diolah dan telah diuji. Sehingga, dapat meningkatkan kepuasan dan layanan kepada konsumen perusahaan.
  • Melakukan riset, penelitian, perancangan, dan menganalisis berbagai sumber temuan data untuk mencapai objective target bisnis dan pengembangan produk perusahaan.
  • Mampu bekerja dan berkolaborasi bersama tim lain untuk mendiskusikan terkait kebutuhan data yang perlu ditindaklanjuti lebih jauh.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dan dapat menyajikan data secara jelas kepada stakeholder untuk mempermudah proses bisnis menjadi lebih terstruktur.

Demikian penjelasan lengkap mengenai profesi data scientis, penghasilan yang diperoleh, skill yang dibutuhkan dan jobdesc. Buat kamu yang saat ini sedang mengembangkan diri agar bisa menjadi seorang data scientist, tetap semangat ya dan semoga sukses!

Baca Juga:

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman

Sumber : sekawanmedia.co.id

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *