Tanggal:02 May 2024

Perbedaan Gym dan Fitness yang Orang Sering Keliru

Jika kamu adalah seseorang yang hendak memulai diet, ingin membentuk massa otot, atau hendak menerapkan pola hidup sehat, gym merupakan salah satu kegiatan yang bisa kamu pertimbangkan untuk masuk ke dalam daftar aktivitas rutin kamu. Bagaimana tidak, aktivitas tersebut telah lama menjadi opsi alternatif bagi mereka yang ingin menerapkan gaya hidup sehat dan pola diet yang tepat. Namun, istilah gym seringkali dikaitkan dengan istilah fitness dimana keduanya hampir selalu dikaitkan dan tidak sedikit pula yang menganggap keduanya identik atau bahkan sama. Padahal, gym dan fitness merupakan dua hal yang berbeda loh! Mau tau apa saja beda gym dan fitness? Yuk simak artikel berikut ini bersama-sama!

Baca Juga: Apa Itu Suplemen Pre Workout: Pengertian, Kandungan, Manfaat, Dan Efek Samping

Perbedaan Gym dan Fitness

Secara umum, perbedaan paling mencolok dari gym dan fitness berasal dari pengertiannya. Gym adalah tempat olahraga yang menyediakan beragam peralatan fitness. Sementara itu, fitness adalah kondisi keadaan yang mencerminkan kesehatan jasmani dan rohani seseorang meliputi kesehatan mental, daya tahan tubuh, kekuatan otot, dan lain sebagainya. Secara lebih lanjut, berikut adalah beragam beda gym dan fitness yang perlu kamu pahami!

Perbedaan Gym dan Fitness (sumber: pexels.com)

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga, Bisa Tingkatkan Performa!

Pengertian Gym

Sempat disinggung pada penjelasan di atas bahwa gym merujuk pada tempat atau lokasi. Hal ini dikarenakan gym merupakan akronim dari gymnasium yang secara harfiah dimaknai sebagai tempat untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga seperti senam, kardio, atletik, dan lain sebagainya. Seiring dengan berjalannya waktu, kata gym mulai mengalami pergeseran makna sehingga kini banyak yang lebih mengenal gym sebagai pusat latihan kebugaran.

Ketika berada di tempat gym, kamu akan disuguhi oleh berbagai peralatan olahraga. Alat-alat ini umumnya digunakan untuk menunjang program-program latihan yang ada di gym tersebut seperti program pelatihan otot, pelatihan kelenturan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, gym diidentikkan dengan laki-laki karena banyak orang yang menganggap gym sebagai salah satu olahraga berat. Padahal, stigma tersebut tidak sepenuhnya benar.

Siapapun bisa datang dan berkunjung ke gym karena program latihan yang ditawarkan umumnya beragam dan akan disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan masing-masing pengunjung. Tak peduli pria atau wanita, kamu bisa berkunjung dan berolahraga di gym dan merasakan sendiri manfaat berlatih di tempat kebugaran tersebut.

Baca juga: 8 Olahraga Untuk Tunjang Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Pengertian Fitness

Pengertian Fitness (sumber: pexels.com)

Berbeda dengan gym yang dengan jelas merujuk pada tempat atau lokasi kebugaran, fitness adalah istilah yang cukup luas dan dapat memiliki definisi yang berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, secara umum fitness berarti kesehatan, kesejahteraan, dan kebugaran diri yang optimal. Yang dimaksud dengan bugar di sini tentunya tidak hanya kebugaran fisik semata, tetapi juga kesehatan rohani dan emosional. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa fitness mampu mendefinisikan berbagai aspek kesehatan kamu.

Jika tubuh kamu dalam keadaan terbaiknya atau dalam artian lain sehat dan bugar, terdapat banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika tubuhmu dalam keadaan fit.

Baca juga: Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kantor

  • Memiliki lebih banyak energi dalam beraktivitas sehingga dapat menjadi lebih produktif.
  • Memiliki stamina dan mood yang lebih baik untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kesehatan mental menjadi lebih baik.
  • Mengurangi berbagai macam risiko penyakit, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya.
  • Memiliki kekuatan dan ketahanan fisik untuk menghadapi berbagai kondisi, contohnya situasi pandemi yang sangat berbahaya bagi orang-orang dengan kondisi tubuh yang kurang bugar.
  • Berpeluang untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik serta usia yang lebih panjang.

Serta masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi sehat dan bugar baik secara fisik maupun mental. 

Baca Juga: Perbedaan Bulking Vs Cutting, Mana Yang Cocok Untuk Membentuk Tubuh Idealmu?

Berolahraga di Fitness Center atau Gym (sumber: pexels.com)

Baca Juga: Apa Itu Interval Training? Olahraga Singkat Bikin Kamu Langsing!

Jadi, penjabaran di atas merupakan pengertian fitness secara general sehingga dari sini dapat disimpulkan bahwa fitness meliputi setiap aspek kesehatan yang ada pada manusia. Lalu, kenapa fitness terkadang dianggap mirip bahkan sama dengan gym? 

Hal ini bisa saja merujuk pada fitness center dimana tempat tersebut merupakan pusat kebugaran yang memiliki peralatan dan fungsi yang hampir sama dengan gym. Fitness center adalah tempat di mana atlet profesional maupun masyarakat umum bisa berolahraga dan menjalankan berbagai program latihan. Umumnya, sebuah fitness center menawarkan berbagai macam jenis kegiatan olahraga baik di dalam maupun di luar ruangan. Berbeda dengan gym yang kebanyakan hanya memfasilitasi olahraga di dalam ruangan. Selain itu, fitness center juga menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap seperti terapi fisik, ruang uap, tempat pemanasan serta pemulihan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Dia Bahaya Olahraga Saat Perut Kosong!

Jadi, dapat disimpulkan bahwa gym merupakan tempat atau lokasi yang dapat digunakan untuk berolahraga dengan berbagai fasilitas penunjangnya. Sementara fitness merupakan istilah yang dapat mendefinisikan setiap aspek kesehatan dan kebugaran baik fisik maupun mental seseorang. Setelah mengetahui perbedaan kedua istilah tersebut, jangan sampai salah memaknainya ya!

Selain mengisi waktu luang dengan berolahraga di gym atau fitness center, kamu bisa mencoba untuk mengisi waktumu dengan kegiatan produktif lainnya yang bisa mendatangkan berbagai keuntungan mulai dari pengetahuan hingga cuan melalui berbagai kursus di Vocasia berikut ini!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *