Tanggal:17 May 2024

Apa Itu Suplemen Pre Workout: Pengertian, Kandungan, Manfaat, dan Efek Samping

Tanpa disadari, sekarang mayoritas orang melakukan olahraga sebagai gaya dan kebutuhan hidup karena memang olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Berhubung sekarang olahraga sudah rutin dilakukan maka dibutuhkan amunisi pendukung agar orang tersebut tidak gampang lelah saat berolahraga.

Amunisi ini berupa suplemen yang dikonsumsi sebelum melakukan olahraga, baik di outdoor maupun di gym. Suplemen ini bernama suplemen pre workout. Lalu, apa itu suplemen pre workout? Apa efek yang dirasakan tubuh jika mengonsumsi suplemen ini? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Lebih Baik Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga? Berikut Penjelasan Ilmiahnya!

Apa Itu Suplemen Pre Workout?

Contoh suplemen pre workout (Sumber: Unsplash)

Suplemen pre workout adalah asupan atau suplemen yang dikonsumsi oleh seseorang sebelum melakukan olahraga. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang memiliki kondisi tubuh yang tidak sama, misalnya, orang yang bisa berolahraga walaupun tubuhnya sedang tidak ada tenaga (tidak terisi makanan). Oleh karena itulah, dibutuhkan suplemen pre workout dalam jenis apapun sebelum berolahraga, baik sebelum olahraga outdoor atau di gym

Mengonsumsi suplemen ini bertujuan agar tubuh tetap fit dan mampu melakukan gerakan selama olahraga dengan sempurna. Selain itu, suplemen ini juga bisa menghilangkan rasa lelah atau merasa kurang termotivasi untuk melakukan olahraga. Suplemen ini bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti bubuk, pil, makanan, atau yang lainnya. Bahan, merk, dan harga suplemen pun bervariasi.

Kandungan yang Terdapat Pada Suplemen Pre Workout

Beberapa kandungan dalam suplemenn pre workout (Sumber: Unsplash)

Mengonsumsi suplemen pre workout bisa dikatakan penting karena sebagai penopang performa olahraga agar berjalan optimal. Oleh karena itu, suplemen ini harus memiliki kandungan yang sesuai dengan kondisi tubuh agar tidak menyebabkan gangguan pada tubuh karena olahraga. Kandungan yang ada dalam suplemen pre workout, seperti:

1. Creatine Monohydrate

Creatine monohydrate merupakan salah satu suplemen pre workout yang banyak dikonsumsi orang-orang. Suplemen ini berguna untuk memperkuat dan meningkatkan performa otot supaya tenaga yang digunakan tetap mencukupi. Beberapa manfaat yang terkandung dalam suplemen ini, yaitu:

  • Mempercepat masa pemulihan (recovery)
  • Memperlancar kinerja otak
  • Meningkatkan kepadatan tulang
  • Mengurangi stress

Baca juga: 6 Makanan Pembesar Otot, Wajib Harus Kamu Konsumsi Untuk Ototmu! 

2. Kafein

Suplemen pre workout sebaiknya mengandung kafein. Kafein ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Nutrisi ini dikenal karena kemampuannya mengubah kewaspadaan, energi, fokus, bahkan bisa membantu mengurangi lemak. 

Nutrisi ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kinerja fisik dengan intensitas tinggi, dan meminimalisir kelelahan selama berolahraga. Seperti yang kita ketahui bahwa kafein berguna agar tubuh tetap bugar (tidak lelah). Oleh karena itu, banyak pegiat olahraga minum kopi untuk menjaga kestabilan energi mereka.

3. Beta Alanine

Nutrisi ini berhubungan dengan produksi asam laktat dalam tubuh, semakin cepat proses produksi maka semakin cepat pula durasi olahraganya sehingga kekuatan otot juga akan semakin menurun.

Suplemen ini bermanfaat agar pH otot tetap seimbang, yaitu tingkat keasaman yang stabil. Dengan begitu maka dapat mengurangi kelelahan saat berolahraga.

4. L-Citrulline

L-Citrulline adalah dua dari tiga asam amino yang dihasilkan oleh tubuh, yaitu L-Arginine dan L-Ornithine. Nutrisi ini bermanfaat untuk memusnahkan racun dalam proses detoksifikasi dalam hati. Di sisi ain, nutrisi ini juga bermanfaat dalam suplemen pre workout dapat meminimalisir produksi asam laktat penyebab melemahnya kekuatan otot. 

5. B-vitamin

B-vitamin ini terdiri atas vitamin B1, B2, B5, dan B6 yang memiliki peran dalam produksi dan efisiensi energi. Lalu, ada vitamin B12 yang bisa membantu proses produksi darah, vitamin B3 berguna untuk membantu perbaikan DNA dan bisa menyehatkan kulit.

Baca juga: Makanan-Makanan Yang Wajib Kamu Hindari Saat Pembentukan Otot! 

Manfaat Mengonsumsi Suplemen Pre Workout

Beberapa manfaat workout (Sumber: Unsplah)

Setiap individu memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Ada orang yang bisa langsung berolahraga tanpa asupan apapun sebelumnya, ada pula orang yang harus mengonsumsi sesuatu sebelum melakukan olahraga. Bagi orang yang kerap mengonsumsi suplemen ini, terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan, seperti:

1. Menguatkan fokus saat berolahraga

Jika seseorang gemar melakukan olahraga disaat pagi hari, mereka minum kopi atau teh terlebih dahulu untuk mendapatkan suplai kafein yang cukup. Hal ini bermanfaat untuk mencegah rasa kantuk dan fokus tidak mudah teralihkan.

2. Menambah asupan energi

Dengan energi yang cukup maka seseorang dapat melakukan aktivitas olahraga dengan maksimal. Gerakan olahraga pun lebih mudah dilakukan jika tenaga yang dimiliki telah cukup.

3. Meningkatkan proses metabolisme tubuh atau pembakaran lemak

Seseorang yang rajin melakukan workout, biasanya bertujuan untuk menurunkan berat badan. Hal ini cukup efektif karena mengonsumsi suplemen pre workout dapat meningkatkan pembakaran lemak atau metabolisme di dalam tubuh sehingga lemak berkurang dan berat badan bisa berkurang.

4. Jenis suplemen pre workout

Ada beragam jenis suplemen pre workout yang bisa dikonsumsi untuk mendukung pertumbuhan otot, lalu ada lagi yang berguna untuk mencegah kerusakan otot (cedera otot) saat berolahraga.

Efek Samping Mengonsumsi Suplemen Pre Workout

Salah satu efek samping mengonsumsi suplemen pre workout (Sumber: Unsplah)

Meskipun mengonsumsi suplemen ini bermanfaat bagi tubuh, tapi di sisi lain juga memiliki efek samping yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen ini.

1. Menaikan produksi air dalam tubuh

Mengonsumsi suplemen pre workout dapat meningkatkan produksi air. Dampak dari peningkatan air ini dapat mengganggu olahraga karena dapat menyebabkan kembung, sembelit, terlihat lebih gemuk, dan membuat seseorang akan sulit bergerak . Oleh karena itu, konsumsi suplemen ini perlu diatur terutama kadar creatine monohydrate yang menyebabkan kondisi menjadi tidak nyaman.

2. Nyeri atau kesemutan di otot

Suplemen pre workout umumnya mengandung beta alanin yang bermanfaat meningkatkan keasaman atau pH otot sehingga tubuh bisa melakukan olahraga lebih lama dan intens. Nah, justru efek yang seperti inilah yang nantinya akan menyebabkan tubuh menjadi nyeri atau kaku setelah olahraga, bisa juga menyebabkan otot merasa kesemutan. Jadi, dosis beta alanin juga perlu diatur.

3. Pusing dan mengganggu pernapasan

Efek suplemen pre workout selanjutnya, yaitu dapat meningkatkan proses aliran darah. Oleh karena itulah, orang yang mengonsumsi ini mudah merasa pusing atau sesak napas. Hal ini karena salah satu kandungan suplemen yang bernama asam amino dapat membuat otot mengalami penambahan massa dan sebelum proses ini terjadi, terdapat proses peningkatan peredaran darah yang menyebabkan efek tidak nyaman.

4. Menimbulkan rasa gelisah dan tidak nyaman

Kafein yang terkandung dalam suplemen pre workout dapat meningkatkan fokus seseorang. Namun, tidak semua orang tawar dengan dosis kafein yang terlalu banyak sehingga menyebabkan gangguan pada tubuh, seperti nyeri perut, sesak napas, pusing, mual, dan detak jantung lebih cepat. Jika hal ini terjadi, sebaiknya mengurangi dosis suplemen atau berhenti mengonsumsinya.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai suplemen pre workout yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsinya. Karena suplemen ini memang memberikan banyak manfaat, tapi juga memiliki efek samping yang tidak bisa disepelekan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *