Tanggal:29 April 2024

9 Cara Cerdas agar Cepat Lulus Kuliah, Mahasiswa Wajib Baca!

Bagi kamu yang saat ini tengah berstatus sebagai mahasiswa pasti lulus kuliah tepat waktu adalah salah satu tujuan yang ingin segera kamu capai. Namun, terkadang hambatan bisa saja datang dan berefek pada waktu kuliah yang lebih panjang dari seharusnya.

Kursus online IELTS Vocasia

Hambatan yang terjadi bisa saja timbul dari diri kamu sendiri misalnya selalu bermalas-malasan saat kuliah, kurangnya motivasi, dan enggan berdiskusi bersama dosen atau rekan mahasiswa lainnya. Selain itu, penyebab faktor luar bisa diakibatkan karena salah pergaulan atau terlalu asyik dengan pekerjaan yang dilakukan di luar kampus.

Tidak perlu menunggu waktu yang lama, kamu dapat mempersiapkan diri dari sekarang agar bisa lulus kuliah tepat waktu untuk menghindari kerugian-kerugian yang dapat menimpamu. 

Artikel ini akan membahas cara yang dapat kamu lakukan agar cepat lulus kuliah. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Bikin Kartu Pra-Kerja

Cara agar Cepat Lulus Kuliah

Cara Agar Cepat Lulus Kuliah. Sumber: pexels.com

1. Menyadari Tujuan Kuliah

Mari ingat kembali ketika kamu masuk ke suatu perguruan tinggi, apa yang menjadi tujuan kamu saat itu? Pasti salah satu di antaranya adalah mendapat ilmu dan mengejar gelar sarjana bukan? 

Jika sedari awal kamu sudah tahu apa yang menjadi tujuanmu, selanjutnya pikirkan bagaimana cara mencapainya. Jawabannya adalah dengan rajin belajar.

Rajin adalah kebiasaan baik yang terkadang sulit untuk dipraktikkan. Tidak dapat dimungkiri bahwa ada saja hal yang menghambat seperti kurang motivasi, sulit beradaptasi, persoalan dana kuliah, atau masalah lainnya.

Jika kamu telah menyadari bahwa tugas yang paling utama saat kuliah adalah belajar sebaik-baiknya, seberat apapun permasalahan yang melibatkan perkuliahan pasti selalu ada jalan keluar dan dapat kamu hadapi.

2. Ambil SKS Maksimal

Sistem Satuan Kredit Semester (SKS) digunakan dalam perkuliahan untuk mengukur beban studi mahasiswa saat menempuh jenjang tertentu. Biasanya SKS yang ditempuh pada program S1 berkisar antara 144 sampai 160 SKS, sedangkan program D3 atau diploma memerlukan antara 110 sampai 120 SKS.

Jika kamu mahasiswa baru, kamu sudah bisa mencari tahu dan mulai berhitung berapa minimal SKS yang harus ditempuh untuk bisa lulus kuliah tepat waktu. Selain itu, cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengambil SKS maksimal di setiap semester yang biasanya sebanyak 24 SKS. 

Baca juga: Universitas yang Menerima Lulusan SMK

3. Hindari Mengulang Mata Kuliah

Selama proses perkuliahan, mengulang mata kuliah mungkin dianggap biasa bagi beberapa orang. Namun, tidak lulus mata kuliah ini dapat menimbulkan risiko untuk menghambat kelulusan kamu. 

Tidak hanya mengikuti mata kuliah bersama angkatan yang berbeda, mata kuliah yang tertinggal dan tertunda ini akan menghambat proses kamu yang seharusnya sesuai dengan kurikulum yang telah dirancang perguruan tinggi. 

Kamu juga perlu hati-hati saat menginjak semester atas, karena akan ada beberapa mata kuliah yang menjadi prasyarat untuk kamu lulus dari perguruan tinggi. Selagi belajar, kamu dapat memberikan perhatian ekstra pada mata kuliah tertentu karena pengaruhnya sangat besar. Tidak hanya itu, tertundanya mata kuliah bisa menyebabkan kamu tidak dapat mengambil mata kuliah lanjutan. 

4. Rajin Mengikuti Kuliah 

Sudah disampaikan sebelumnya, bahwa rajin itu penting. Kamu harus rajin berkuliah dan menghindari bolos apalagi melakukan “titip absen”. Sebagai mahasiswa, kamu harus menjadikan kuliah sebagai prioritas utama dan aktivitas lain hanya sebagai pendukung. 

Usahakan jadwal kuliah yang sudah kamu dapatkan, tidak ada yang terlewat. Persiapkan segala kebutuhan yang kamu perlukan terlebih dulu. Hal tersebut dapat membuat kamu lebih semangat untuk menjalani perkuliahan, apalagi di masa pandemi seperti ini kamu hanya perlu menyimak perkuliahan di tempat belajar paling nyaman untuk proses belajar yang lebih efektif. 

Baca juga: Simak Cara Berbisnis Franchise Mie Gacoan

5. Rajin Mengerjakan Tugas 

Ketika kamu berstatus sebagai mahasiswa, artinya kamu siap bertanggung jawab untuk mengerjakan tugas. Selesaikan tugas yang diberikan dosen dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut pasti akan diberikan apresiasi oleh Dosen agar kamu mendapatkan nilai yang memuaskan.

Jika kamu memiliki kesulitan saat mengerjakan tugas, jangan malu atau sungkan untuk bertanya ke teman kuliah lainnya. Hubungi mereka secara baik-baik dan sopan jika memerlukan bantuan. Bahkan kamu juga dapat menghubungi dosen terkait jika kamu memiliki pertanyaan yang perlu dibahas lebih lanjut. 

6. Manajemen Waktu

Tidak hanya saat berkuliah, manajemen waktu menjadi hal penting yang perlu dimiliki semua orang. Mengatur waktu dengan sebaik-baiknya dapat membuat kamu menyelesaikan tugas dengan baik.

Manajemen waktu menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika kamu memiliki kegiatan lainnya seperti berbisnis, part timer, freelancer, atau mengikuti organisasi kampus. Belajarlah membagi waktu agar semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Dalam memudahkan kamu mengatur waktu, kamu bisa memiliki jadwal kegiatan harian yang bisa kamu lakukan dari pagi hingga malam. Dengan begitu, kamu mengetahui kegiatan dan tugas yang harus kamu lakukan setiap harinya. 

Baca juga: Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris

7. Memilih Pergaulan

Memilih pergaulan juga penting dalam menjalani masa-masa perkuliahan. Oleh sebab itu, kamu harus pandai dalam memilih teman. Beri jarak pada pertemanan yang tidak memacu diri kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Kamu dapat memilih teman yang memiliki kepribadian positif dan rajin belajar. Ruang lingkup pertemanan yang positif akan membantu kamu untuk menjadi pribadi yang juga positif.

Walaupun seluruh proses perkuliahan semuanya tergantung pada usaha diri kamu sendiri, tetapi kamu juga jangan salah dalam memilih teman agar tidak terjerumus ke jalan yang salah.

8. Melakukan Diskusi dengan Dosen

Saat proses perkuliahan berlangsung, kamu pasti akan memiliki dosen wali maupun dosen pembimbing. Fungsi dari adanya dosen tersebut adalah untuk mengarahkan kamu selama menjalani proses perkuliahan. Namun, kamu juga bisa mencurahkan segala keinginan kamu untuk cepat lulus khususnya bagi kamu yang ingin mendapatkan predikat cumlaude.

Dosen wali atau pembimbing pasti akan membantu kamu dengan rutin melakukan bimbingan akademik untuk dapat mewujudkannya. Tentunya hal ini juga agak sulit untuk diterapkan, tetapi kamu perlu mencobanya agar impian cepat lulus bisa tercapai segera.

Baca juga: Apa itu Negosiasi?

9. Memilih Topik Skripsi sesuai dengan Minat

Biasanya mahasiswa baru cenderung untuk diarahkan agar sudah mulai berpikir topik skripsi apa yang akan diajukan nanti. Hal ini bisa kamu lakukan dengan lebih dulu mengetahui bidang apa yang menjadi minat kamu dalam program studi yang sedang kamu tempuh. 

Selain itu, kamu  juga bisa menggali berbagai bahan bacaan untuk menunjang topik skripsi yang nantinya akan kamu angkat. 

Jika kamu mahasiswa baru, kamu cukup mencari topik yang sekiranya akan menjadi minat kamu kedepannya. Jika terlalu fokus mengerjakannya, belum tentu isu-isu yang kamu angkat masih diperbincangkan karena kebanyakan skripsi mengangkat isu yang paling terkini.  

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan dosen pembimbing skripsi yang sesuai dengan topik yang kamu minati. Hal ini dapat memudahkan kamu untuk mempelajari karakter dan gaya dosen pembimbing tersebut. Dengan begitu, hubungan komunikasi yang kamu jalani untuk bimbingan skripsi secara berkelanjutan kelak bisa tercapai dengan lancar.

Baca juga: Langkah-langkah Negosiasi Gaji Saat Interview

Itu dia 9 cara cerdas agar dapat lulus kuliah dengan cepat. Jika sudah terbiasa kamu tidak akan sulit mempraktikkannya. Hal tersebut juga akan membuat kamu terhindar dari kemungkinan hal buruk yang terjadi. Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang ya! 

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Vocasia adalah platform online penyedia kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu semakin meningkat! Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Macam To Be dalam Bahasa Inggris

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *