Tanggal:07 May 2024

7 Keuntungan Ikut Organisasi Kampus Bagi Mahasiswa untuk Kepentingan di Dunia Kerja

Organisasi menjadi wadah untuk menampung lebih dari satu orang untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Begitu halnya dengan organisasi di kampus yang menjadi salah satu alternatif bagi kamu memperoleh pembelajaran yang menjadi minat dan bakat selain studi yang kamu tempuh.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Sebagai mahasiswa, kamu dilatih untuk lebih mandiri dan berkembang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Bagi sebagian mahasiswa belum menyadari pentingnya mengikuti organisasi di kampus. Lalu apa saja sih manfaat mengikuti organisasi di kampus untuk kepentingan masa depan? Yuk simak penjelasan selengkapnya disini. 

Baca juga: Tugas-Tugas seorang Content Strategist

Manfaat Ikut Organisasi Kampus

Keuntungan Ikut Organisasi Kampus. Sumber: pexels.com

Kamu yang saat ini masih menjadi mahasiswa baru di  salah satu perguruan tinggi, mungkin sedang bimbang untuk memilih menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang) atau mahasiswa kura-kura (kuliah-rapat-kuliah-rapat). 

Saat pertama kali masuk kuliah adalah waktu yang tepat untuk banyak mengeksplor kegiatan yang bisa dilakukan di luar kelas. Jika dengan mengikuti kelas mampu mengasah hard skill, aktif di organisasi bisa kamu manfaatkan untuk mengasah soft skill yang berguna di dunia kerja yang akan kamu hadapi. 

Buat kamu yang masih mempertimbangkan untuk ikut bergabung organisasi atau tidak, yuk simak terlebih dahulu keuntungan ikut organisasi kampus bagi mahasiswa untuk kebutuhan di dunia pekerjaan!

1. Membangun Relasi atau Koneksi

Dengan mengikuti organisasi kamu akan banyak bertemu dengan orang-orang hebat yang bisa menginspirasi dan membangun relasi yang baik kedepannya. Relasi sangat bermanfaat untuk membantu kamu mendapatkan banyak informasi serta meminta saran saat kamu merasa kesulitan. Latar belakang yang berbeda bisa membuat kamu  mempelajari karakter setiap orang dan membiasakan diri untuk berperilaku baik. Relasi yang dibangun juga membuat kamu belajar untuk tidak mementingkan diri sendiri dan bisa menghargai orang lain.

2. Membentuk Mental yang Kuat

Tidak hanya relasi, organisasi juga akan membangun mental kamu agar tidak mudah menyerah dalam suatu situasi. Selain itu, kamu juga akan diajarkan untuk lebih bijaksana dalam mengambil keputusan di setiap permasalahan. Hal tersebut penting untuk diterapkan di masa depan agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Saat kamu mengikuti organisasi, mulai banyak tekanan yang dating dari dalam dan luar. Tenggat waktu yang harus dipenuhi, kritik dan masukan yang ditampung, hingga cacian yang kamu dapatkan demi membangun mental. Dalam hal ini, kamu dituntut untuk lebih kuat menghadapi kerasnya masa depan dengan segala tekanan yang ada.  

3. Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Mengikuti organisasi dapat meningkatkan kemampuan yang kamu miliki, misalnya peningkatan Public Speaking. Public speaking atau berbicara di depan umum akan terasa sangat sulit dilakukan bagi mereka yang jarang melakukannya. Bagi kamu yang sering merasa malu dan kaku ketika berbicara di depan umum, kamu akan dilatih untuk terbiasa berbicara di depan umum dengan lebih tertata. Kemampuan berbicara di depan umum perlu diasah karena akan sangat berguna untuk masa depan baik dalam menyampaikan pendapat, berpidato, dan lainnya.

4. Melatih Leadership

Setiap orang pantas menjadi leadership, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Organisasi adalah tempat yang tepat untuk melatih jiwa kepemimpinan yang kamu miliki agar saat pengambilan keputusan tidak mengedepankan ego sendiri. Kamu perlu mengedepankan kepentingan umum yang dirasa baik untuk seluruh anggota. Seorang dengan jiwa kepemimpinan diharapkan bisa mengatur dan mampu merencanakan sesuatu dengan matang secara tersusun. 

Baca juga: Cara Bisnis Minuman Kekinian dengan Bermitra Franchise Boba Brown Sugar

5. Melatih Pikiran Kritis

Apakah berpikir kritis itu baik? Tentu saja, dengan memiliki pikiran yang kritis dapat membuat kamu mengetahui kelemahan dan kelebihan diri. Saat kamu memiliki pikiran yang kritis kamu akan lebih jauh mengetahui keadaan sebenarnya di masyarakat. Tidak hanya itu, kamu bisa ikut membentuk pikiran kritis terhadap kebijakan atau aturan yang ditegakkan oleh kampus hingga pemerintah. Namun, kritis diterapkan dengan memperhatikan aturan-aturan yang ada dan nilai-nilai kehidupan.

6. Menambah Pengalaman

Pasti kamu pernah mendengar ungkapan pengalaman adalah guru terbaik? Hal ini juga berlaku pada pengalaman yang kamu buat saat mengikuti organisasi. Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dapat berguna bagi kamu kedepannya. Dengan ikut organisasi, pengalaman yang kamu dapatkan bisa menjadi hal penting yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Selain itu, pengalaman akan membuat kamu mengerti pentingnya menjaga nama baik yang kamu bawa seperti suatu organisasi yang kamu ikut terlibat didalamnya. 

7. Mengembangkan Minat dan Bakat

Telah disinggung dalam penjelasan di atas mengenai beberapa kemampuan seperti leadership dan pubic speaking yang akan diasah ketika kamu mengikuti suatu organisasi. Selain itu, kamu juga dapat mengembangkan bakat dan minat sesuai passion yang kamu punya. Kamu tidak hanya dapat mengikuti kegiatan organisasi yang begitu formal seperti BEM dan HIMA, banyak sekali Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ditawarkan untuk kamu ikuti baik pada bidang akademis maupun non akademis. Selain menambah kemampuan, kamu juga bisa ikut terhibur dan menghilangkan stress sejenak dari kegiatan kampus dengan berbagai kegiatan di dalamnya. Seru sekali, bukan?

Baca juga: Cara disukai Guru di Sekolah

Itu dia 7 keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika kamu tergabung dalam suatu organisasi di kampus. Banyak sekali keuntungan yang berguna di dunia kerja yang akan kamu hadapi nantinya. Jadi, tentukan pilihan organisasi yang ingin kamu ikuti dari sekarang ya!

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Vocasia adalah platform online penyedia kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu semakin meningkat! 

Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Biografi Ferry Unardi Pendiri Traveloka

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *