Tanggal:05 May 2024

9 Cara Mudah Desain Stiker, Bisa Jadi Peluang Bisnis Untuk Kamu!

Stiker merupakan peluang bisnis yang tidak akan pernah mati. Stiker dapat menjadi media promosi yang masif digunakan, baik itu untuk produk, event, sampai band-band menggunakannya sebagai official merchandise. Salah satu aspek yang menentukan stiker yang kamu buat akan laku di pasaran adalah keunikan desain dari stiker.

Selain faktor keunikan desain dari stiker, ada banyak aspek penting lainnya dari stiker untuk memastikan bahwa stiker yang dihasilkan tidak akan mengecewakan atau lebih parah lagi terkesan ketinggalan zaman. Nah, bagi kamu yang ingin menjual hasil desain stiker kamu, penting untuk diketahui apa saja cara desain stiker yang tepat.

Desain stiker memerlukan banyak pertimbangan dalam berbagai aspeknya. Agar kamu tidak bingung dalam mendesainnya, maka kamu sangat disarankan untuk mengikuti beberapa cara desain berikut ini. Berikut cara desain stiker yang layak untuk menjadi media promosi bahkan dijual ke pasaran.

1. Menggunakan Desain Huruf (Typography)

Kamu dapat mendesain dengan typography. Sumber: freepik.com

Cara desain stiker pertama yang penting untuk kamu ketahui adalah mendesain stiker dengan huruf atau kata-kata. Pilihan kata-kata bisa merupakan kata-kata yang sedang tren saat ini. Namun walau hanya sekedar kata-kata, tidak bisa kamu menggunakan jenis huruf yang biasa saja. Pilih beberapa desain huruf yang keren dan trendi atau yang saat ini dikenal dengan nama typography

2. Menggunakan Identitas yang Dipromosikan

Cara selanjutnya ialah memanfaatkan identitas dari apa yang dipromosikan sebagai objek desain. Identitas ini dapat berupa apa saja bentuknya. Ketika kamu mempromosikan suatu restoran dalam satu stiker, cobalah gunakan menu yang paling favorit menjadi objek desain. Begitu juga dengan bentuk promosi lainnya, ada sangat banyak objek yang dapat kamu gunakan.

3. Modifikasi dengan Tujuan Tertentu

Terkadang, cara desain stiker lain yang perlu juga kamu perhatikan adalah ada tujuan dari pembuatan stiker harus dikedepankan. Jika tidak mungkin mencapai tujuan dengan satu gambar, kamu dapat menambahkan beberapa tulisan. Misal saat kamu akan mempromosikan suatu media sosial, tidak cukup mungkin untuk membuat stiker logonya saja. Jadi kamu perlu juga mencantumkan alamat web yang dibutuhkan.

4. Memilih Warna yang Beragam dan Terang

Pilihlah warna-warna terang untuk desain stikermu. Sumber: freepik.com

Warna dalam desain stiker wajib kamu buat beragam. Ragam warna ini yang akan membuat stiker kamu menarik perhatian. Pemilihan warna-warna terang sebagai warna stiker pun perlu kamu lakukan. Jika warnanya terlalu gelap, biasanya setelah dicetak akan semakin gelap dan membuatnya kurang menarik dan tidak terlalu bagus hasilnya.

5. Memilih Bentuk Stiker yang Unik

Stiker harus dibentuk dan dipotong sesuai bentuk desain. Sehingga jika bentuk yang kamu pilih adalah bentuk menarik, bentuk stiker pun menjadi menarik. Bentuk yang menarik biasanya adalah bentuk yang unik. Bentuk tersebut contohnya seperti bunga, ulat, atau beberapa jenis hewan dapat menjadi inspirasi kamu dalam mendesain.

6. Buatlah Desain yang Sederhana

Buatlah desain stiker yang sederhana. Sumber: freepik.com

Cara desain stiker yang tepat adalah mendesainnya sesederhana mungkin. Jangan membuat desain yang terlalu rumit dalam stiker yang ukurannya kecil. Kamu harus memastikan hanya desain yang penting dan memiliki impact saja yang harus kamu gunakan untuk pencetakan. Jika terlalu banyak dan penuh, desain menjadi tidak menarik.

7. Sisipkan Nilai Humor di Stiker

Cara yang cukup ampuh dalam mendesain stiker sekarang ini. Stiker banyak dibuat dengan menyisipkan nilai-nilai humor. Kata-kata yang digunakan atau bisa juga melalui gambar dapat menimbulkan tawa untuk yang melihatnya sehingga menarik untuk dibeli. Jadi pastikan jika ada ide humor yang menarik terkait stiker yang sedang kamu desain, sisipkan humor tersebut ke dalamnya.

8. Menentukan Bahan Stiker yang Bagus

Setelah proses desain sudah hampir selesai, selanjutnya kamu juga perlu mempertimbangkan apa bahan untuk cetak stiker yang bagus. Jenis bahan stiker dalam dunia percetakan ada banyak. Bahan stiker yang bagus sebenarnya adalah bahan yang doff. Artinya saat stiker dicetak permukaannya agak kasar atau tidak terlalu licin. Hasil stiker akan awet dan tahan lama, juga tidak mudah robek.

9. Menentukan Ukuran yang Ekonomis dan Efektif

Cara terakhir dalam desain stiker adalah menentukan ukuran stiker. Usahakan ukuran stiker yang kamu buat tidak boleh terlalu besar. Jika sudah sangat besar, maka artinya kamu membuat poster bukan stiker. Walau memberikan informasi identitas, stiker harus dibuat seekonomis mungkin dan seefektif mungkin. Selain itu, diharapkan harga stiker yang anda buat dapat menjangkau berbagi kalangan.

Itulah tadi seluruh penjelasan mengenai apa saja cara desain stiker yang sangat disarankan untuk kamu perhatikan. Saat kamu mengikuti seluruh tips di atas tanpa terkecuali, maka dapat dipastikan bahwa hasil desain stiker kamu tidak akan mengecewakan. Bahkan kamu dapat menghasilkan keuntungan dari hasil desain yang menarik dan berkualitas ini. Jadi selamat berkarya dengan stiker yang kamu desain sendiri!

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *