Tanggal:23 July 2024

10 PTN yang Menerima Lulusan SMK, Cari Tahu PTN Impian Kamu!

Apakah sebagian dari kamu sedang menempuh studi di SMK? Sekolah menengah kejuruan (SMK) adalah salah satu jenjang sekolah yang difokuskan bagi kamu yang setelah lulus ingin langsung bekerja di industri dengan memiliki keahlian tertentu. 

Kursus online belajar grammar vocasia

Dengan memilih SMK, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana kesempatan kamu jika setelah lulus tetap ingin melanjutkan studi ke PTN? Jangan khawatir! Beberapa PTN yang tersebar di seluruh Indonesia juga menerima lulusan SMK dan bisa sama-sama bersaing dengan anak SMA untuk memperebutkan kursi PTN.

Namun, kamu perlu memperhatikan jurusan kuliah yang nantinya akan kamu ambil di universitas yang kamu tuju. Ketahui jurusan yang sesuai dengan minat dan cari tahu lebih lanjut apakah kualifikasi di PTN tujuan itu betul-betul sama denganmu! Selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini. 

Baca juga: Perbedaan Kosakata British dan American

Universitas yang Menerima Lulusan SMK

Universitas yang Menerima Lulusan SMK. Sumber: pexels.com

Sebelum mengetahui daftar PTN yang menerima lulusan SMK, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara lulusan SMK bisa masuk ke PTN. Yuk ketahui caranya di bawah ini!

  • Menjadi Siswa atau Siswi yang Berprestasi

Saat pertama kali masuk SMK, kamu harus serius menjalani segala mata pelajaran tahun demi tahun. Raih berbagai prestasi dan pertahankan nilaimu. Selain itu, kamu juga dapat memenangkan suatu perlombaan atau kejuaraan akademis maupun non akademis sebagai nilai tambah yang kamu miliki. 

Setelah kamu mengumpulkan segala prestasi selama, cari info terkait jalur undangan atau yang biasa dikenal dengan SNMPTN. Biasanya, prestasi dan nilai selama kamu bersekolah di SMK adalah hal yang diukur apakah kamu diperbolehkan mengikuti jalur undangan atau tidak.

Walaupun jalur undangan dikenal memiliki kesempatan untuk diterimanya sangat kecil, paling tidak kamu tetap harus berusaha semaksimal mungkin. Ingat bahwa tidak ada yang pernah salah dengan menjadi seorang siswa/i yang memiliki banyak prestasi.

  • Cek Sebaran Alumni SMK di PTN yang Dituju

Ketika kamu menjadi salah satu siswa yang secara kualifikasi dapat mengikuti jalur undangan SNMPTN, tentu kamu akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk diterima di PTN yang banyak alumni juga berasal dari sekolahmu. Sebaran alumni tersebut dapat kamu lakukan dengan menegonsultasikannya bersama guru Bimbingan Konseling atau guru lainnya yang memiliki banyak informasi terkait PTN. 

  • Cari kuota Penerimaan SMK di PTN yang Dituju

Setiap tahunnya, kuota penerimaan lulusan SMK pada tiap PTN selalu berubah dan berbeda-beda. Ada PTN yang menerima lulusan SMK, juga ada juga yang tidak bisa menerima sama sekali tergantung bagaimana kebijakan PTN bersangkutan. Oleh sebab itu, kamu harus rajin mencari tahu PTN mana saja yang banyak menerima lulusan SMK dan poin-poin lainnya.

  • Sesuaikan Jurusan

Ketika kamu telah banyak meriset berbagai PTN yang menjadi tujuan kamu, tentu kamu juga akan menyesuaikannya dengan jurusan yang telah kamu ambil saat menduduki bangku SMK. Apabila kamu memilih jurusan yang sesuai dengan pendidikan kamu selama di SMK, peluang kamu diterima akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan jurusan yang berbeda jauh dengan rumpun pendidikan kamu saat SMK. 

Sebagai contoh, saat SMK kamu memilih jurusan rekayasa perangkat lunak, maka jurusan Teknik Komputer tentu akan jadi pilihan tepat untuk kamu. Walaupun pembelajaran pada saat kamu berkuliah akan dimulai dari materi dasar, tetapi ini akan mempermudah kamu dalam proses pembelajaran juga minat kamu akan sesuatu. Selain itu, terkadang kualifikasi penerimaan mahasiswa baru di PTN juga yang akan membatasi kamu dalam memilih jurusan. 

  • Ikuti ujian SBMPTN atau Ujian Mandiri

Gagal di jalur undangan atau SNMPTN? Jangan khawatir kamu bisa mengikuti jalur ujian tulis. Perlu diketahui bahwa jalur ini memang relatif lebih mudah bagi lulusan SMA karena telah mendapatkan materi-materi yang telah didapatkan mengenai penjurusan IPA (saintek) dan IPS (soshum).

Bagi kamu yang merupakan lulusan SMK, tentu harus ekstra mempersiapkannya agar bisa ikut bersaing di jalur ujian tulis SBMPTN maupun ujian mandiri. Jangan lupa siapkan diri dengan matang jika memang kamu benar-benar ingin melanjutkan studi di PTN. 

Misalnya, ketika kamu telah gagal pada rencana A (jalur undangan), kamu bisa melanjutkan ke rencana B yaitu jalur ujian tulis agar kamu dapat segera mempelajari materi yang diujikan.

Baca juga: Rumus Count di Excel

 

Daftar PTN yang Menerima Lulusan SMK

Setelah mengetahui beberapa cara bagaimana anak SMK dapat melanjutkan studinya ke PTN, berikut beberapa rekomendasi PTN yang menerima lulusan SMK, cari tahu PTN impian kamu!

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Sriwijaya
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. UPN Veteran Jatim
  5. UIN Walisongo Semarang
  6. Universitas Indonesia
  7. Universitas negeri Yogyakarta
  8. Universitas Padjajaran
  9. ISI Yogyakarta
  10. Universitas Brawijaya

Baca juga: Contoh Penggunaan May dan Might

Selain melihat PTN yang menjadi tujuanmu, kamu juga perlu bijak dalam memilih jurusan. Banyaknya PTN yang menerima lulusan SMK saat ini menjadi persaingan ketat diantara lulusan baru, kuota yang terbatas serta ketatnya daya saing program studi yang dipilih menjadi salah satu alasan sulitnya masuk PTN yang kamu impikan. Berikut beberapa jurusan yang dapat kamu pilih:

  1. Desain Komunikasi Visual
  2. Teknologi Informasi
  3. Tata Boga
  4. Akuntansi
  5. Tata Busana
  6. Multimedia
  7. Jurnalistik
  8. Marketing/Pemasaran
  9. Perbankan  

Baca juga: Penggunaan as if dan as though

Itu dia daftar PTN yang menerima lulusan SMK beserta jurusan-jurusan yang dapat kamu ambil yang tentunya kamu sesuaikan dengan jurusan yang sudah kamu tempuh saat SMK.

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa juga ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Temukan kursus yang ingin kamu ikuti untuk mengasah berbagai kemampuan dan skill dengan klik tautan berikut. 

Vocasia adalah platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu makin meningkat! 

Baca juga: Cara Memasarkan Produk di Google

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *