Tanggal:21 July 2024

9 Cara agar Bisa Bahasa Inggris secara Otodidak

Baca Juga | 12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing yang Praktis dan Mudah Kamu Gunakan

Kursus online belajar grammar vocasia

Seperti yang kita semua tahu kalau bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Buat kamu yang kepo nih, kenapa ya bahasa inggris menjadi bahasa internasional? salah satu alasannya karena bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang palint tua di dunia. Di samping itu, bahasa internasional ini juga berkembang dengan pesat, setidaknya akan muncul 8500 kata baru setiap tahunnya.

Hal ini disebabkan juga oleh kemajuan negara Inggris sehingga memancing inovasi baru. Hal lain yang menjadi alasan bahasa inggris dipilih menjadi bahasa internasional adalah karena inggris merupakan salah satu negara yang paling banyak melakukan penjajahan di banyak negara. Sehingga banyak negara yang akan terbiasa dengan bahasa mereka, khususnya negara yang sudah pernah dijajah inggris

Baca Juga | Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan 5 Cara Ampuh Belajar Grammar untuk Pemula

Di jaman serba modern ini kebutuhan akan kemampuan berbahasa inggris sangatlah dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan. KIta bisa melihat bahwa saat ini di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia terdapat pembelajaran bahasa inggris. Tak jarang juga kita menemui beberapa sekolah yang mewajibkan menggunakan bahasa inggris selama berada di lingkungan sekolah.

Buat kamu yang saat ini berkeinginan menguasai bahasa inggris dan fasih menggunakannya, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini, Vocasia akan memberi tahumu 9 cara mempelajari dan menguasai bahasa inggris secara otodidak atau mempelajarinya secara mandiri.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel di bawah ini sampai tuntas!

1. Pelajari kata-kata dasar

Ikuti Kelas Belajar Grammar Untuk Pemula, Klik Disini!

Sebelum kamu ingin mencoba mempelajari bahasa inggris, sangat disarankan kamu untuk mengetahui bahasa inggris dari kata-kata dasar. Kata dasar yang dimaksud adalah kata-kata yang sering digunakan pada kehidupan sehari-hari, misalnya seperti kata tunjuk aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

2. Mendengarkan lagu bahasa inggris

dengar musik

Mendengarkan musik berbahasa inggris – @rawpixel.com

Buat kamu yang memiliki hobi mendengarkan lagu, kamu bisa menggunakan hobimu sekaligus mempelajari bahasa inggris dalam waktu yang bersamaan. Dengan begitu, kamu bisa belajar bahasa inggris dengan menyenangkan.

Baca Juga | 7 Jenis dan Contoh Penggunaan Adverb dalam Bahasa Inggris

Cobalah mendengarkan lagu berbahasa inggris lalu kamu tulis lirik dalam lagu tersebut. Kemudian coba cari lirik lagu tersebut di google untuk kamu jadikan bahan evaluasi. Hal ini sangat penting untuk skill listening kamu.

3. Menonton film bahasa inggris tanpa menggunakan subtitle

Tips selanjutnya yaitu menonton film bahasa inggris tanpa menggunakan subtitle. Dengan begitu kamu akan semakin mahir dalam berbahasa inggris. Namun, jika kamu masih merasa kesusahan kamu bisa menonton film dengan menggunakan subtitle tetapi gunakan subtitle bahasa inggris. Kemduian rajin mencatat kata baru yang kamu temukan pada film itu.

Baca Juga | 12 Rumus Penggunaan Passive Voice dalam Bahasa Inggris, Simak Penjelasannya!

4. Membaca

Memang warga negara Indonesia jarang yang memiliki hobi membaca, tapi jika kamu salah satu orang yang memiliki hobi membaca. Ini merupakan keuntungan buat kamu, cukup dengan kamu mengubah bahan bacanya ke buku atau tulisan yang menggunakan bahasa inggris. Lambat laun bahasa inggrismu akan semakin terasah.

Baca Juga | 11 Bahasa Jurnalistik Pers, Lengkap Beserta Penjelasannya

5. Membaca kamus

biasakan membaca kamus

biasakan membaca kamus – @rawpixel.com

Baca Juga | Penggunaan 4 Demonstrative Pronoun sebagai Kata Tunjuk dalam Bahasa Inggris

Tidak hanya literatur hiburan seperti artikel, novel, atau berita berbahasa Inggris. Kamu juga perlu membaca kamus bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak ini untuk menambah vocabulary (kosa kata) kamu.

6. Latihan berbicara di depan cermin

Kunjungi Kursus ‘Rahasia Jitu Lancar Speaking Tanpa Mikir’ hanya di Vocasia!

Buat kamu yang merasa sudah berpengetahuan cukup dan ingin mulai mencoba berbicara bahasa inggris dengan orang lain, sangat disarankan kamu untuk berbicara di depan cermin terlebih dahulu. Hal ini akan menghindarkan kamu dari rasa percaya diri atau bicara yang terbata-bata.

7. Jadikan kebiasaan

Baca Juga | 4 Waktu Tepat Penggunaan Active Voice dalam Bahasa Inggris 

Setelah kamu menerapkan keenam tips latihan di atas, sekarang kamu harus menjadi keenam hal di atas menjadi kebiasan sehari-hari. Hal ini akan membuat kamu bisa menguasai bahasa inggris dengan cepat.

8. Sering berbicara dengan teman yang fasih berbahasa inggris

Berbicara dnegan teman menggunakan bahasa inggris

Berbicara dengan teman menggunakan bahasa inggris – @rawpixel.com

Baca Juga | 9 Cara Mudah Berlatih Bicara Bahasa Inggris Secara Otodidak

Pasti kamu punya salah satu teman yang fasih dalam berbahsa inggris, nah kamu bisa memenfaatkan mereka untuk menjadi lawan berbicaramu menggunakan bahasa inggris. Hal ini akan membuatmu belajar banyak dari temanmu yang sudah fasih berbahasa inggris sebelumnya.

9. Kursus

Langkah terakhir adalah dengan kursus. Memang cara ini bukan dengan belajar sendiri. Kursus adalah pilihan lain yang bisa kamu pilih untuk cara cepat belajar bahasa Inggris.

Kebetulan nih buat kamu yang ingin mencari kursus bahasa inggris. Vocasia memiliki kursus pelatihan bahasa inggris yang bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun

Belajar IELTS secara efektif oleh Denis Andreas akan memberikan kamu benefit berupa

  • Mampu mendapatkan score IELTS sesuai dengan target yang dibutuhkan
  • Mampu menjawab soal listening section
  • Mampu menjawab soal reading section
  • Mampu menjawab writing task
  • Berhasil pada speaking section

Nikmati diskon hingga 85%

Klik di sini untuk mendaftarkan diri kamu segera!

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *