Tanggal:21 February 2024

9 Cara Mudah Berlatih Bicara Bahasa Inggris Secara Otodidak

Bahasa Inggris sebagai bahasa yang mendunia telah menjadi bahasa kedua yang perlu kita kuasai. Sayangnya, banyak yang menyepelekan penguasaaan Bahasa Inggris ini. Padahal, pentingnya berbicara Bahasa Inggris dapat mempermudah kamu dalam berbagai kondisi saat berada di negeri orang atau bahkan menjadi kebutuhanmu sehari-hari di dalam negeri.

Kursus online belajar grammar vocasia

Banyak anggapan yang menyebutkan bahwa mempelajari Bahasa Inggris menjadi salah satu kesulitan. Padahal jika sehari-hari kamu terbiasa menerapkan Bahasa Inggris pada setiap kegiatan yang kamu jalani, mungkin kesulitan tersebut tidak berlaku pada kamu.

Cara Belajar Berbicara Bahasa Inggris

Agar fasih dalam berbicara Bahasa Inggris, kamu hanya memerlukan niat dan kebiasaan. Kamu tidak perlu tergesa-gesa untuk dapat lancar berbicara. Nikmati proses belajarmu. Cara belajar berbicara Bahasa Inggris bisa kamu terapkan dengan 9 cara mudah di bawah ini, Lho!

1. Menonton Film Berbahasa Inggris

Menonton Film Berbahasa Inggris. Sumber: pexels.com

Berlangganan platform penyedia film saat ini sudah banyak bertebaran. Kini kamu bisa memilih platform mana yang cocok dengan genre film kesukaan kamu. Menonton film berbahasa Inggris bisa kamu lakukan tanpa menggunakan terjemahan, apabila dirasa kesulitan kamu bisa terlebih dahulu memakai tampilan terjemahan. Jangan terlalu sering menggunakan terjemahannya ya apabila kamu ingin cepat lancar berbicara Bahasa Inggris.

Baca Juga: Ikuti langkah ini agar presentasi bahasa inggris kamu lancar

2. Mendengarkan dan Menghafal lagu bahasa asing

Dengarkan Lagu dan Segera Hafalkan. Sumber:pexels.com

Mungkin sebagian dari kamu lebih menyukai mendengarkan musik dibandingkan menonton film? Maka ini bisa jadi solusinya. Coba mulai dengarkan musik yang berbahasa Inggris. Putar berulang kali dan hafalkan liriknya. Jadi, kamu tidak hanya mendengarkan tetapi melihat lirik dari lagu tersebut. Bila ada kosakata atau kalimat yang tidak kamu ketahui maknanya, cari dan segera terjemahkan.

Baca Juga: Tips dan trik belajar IELTS?

3. Berkomunikasi dengan orang asing

Melakukan Komunikasi. Sumber: pexels.com

Kunci utama berbicara tentunya kamu bisa berlatih dengan melakukan komunikasi secara langsung. Agar lebih efektif, kamu bisa mengajak langsung orang asing untuk berkomunikasi. Terkadang, cara komunikasi yang terjalin dengan orang asing akan berbeda dan kamu akan cepat mengetahui banyak aksen. Selain itu, kamu juga dapat mengajak keluarga, rekan kerja, sahabat untuk terbiasa berbicara bahasa Inggris dalam keseharianmu. Terus berlatih berbicara langsung dengan bahasa Inggris tidak hanya akan mengasah kemampuan speaking, tetapi juga kemampuan listening.

Baca Juga: Perbedaan TOEFL, IELTS dan TOEIC

4. Belajar melalui sosial media

Manfaatkan Sosial Media. Sumber: pexels.com

Saat ini, penggunaan sosial media banyak menyediakan konten-konten untuk memperdalam kemampuan bicara Bahasa Inggris kamu! Misalnya melalui Youtube, Podcast, Instagram, dan Tiktok bisa menjadi sarana kamu belajar. Video yang kamu tonton bisa mengasah kemampuan dan pengetahuan kamu tentang Bahasa Inggris. Selain itu, konten tersebut bisa kamu akses dengan mudah dan gratis.

Baca Juga: Tips dan Trik TOEFL

5. Baca tulisan Bahasa Inggris

Sering Membaca. Sumber: pexels.com

Sesekali coba untuk membaca tulisan yang berbahasa Inggris. Ini akan memudahkan kamu untuk belajar Bahasa Inggris dengan cepat. Tulisan yang bisa kamu baca dapat beragam jenisnya sesuai dengan kesukaan kamu, misalnya buku, artikel, surat kabar, maupun jurnal yang tersedia secara online. Jangan lupa untuk membaca tulisan berbahasa Inggris, ya!

Baca Juga: Macam-macam tenses dan kegunaannya

6. Membuat catatan

Buatlah Catatan Sendiri. Sumber: pexels.com

Catatan yang bisa kamu buat untuk meningkatkan kemampuan bicara Bahasa Inggris adalah dengan menambahkan kosakata setiap harinya. Penguasaan kosakata ini perlu kamu lakukan agar memperkaya istilah-istilah Bahasa Inggris yang kamu temukan setiap harinya. Selain itu, catatan juga bisa kamu pergunakan untuk membuat kamus yang memudahkan kamu saat mencari kosakata tersebut saat situasi tertentu. Catatan ini bisa kamu buat dalam buku catatan secara fisik atau pun dalam ponsel sesuaikan dengan kenyamanan kamu!

Baca Juga: Hal penting mengapa tes TOEIC harus kamu ikuti

7. Unduh aplikasi belajar bahasa Inggris

Pergunakan Aplikasi Bahasa Inggris yang Tersedia. Sumber: pexels.com

Kehadiran berbagai aplikasi belajar Bahasa Inggris bisa juga kamu gunakan dalam smartphone yang kamu miliki. Cari aplikasi gratis maupun berbayar yang bisa kamu gunakan untuk mengasah kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Saat ini kamu juga perlu lho menyiapkan aplikasi kamus agar disuatu saat kondisi kamu membutuhkan, kamu tidak kesusahan.

Baca Juga: Cara belajar Bahasa Jepang dengan mudah

8. Mengikuti kursus

Ikuti Kursus Bahasa Inggris. Sumber: pexels.com

Jika cara-cara di atas belum dapat memaksimalkan usaha kamu untuk dapat lancara berbicara Bahasa Inggris. Maka, kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris di lembaga yang kamu percayai. Dengan mengikuti kursus kamu dapat lebih leluasa bertanya kepada mentor yang handal serta kamu bisa disiplin belajar.

Baca Juga: Tips dan trik menjawab soal IELTS

9. Percaya diri

Percaya Diri untuk Berbicara Bahasa Inggris. Sumber: pexels.com

Hal terpenting dari semuanya cara belajar yang sudah kamu lakukan adalah kepercayaan diri. Hal ini penting sebab ketika kamu percaya diri dengan apa yang kamu bicarakan dalam Bahasa Inggris, orang yang kamu ajak berbicara juga tidak akan merasa kebingungan. Tingkatkan rasa kepercayaan diri dan jangan merasa takut salah. Ketika kamu membuat kesalahan, segera perbaiki dan koreksi agar kamu cepat mahir berbicara Bahasa Inggris.

Baca Juga: Cara Agar Public Speaking Bagus

Itu dia 9 cara mudah berlatih bicara Bahasa Inggris secara otodidak yang bisa kamu terapkan. Ingat pentingnya belajar berbicara Bahasa Inggris agar kamu cepat mahir. Bila ingin mengikuti kursus lancar speaking bahasa inggris dari Vocasia maka klik banner ini.

mahir berbahasa inggris

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *