Tanggal:03 May 2024

10 Cara Ampuh Belajar Bahasa Jepang Bagi Pemula

Siapa yang tidak ingin menguasai banyak bahasa? Sebagian besar orang tentu menginginkan untuk dapat menguasai beberapa bahasa. Kemampuan tersebut adalah sesuatu akan sangat bermanfaat untuk kehidupan sosial kedepannya. Karena semakin banyak bahasa yang dikuasai, lingkaran pertemanan juga akan meluas dengan sendirinya sehingga kita memiliki banyak relasi untuk meraih kesuksesan.

Pada dasarnya, mempelajari bahasa memang sulit jika tidak diselingi dengan latihan yang rutin. Mempelajari bahasa asing lain seperti Bahasa Jepang bukanlah hal yang mudah, sama halnya ketika kamu belajar menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Untuk belajar bahasa Jepang, selain harus mempelajari berbagai huruf Jepang kamu juga perlu memiliki pelafalan huruf yang benar. Hal yang paling utama adalah apabila kamu sudah memiliki ketertarikan dengan bahasa Jepang, belajar pasti bisa lebih menyenangkan.

Cara Belajar Bahasa Jepang dengan Mudah

Bahasa Jepang terbagi atas dua bentuk, yaitu Hyoujungo (pertuturan standar) dan Kyoutsugo (pertuturan umum). Hyoujungo adalah bahasa baku Jepang yang diajarkan di sekolah, sedangkan Kyoutsugo adalah bahasa yang digunakan sehari-hari. Menguasai kedua jenis Bahasa Jepang tersebut tidaklah sulit, asalkan kamu memiliki kunci suksesnya yaitu berlatih. Untuk memudahkan pembelajarannya, artikel ini merangkum 10 cara ampuh belajar bahasa Jepang bagi pemula.

1. Kumpulkan Niat Belajar Bahasa Jepang

Kumpulkan niat dengan cari alasan belajar. Sumber: unsplash.com

Keinginan kuat yang kamu kumpulkan untuk benar-benar bisa menguasai bahasa Jepang akan dapat kamu jalani dengan cepat tanpa ada halangan. Meskipun banyak kesibukan kamu lainnya yang perlu diselesaikan, niat yang kuat akan membantu kamu untuk dapat melakukan keduanya secara balance. Niat menjadi modal yang sangat penting untuk melakukan suatu hal. Bulatkanlah tekad untuk mempelajari bahasa Jepang. Agar lebih bersemangat, mungkin kamu dapat memperkuat niat tersebut dengan mencari alasan mengapa kamu ingin belajar bahasa Jepang. Jika sudah mendapatkan jawabannya, kamu bisa terapkan itu dalam mindset kamu.

Baca Juga: Pengertian tes JLPT dan kegunaannya

2. Pelajari Huruf dan Pelafalan Bahasa Jepang

Kenali huruf dan pelafalan bahasa Jepang. Sumber: unsplash.com

Hiragana, Romaji, Katakana, dan Kanji merupakan 4 jenis huruf yang wajib dipelajari untuk menguasai kemampuan dasar Bahasa Jepang. Untuk memudahkan mengingat masing-masing huruf, sebaiknya lakukan latihan tulis sebanyak mungkin sambil terus berlatih membacanya. Kamu juga bisa menempelkan kertas tabel yang sudah kamu tulis huruf-hurufnya di tempat yang mudah dilihat.

Selain mempelajari berbagai jenis huruf Jepang, kamu perlu tahu bagaimana pelafalan masing-masing huruf. Kita juga mesti paham bahwa kegunaan dan fungsi pada tiap huruf Jepang, misalnya huruf Hiragana digunakan di dalam kehidupan sehari-hari dan huruf katakana itu hanya digunakan untuk kata-kata yang berasal dari bahasa asing.

Baca Juga: Perbedaan tes TOEFL, IELTS, dan TOEIC

3. Mencari Buku yang Sesuai

Cari buku berbahasa Jepang. Sumber: unsplash.com

Sering kesulitan jika belajar dari layar ponsel saja? Kamu bisa menemukan buku belajar bahasa Jepang yang sesuai di toko buku. Saat ini ada banyak buku pelajaran Bahasa Jepang dengan bentuk yang berbeda-beda. Sebelum membeli, sebaiknya baca dan lihat bentuk buku dan cari resensi buku tersebut. Kamu dapat memilih buku yang mudah kamu mengerti. Untuk belajar bahasa Jepang biasanya buku yang digunakan dapat berupa buku khusus untuk mempelajari huruf, buku tata bahasa, dan buku latihan. Sebaiknya ketiga jenis buku tersebut harus kamu miliki setidaknya masing-masing satu buku agar bisa mempelajari bahasa Jepang dengan lengkap.

Baca Juga: Tips dan tips sukses menjawab soal JLPT

4. Gunakan Bahasa Jepang dalam Kehidupan Sehari-hari

Biasakan menggunakan bahasa Jepang. Sumber: unsplash.com

Agar lebih cepat mempelajari bahasa Jepang, libatkan bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari. Akan lebih mudah jika kamu telah memiliki hobi yang identik dengan Jepang. Contoh hobi yang beragam dan identik dengan Jepang bisa kamu lakukan dalam menonton film Jepang, menambah playlist lagu Jepang, maupun membaca komik Jepang.

Baca Juga: Cara mudah berlatih bicara bahasa inggris secara otodidak

5. Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu yang besar. Sumber: unsplash.com

Saat belajar bahasa Jepang melalui film, komik, ataupun lagu, kamu akan banyak menemukan kosakata yang tidak kamu pahami maknanya. Nah, ini dapat kamu pergunakan dengan langsung mencari tahu makna dari kosakata tersebut. Dengan teknologi sekarang kita bisa dengan mudah mencari arti kosakata tersebut di internet dengan menggunakan Google Translate.

Baca Juga: Hal penting mengapa tes toeic harus kamu ikuti

6. Berlatih Berbicara dan Mendengar

Bicara dan Dengar Kalimat Bahasa Jepang. Sumber: unsplash.com

Belajar bahasa Jepang akan lebih terasah bila digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Sesering mungkin kamu harus berlatih berbicara juga mendengarkan kalimat bahasa Jepang. Ini akan membuatmu terbiasa menggunakan dan pastinya mempercepat kamu mahir berbahasa Jepang!

Agar belajar bahasa Jepang lebih disiplin, beberapa cara seperti mengambil les bahasa di suatu lembaga, mencoba melakukan pekerjaan sambilan di restoran Jepang, atau mencari teman orang Jepang untuk latihan berbicara. Cara lainnya, kamu juga bisa latihan berbicara dengan menirukan dialog drama. Dengan begitu, makin sering kamu mendengarkan kalimat bahasa Jepang sehari-harinya dan mengetahui intonasi pada setiap kata yang diucapkan.

Baca Juga: Contoh kalimat offering help beserta artinya

7. Membiasakan Diri Menulis Buku Harian Berbahasa Jepang

Menulis dalam bahasa Jepang. Sumber: unsplash.com

Menulis adalah salah satu merefleksikan otak sejenak dan mengingat sesuatu. Setiap harinya, kamu dapat menulis kalimat-kalimat berbahasa Jepang. Bagi kamu yang sering mengekspresikan ide lewat tulisan kamu bisa mencoba untuk membuat artikel di internet. Bahkan kamu juga bisa mulai menulis kalimat berbahasa Jepang dalam buku harianmu.

Baca Juga: Tips dan trik mudah belajar IELTS

8. Menonton Film Jepang

Nonton film Jepang. Sumber: unsplash.com

Harus diakui bahwa film-film garapan Jepang menjadi salah satu daya tarik sampai Indonesia. Khususnya pada anime yang merupakan hasil karya orang-orang Jepang yang hampir diketahui sebagian besar orang seperti One Piece, Naruto, Basara, Digimon, Dragonball dan lain-lain. karakter-karakter dan alur cerita yang menarik membuat kita sangat familiar dengan film-film Jepang. Dengan adanya film garapan Jepang ini, tidak ada alasan untuk kamu sulit memperoleh bahan untuk belajar bahasa Jepang. Jadi, tontonan film Jepang apa yang paling akrab denganmu?

Baca Juga: Tips dan trip sukses menjawab soal IELTS

9. Membaca Artikel Bahasa Jepang

Membaca artikel berbahasa Jepang. Sumber: unplash.com

Lagi-lagi, untuk upaya memperkaya kosakata ada cara mudah yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membaca. Kamu bisa memulai bacaan yang ringan sampai membiasakan diri membaca artikel berbahasa Jepang. Artikel bahasa Jepang akan membantu kamu untuk menyempurnakan teknik membaca kita dalam bahasa Jepang dengan cepat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kombinasi antara membaca dengan mendengarkan melalui bantuan media televisi ataupun film yang memiliki subtitle berbahasa Jepang.

Baca Juga: Tips lancar presentasi Bahasa Inggris

10. Memanfaatkan Informasi dari Internet

Memanfaatkan internet. Sumber: unsplash.com

Hidup di zaman yang serba digital memungkinkan kita untuk belajar bahasa Jepang dengan cara mudah dengan proses yang singkat. Untuk memanfaatkan internet, kamu bisa mempergunakan sebagai pencarian referensi materi dan soal-soal Jepang. Bahkan sudah banyak aplikasi pendukung dalam smartphone untuk belajar bahasa Jepang, lho. Selain itu, kegunaan media sosial juga bisa kamu gunakan untuk mencari komunitas belajar bahasa Jepang, sehingga kamu akan banyak bertemu orang-orang yang memiliki tujuan yang sama denganmu.

Baca Juga: Tips dan trik sukses menjawab soal TOEFL

Itu dia 10 cara ampuh belajar bahasa Jepang yang dapat kamu pelajari sehari-hari. Kamu dapat mempelajari bahasa Jepang dengan mudah dan cepat, asalkan konsisten untuk membiasakan diri setiap harinya. Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik disini. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *