Tanggal:21 February 2024

Ingin Skor TOEFL 500? 5 Tips dan Trik Ini Bisa Jadi Solusi Untuk Kamu!

Tes kemampuan Bahasa Inggris saat ini sudah umum digunakan untuk beberapa keperluan. Jika kamu salah seorang yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri tentu kamu tidak asing dengan salah satu persyaratan untuk melampirkan hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang telah kamu peroleh, bukan?

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Tes kemampuan Bahasa Inggris bisa kamu dapatkan dengan beberapa macam, salah satunya adalah tes TOEFL. TOEFL atau yang memiliki singkatan Test of English as Foreign Language merupakan tes umum yang menjadi ukuran standar kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. Tes TOEFL juga sering menjadi prasyarat untuk masuk atau lulus dari lembaga pendidikan atau bahkan perusahaan yang sedang kamu lamar. Dengan memperoleh skor tes yang melampaui, lampiran ini bisa menjadi nilai tambah yang kamu miliki.

Tips dan Trik Mengerjakan TOEFL

Untuk mendapatkan skor TOEFL yang memuaskan, kamu tentu harus banyak belajar dan sering berlatih sebelum tes berlangsung. Skor TOEFL diraih dengan dengan jumlah yang beragam, skor antara 220 termasuk kategori skor terendah dan skor 677 skor tertinggi. Namun, skor 500 sering digunakan menjadi acuan standar nilai yang diraih. Jika kamu mencai skor 500, maka kamu sudah memiliki kemampuan Bahasa Inggris di atas rata-rata. 5 tips dan trik menjawab soal TOEFL di bawah ini cocok untuk kamu yang ingin memperoleh skor minimal 500, yuk simak!

1. Gunakan Teknik Membaca Soal yang Tepat

Teknik membaca soal. Sumber: pexels.com

Teknik membaca soal menjadi hal penting dalam setiap tes. Saat tes kamu tidak hanya bertarung dengan soal, tetapi juga dengan waktu. Teknik membaca skimming and scanning bisa digunakan karena dapat membantu mempercepat waktu membaca dan memperoleh informasi penting. Untuk menerapkan teknik membaca ini, kamu perlu mencari kata kunci dalam pertanyaan terlebih dahulu. Cari kata kunci serupa dalam teks bacaan, temukan paragraf yang sesuai dan singkirkan paragraf yang tidak memiliki kata kunci. Menemukan kata kunci dalam pertanyaan bisa mengarahkan kamu ke paragraf yang memiliki poin-poin penting untuk menjawab soal.

Jika setelah berkali-kali kata kunci yang tidak bisa menjawab soal tersebut, kamu bisa melakukan proses eliminasi. Eliminasi bisa kamu lakukan dengan menandai kemungkinan jawaban yang tidak mungkin dan berpotensi salah. Hal ini bisa kamu ukur dengan melihat adanya kalimat atau frasa tidak penting yang masuk ke dalam kalimat dan bagian dari pilihan jawaban mengandung kesalahan grammar. Setelah itu, baca kembali kalimat jawaban yang telah kamu pilih dan yakin jawaban tersebut adalah yang paling tepat. Jika kamu masih juga kesulitan, tinggalkan pertanyaan yang membingungkan dan lanjut mengerjakan pertanyaan lain.

Baca Juga:

2. Hindari Tahapan yang Membuang Waktu

Ketahui model pertanyaan. Sumber: pexels.com

Tips dan trik saat menjawab TOEFL adalah menghindari tahapan yang membuang waktu. Misalnya kamu bisa menerapkan ini pada bagian listening karena kamu memiliki kesulitan dan butuh waktu lebih untuk menyelesaikan bagian ini. Saat perintah tes dibacakan oleh narator, kamu tidak perlu banyak menyimak dan langsung membaca pertanyaan dan pilihan yang sudah dituliskan. Hal tersebut karena instruksi sudah tertulis dalam tes dan sebelumnya kamu juga telah mengetahui alur pengerjaan tes TOEFL. Cara ini akan efektif untuk menggunakan waktu pengerjaan sebaik mungkin.

Baca Juga:

3. Kenali Struktur Kalimat

Kenali struktur kalimat dalam soal. Sumber: pexels.com

Tips dan trik untuk mengenali struktur kalimat tentunya ada pada bagian structure and written expression yang menyangkut dengan kaidah kebahasaan atau grammar Bahasa Inggris. Strategi mudah mengenal struktur kalimat adalah mengidentifikasi subject dan verb pada soal. Pada dasarnya, kalimat Bahasa Inggris akan selalu mempunyai subjek dan kata kerja. Jika terdapat pertanyaan yang kehilangan salah satu dari kedua komponen penting ini, kamu dapat mencarinya dan langsung memilihnya sebagai jawabanmu.

Akan tetapi, adapun beberapa struktur kalimat yang terkadang membuat kamu bingung menentukan subjek dan kata kerja. Hal tersebut bisa kamu atasi dengan perbanyak latihan soal agar terbiasa dengan struktur kalimat pada tes TOEFL.

Setelah mengidentifikasi komponen kalimat; mana yang merupakan subjek, predikat, objek, dan juga kata keterangan, akan lebih mudah bagimu untuk mengetahui pilihan mana yang tepat untuk mengisi kekurangan dalam kalimat yang ditanyakan. Hindari menjawab soal tanpa membaca keseluruhan pertanyaan karena itu akan membuat kamu terkecoh.

Baca Juga:

4. Perkaya Kosakata

Perbanyak kosakata. Sumber: pexels.com

Tes TOEFL sebagai tes formal tentunya menggunakan Bahasa Inggris dunia akademis. Kamu perlu banyak mempelajari kata-kata dalam Bahasa Inggris yang sering digunakan dalam bidang akademis. Dengan banyak mengetahui kosakata formal yang akademis kamu akan lebih mudah mengidentifikasi dan mengartikan kata dalam setiap section. Kamu bisa mempelajari banyak kosakata dengan cara menelusuri berbagai sinonim dalam suatu kata.

Baca Juga:

5. Pelajari Expression Bahasa Inggris

Pelajari expression Bahasa Inggris. Sumber: pexels.com

Expression atau idioms dalam Bahasa Inggris adalah frasa atau kalimat yang sehari-hari diucapkan dalam pembicaraan Bahasa Inggris. Hal ini harus dipelajari karena banyak frasa Bahasa Inggris yang memiliki arti berbeda dengan terjemahannya. Memperbanyak expression Bahasa Inggris akan membuat kamu mudah untuk memahami setiap pertanyaan dan menghindari kekeliruan dalam mengartikan soal.

Baca Juga:

Itu dia 5 tips dan trik menjawab tes TOEFL agar kamu mendapatkan skor minimal 500. Pelajari dan terus berlatih secara maksimal agar kamu terbiasa dalam menjawab tipe-tipe soal TOEFL. Ingin mulai persiapkan tes TOEFL mulai dari sekarang? Kamu bisa akses dengan klik tautan berikut.

toefl untuk cita cita

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *