Tanggal:25 April 2024

Cara Promosi Makanan Lewat Instagram, Maksimalkan Berbagai Peluang!

ilustrasi promosi makanan (pixabay.com)

1. Atur Instagram untuk bisnis

Mengapa sih harus ubah akun instagram menjadi akun bisnis? Tentu saja karena instagram for business itu dilengkapi dengan fitur analytics di mana kamu dapat dengan mudah memantau performa sebuah feed bisnismu melalui traffic dan juga jumlah penambahan follower yang terjadi dalam suatu periode, nih.

Selain itu, kamu juga tak boleh mengunci akun instagram bisnismu, nih. Ya, secara logika, baiamana calon konsumen bisa melihat produkmu kalau akun instagramnya dikunci? Iya sih di satu sisi menyebabkan calon konsumen harus mengikuti akun instagram bisnismu terlebih dahulu agar bisa melihat postinganmu, tapi kalau ia enggan mengikuti terlebih dahulu dan memilih mencari lapak lain saja yang bisa langsung lihat produk tanpa mengikuti terlebih dahulu nantinya siapa yang akan rugi? Tentu saja kamu secara pribadi, ingat lho bahwa pembeli adalah raja.

Maka dari itu, untuk memudahkan calon konsumen melihat produkmu juga mengarahkan lebih banyak pengunjung, maka kamu harus mengatur privasi akun menjadi publik di mana postingan kamu bisa dilihat oleh siapa saja. Jika akses ke profil kamu dibuka untuk umum, maka follower akan mudah melihat produk dagangan kamu dan dengan mudah mencari informasi mengenaik produk kamu, ya.

Baca Juga : Optimasi Instagram Untuk Promosi Bisnis

2. Tarik Pelanggan Dengan Bio Yang Menarik

Bio adalah identitas yang harus dijual kepada pelanggan agar mereka dapat dengan mudah terhubung dengan kamu. Buatlah bio yang singkat, padat, dan jelas dengan cara mengisi informasi yang dibutuhkan seperti alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pemesanan atau tanya-tanya soal produk, dan alamat website jika ada.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan linktr.ee yang memuat semua link yang menuju ke akun sosial media bisnis kamu yang lainnya seperti Twitter dan Facebook. Bahkan link menuju nomor WhatsApp pun bisa dimasukkan ke akun linktr.ee kamu, ya.

Baca Juga : Kata – Kata Promosi Menarik Untuk Bisnis Onlinemu Di Instagram

3. Optimasi Menggunakan Hashtag

Selanjutnya kamu bisa mempromosi produk kamu melalui hashtag, mungkin hashtag sering kali dianggap tidak perlu dan membuat caption jadi terlalu panjang. Itu anggapan yang keliru. Justru hashtag sangat berpengaruh dalam pemasaran bisnis makananmu secara online. Yang mana penambahan hastag memudahkan pemasaran produkmu karena sebagian besar orang saat mencari makanan yang sedang mereka mau lewar fitur hastag, lho.

Baca Juga : 5 Rahasia Laris Manis Di Instagram

4. Aktif Posting Story Dan Feed

Update postigan kamu setiap hari dan perbanyak bercerita tentang produk kamu di instastory. Dengan aktif meng-update postingan Instagram, kamu bisa menaikkan impresi postingan dan bisa menumbuhkan follower secara organik. Selain itu, aktif postingan di instagram juga menjadi pengingat calon konsumen akan adanya produkmu secara terus-menerus, bayangkan saja kalau kamu uploadnya satu bulan hanya sekali postingan, apakah kamu yakin bahwa followermu itu masih ingat akan produkmu? Coba pikirkan baik-baik deh.

Lebih lanjutnya, kerapian postingan feed instagram bisnismu juga perlu untuk diperhatikan, nih. Yang mana sering dilakukan oleh pembisnis dalam mempromosikan produknya secara online karena feed yang rapi cenderung enak dipandang dan mengundang lebih banyak follower yang mengunjungi profil kamu. Sebagai ide feed apa yang cantik dan teratur kamu bisa menggunakan template untuk Instagram bisnis yang dijual atau mebuatnya sendiri agar postingan kamu nampak lebih menarik, nih.

Selain itu juga, jadwal postingan adalah hal yang sangat berpengaruh untuk mengundang like dan komen follower, lho. Para ahli di bidang digital marketing menyarankan untuk memposting 3 kali sehari pada jam tertentu yaitu jam 7-8 pagi, jam 12-13 siang, jam 18-19 malam. Waktu-waktu ini dinilai efektif untuk meningkatkan engagement postingan.

Jadwal postingan perlu diatur sedemikian rupa dan harus diperhatikan juga jumlahnya agar tidak mengganggu follower karena postingan yang berlebihan, ya. Yang mana kalau kamu sudah memiliki kesan menganggu, maka dapat dipastikan pengguna insagram tersebut bisa membatasi akunmu bahkan memblokir akun instagram bisnismu. Jadi, atur jadwal postingan instagram seefektif mungkin, ya.

Baca Juga : Feed Instagram Menarik

5. Buat Konten Menarik

Selain postingan berupa foto, kamu bisa menyelingi postingan dengan video ataupun informasi-informasi yang terkait dengan produk melalui infografis. Sebagian pembisnis juga membuat IGTV yang merupakan film pendek yang dikemas dengan lucu atau emosional untuk membuat follower betah dengan akun bisnismu, nih. Bahkan film pendek yang lucu namun persuasif juga bisa kamu terapkan dengan tujuan akhir tentu saja agar yang melihat konten fulm tersebut tertarik untuk membeli, ya.

Selain itu, caption yang kreatif adalah PR terbesar dari optimasi Instagram untuk promosi bisnis makananmu secara online. Caption yang kreatif adalah caption yang tidak kaku dan menggunakan bahasa copywriting yang baik dan benar, yang mana harus mengandung informasi lengkap dari produk yang dijual. Caption juga sering dikaitkan dengan Call to Action (CTA) yang merupakan sebuah ajakan kepada follower untuk merespon postingan dengan harapan follower akan mengunjungi website atau nomor handphone kamu untuk membeli produk, nih.

Itulah cara promosi makanan lewat instagram yang bisa kita beri untuk kamu, dan jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus Vocasia, kamu bisa klik tautan dibawah ini, jangan sampa ketinggalan diskon!

Baca Juga : Instagram Ads

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *