Tanggal:07 May 2024

Tips Bagi Kamu Pemain Golf Pemula! Jangan Salah Pilih Ya!

Olahraga dapat menjaga kesehatan tubuh kita, olahraga yang bisa bermain sekaligus menyehatkan tubuh setiap orang. Salah satunya olahraga permainan golf, apakah kamu pernah mencoba olahraga permainan golf? Jika belum pernah, simak penjelasan berikut ini, ya! 

Golf merupakan permainan outdoor yang cara memainkannya, yaitu dengan perorangan atau tim yang berlomba untuk memasukkan bola golf ke dalam lubang yang berada di lapangan dengan jumlah pukulan paling sedikit. Bola golf dipukul menggunakan sebuah tongkat khusus yang disebut dengan klab (stik golf).

Aturan utama dalam bermain golf adalah memainkan sebuah bola menggunakan stik golf dari wilayah tee (teeing ground) ke dalam lubang diawali dengan satu pukulan dan beberapa pukulan berikutnya sesuai dengan aturan. 

Cara main golf bukan sekadar melakukan swing yang keras. Perlu pemahaman teknik dasar dalam golf untuk menghasilkan pukulan yang terbaik. Meski terlihat sederhana, siapa sangka bermain golf mudah dimengerti seperti yang terlihat.

Baca JugaIstilah Dalam Golf!

Sebab para pemula harus menguasai teknik hingga membutuhkan latihan rutin agar lebih mahir memainkannya, serta berhasil menjadi pemain profesional. Apakah kamu pernah memainkan golf? Atau belum pernah sama sekali? Ingin mencobanya, namun penasaran bagaimana tips bermain golf dengan mahir? Simak berikut ini ya!

Tips Bermain Golf Bagi Pemula

Ilustrasi Cara Bermain Golf Bagi Pemula (pexels)

Bermain golf bagi pemula bukanlah hal yang gampang, karena bermain golf memerlukan teknik dasar yang harus dilakukan agar mahir dalam memainkannya. Kamu ingin bermain golf baru pemula? Berikut tips, diantaranya:

1. Siapkan Kelengkapan Peralatan Golf

Melengkapi peralatan golf menjadi langkah awal sebelum terjun dalam permainan tersebut. Perlengkapan yang perlu dipersiapkan diantaranya beberapa jenis stik golf sesuai dengan kebutuhan, bola golf, sarung tangan, tee, sepatu olahraga, topi, tas golf, pakaian golf, dan banyak peralatan lainnya.

Baca JugaTips memilih seragam golf!

Jangan khawatir! Kamu bisa mencari semua peralatan yang dibutuhkan untuk bermain golf sudah bisa dibeli di toko olahraga terdekat atau membelinya secara online. Banyak pilihannya dapat disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Tentu saja memiliki berbagai peralatan bermain golf sendiri memudahkan kamu untuk mulai belajar kapanpun ketika dibutuhkan.

2. Pahami Peraturan Dasar Golf 

Sebelum kamu memulai permainan golf, kamu harus memahami peraturan dasar dari permainan ini. Olahraga golf sendiri memiliki total 18 lubang pada setiap ronde yang dimainkan. Adapun jenis game juga terbagi menjadi dua jenis, yakni match play dan stroke play. Saat awal permainan, pukulan pertama biasa disebut sebagai teeing ground (tee shot). Namun apabila dalam satu permainan terdapat empat orang pemain, maka akan dibagi menjadi dua tim (foursomes). 

Olahraga golf memiliki penilaian yang berbeda dibanding olahraga lain. Permainan golf, semakin sedikit pukulan yang dilakukan pemain hingga bola masuk ke dalam lubang, maka pemain tersebut yang berhak mendapatkan kemenangan.

3. Belajar Untuk Mengenai Bagian-Bagian Dari Lapangan

Selain itu, kamu perlu memahami bagian-bagian dari lapangan golf agar saat bermain mengetahui peraturan apa saja yang tidak bisa dilanggar dalam teknik bermain di lapangan, tiap lapangan golf terdiri dari 5 dasar bagian-bagian, termasuk juga tee box. Bagian lain dari lapangan golf, diantaranya:

  • Fairway merupakan bagian dari lapangan yang rumputnya dipangkas pada antar tee box dan green.
  • Rough merupakan area yang memiliki rumput luar atau kurang dipangkas yang akan membatasi fairway.
  • Putting green atau green merupakan lokasi lubang pada tiap fairway.
  • Hazard juga biasa disebut jebakan (trap). hazard merupakan elemen yang memang sengaja diletakkan dan dirancang khusus untuk menjadikan sulit bola golf keluar. Hazard yang sudah biasa diletakkan termasuk jebakan pasir atau juga genangan air. Kenali Tongkat Golf, diataranya:

Dengan kamu memahami teknik dasar dari bermain golf apa saja, kamu juga perlu memahami semua alat yang digunakan dalam permainan golf ini, salah satunya tongkat golf. Setiap tongkat golf mempunyai ciri fisik yang berbeda-beda dan juga digunakan untuk jenis-jenis pukulan bola yang berbeda juga, diantaranya: 

  • Wood mempunyai kepala yang lebar dan umumnya dibuat dengan bahan yang cukup ringan, semisal kayu atau logam ringan. Wood dipakai untuk waktu memukul atau “drives” bola panjang jarak yang begitu jauh.
  • Iron lebih kecil daripada wood, dan umumnya dibuat dari bahan logam yang lebih berat. Biasanya iron dipakai untuk tembakan dengan jarak sedang atau jarak pendek.
  • Putter adalah tongkat khusus buat digunakan pada putting green. Penguasaan yang tepat pada arah dan kecepatan guliran bola, bisa menghasilkan perbedaan antara bridle dan bogey. Putter memiliki ukuran kecil dan biasanya dibuat dari logam yang ringan. 

Untuk kamu yang sebagai pemula, perlu menguasai beberapa teknik dasar dalam bermain golf. Salah satunya, cara termudah untuk belajar main golf adalah dengan melihat pemain golf sebelum memukul bola.Teknik dasar yang bisa diamati dari gerakan mereka adalah postur, genggaman pada stik golf, dan posisi kuda-kuda saat bermain. Sebelum melakukan pukulan, mereka biasanya memiliki urutan yang spesifik dimana hal tersebut menjadi rutinitas pra-tembakan yang membantu mereka bermain dengan baik.

6. Gunakan Kekuatan Tubuh

Salah satu pemahaman yang salah dalam olahraga permainan golf adalah dekat atau jauhnya pukulan bergantung pada ayunan tangan. Pemahaman ini sebenarnya salah, karena pukulan yang maksimal adalah pukulan yang berasal dari gerakan sentrifugal dari badan. Nah, bagi kamu para pemula. Latih terus gerakan sentrifugal untuk mendapatkan pukulan yang terbaik. Meski berbadan kecil, pukulan yang dihasilkan pun akan memiliki jarak yang jauh.

7. Kuasai Gerakan Swing Yang Benar

Kamu yang sebagai pemula, jangan menganggap permainan ini terlalu mudah untuk dimainkan, memang terkesan sepele, ternyata gerakan memukul bola golf tidaklah mudah dari yang dibayangkan. Sebab para pemula harus memahami gerakan swing yang benar untuk menghasilkan poin yang tinggi. Apalagi gerakan swing masih belum benar, tentu saja kamu perlu melatihnya terus menerus hingga mahir melakukannya.

8. Hindari Memukul Jauh

Keinginan untuk memukul bola hingga jauh menjadi gejolak yang ingin dilakukan oleh para pemula. Dibandingkan berlatih memukul jauh, lebih disarankan untuk berlatih memukul dalam jarak dekat. Cara ini membantu kamu mengetahui apakah pukulan bola telah berjalan tegak lurus dengan posisi stik atau justru melenceng jauh dari target yang diinginkan.

Kamu juga perlu memastikan ayunan saat memukul bola sudah tepat atau belum. Perhatikan pula posisi permukaan stik agar tegak lurus dengan permukaan bola golf. Banyak sekali hal yang perlu diperhatikan sebelum memukul bolanya. Dengan mengetahui trik bermain yang tepat, otomatis kamu bisa melayangkan pukulan jauh tanpa meleset.

9. Meminta Bantuan Kepada Pembimbing

Kamu sebagai pemula sudah belajar memahami beberapa teknik dasar dalam permainan golf ini? Merasa kesulitan untuk belajar secara otodidak? Tidak ada salahnya meminta bantuan kepada pembimbing yang berpengalaman dengan tips mahir bermain golf terbaik.Dengan cara ini, para pemain pemula bisa mendapatkan materi bermain golf lebih dalam langsung dari sang ahli. Ketika materi dipahami lebih dalam, otomatis bisa menguasainya dalam waktu lebih cepat.

10. Rajin Berlatih

Seperti mendalami cara permainan lainnya, kamu juga perlu berlatih golf secara rutin agar semakin mahir memainkannya. Semakin sering berlatih, otomatis dapat membantu kamu melangkah sedikit lebih dekat dengan kemenangan. Secara tidak langsung, rajin berlatih juga dapat memperkuat mental bagi para pemain pemula.

Rajin berlatih saja tidaklah cukup dilakukan ya! Karena, mempelajari teknik belajar, memahami dasar dan jalannya permainan, hingga memahami area berlatih termasuk hal penting untuk dipelajari. Selain mempelajari materinya, kini saatnya menerapkan semua pembelajaran yang telah didapatkan sebelumnya di lapangan asli.

Baca Jugahttps://vocasia.id/blog/olahraga-hoki/

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar lebih mahir menguasai permainan golf. Lakukan secara rutin dan serius memang bisa mengantarkanmu pada kemenangan, namun jangan lupa untuk merasakan saat memainkannya. Ketika merasa enjoy, maka berlatih akan terasa lebih menyenangkan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *