Tanggal:14 May 2024

6 Cara Jitu Budidaya Bunga Melati agar Cepat Berbunga

Cara budidaya bunga melati.

Siapa yang suka dengan wangi bunga melati yang semerbak? Apakah kamu salah satunya? Bunga melati menjadi salah satu bunga yang paling mudah dilakukan. Hal itu karena membudidayakan bunga ini, kamu tak membutuhkan teknik-teknik budidaya yang sulit. Cara perawatannya pun tergolong mudah. Selain itu, kamu juga tak perlu punya lahan budidaya yang luas. Dengan hanya memanfaatkan pekarangan rumah atau pot dan polybag, kamu sudah bisa langsung memulai budidaya bunga melati tersebut. Meskipun tanaman ini memiliki bunga yang tergolong kecil, tetapi hal itu berbanding terbalik dengan wangi bunganya yang sangat kuat. Belum lagi dengan bentuk tanaman dan bunganya yang cantik. Oleh karena itu, banyak orang akhirnya membudidayakan bunga melati di pekarangan rumah untuk mempercantik tampilan rumah mereka.

Selain itu, dikarenakan wanginya yang harum, bunga melati ini juga akhirnya banyak dibudidayakan untuk membuat minyak wangi atau parfume, kosmetik, tambahan di dalam teh, dan lain sebagainya. Melihat banyaknya kebutuhan dan manfaat bunga melati ini, akan terasa rugi jika kamu tak segera memulai budidayanya. Nah, berikut cara-cara budidaya bunga melati agar cepat berbunga untukmu.

1. Syarat Budidaya Bungan Melati

Syarat budidaya.
Syarat budidaya. Sumber: Pexels

Cara budidaya bunga melati agar cepat berbunga #1 yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dan memahami syarat tumbuh kembang dari bunga melati ini. Nah, apa saja persyaratan yang harus kamu pahami tersebut?

  1. Wilayah budidaya harus memiliki curah hujan sekitar 112 – 119 mm per tahun.
  2. Wilayah tersebut juga paling tidak memiliki suhu sekitar 28 – 39 derajat celcius di siang hari dan sekitar 24 – 30 derajat celcius di malam hari.
  3. Wilayah budidaya harus memiliki kelembapan udara sekitar 50 – 80%.
  4. Tempat yang akan dilakukan budidaya harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  5. Bunga melati bisa tumbuh dengan optimal di media tanam berupa tanah podsolik merah kuning, latosol dan andosol.
  6. Bunga melati juga bisa tumbuh dengan subur jika ditanam di tanah yang bertekstur pasir, gembur, liat, subur, kaya akan zat hara, dan memiliki drainase yang baik.
  7. Media tanah tersebut harus memiliki tingkat keasaman sekitar 5 – 7.
  8. Bunga melati ini bisa tumbuh dengan optimal jika dibudidayakan di wilayah yang memiliki ketinggian sekitar 100 – 1600 m dpl.
  9. Ketinggian tersebut berbeda-beda untuk jenis varietas bunga melati yang ada.

2. Pembibitan dan Penyemaian Bunga Melati

Pembibitan dan penyemaian melati.
Pembibitan dan penyemaian melati. Sumber: Pexels

Setelah mengetahui persyaratan budidaya, maka cara budidaya bunga melati agar cepat berbunga #2 adalah melakukan pembibitan dan penyemaian. Bibit yang akan dibudidayakan berupa batang atau stek.

  1. Persiapan media semai. Penyemaian dapat dilakukan di polybag atau di dalam pot. Setelah itu, buat beberapa lubang kecil di bawah polybag atau pot tersebut agar air tidak mengendap di dalamnya. Kemudia, memasukkan media semai berupa campuran tanah dan pupuk ke dalam wadah.
  2. Lakukan penyemaian dengan cara memasukkan stek batang ke dalam media semai yang telah disiapkan tadi. Setelah itu, kamu bisa menutup wadah semai hingga kelembapan bisa tetap terjaga.
  3. Setelah stek ditanam, maka perlu dilakukannya pemeliharaan sehingga stek bisa tumbuh dengan baik. Nah, pemeliharaannya bisa dilakukan dengan cara melakukan penyiraman sekitar 1 – 2 kali sehari. Bibit tersebut juga harus terkena sinar matahari setiap hari. Setelah berumur 3 bulan, bibit dapat dipindahkan ke lahan budidaya.

3. Pengolahan Lahan Budidaya Bunga Melati

Lahan budidaya
Lahan budidaya. Sumber: Pexels

Cara budidaya bunga melati agar cepat berbunga #3 adalah mengolah dan mempersiapkan lahan budidaya yang akan digunakan. Nah, bagaimana cara melakukan pengolahan lahan budidaya ini?

  1. Lakukan pembukaan lahan dengan cara membersihkan lahan tersebut dari batu, akar tanaman sisa, gulma dan sebagainya. Setelah dibersihkan, cangkul lahan tersebut sedalam 30 – 40 sentimeter, sehingga tanah menjadi gembur. Setelah itu, diamkan tanah selama 15 hari.
  2. Buat bedengan dengan ukuran lebar 100 – 120 sentimeter, tinggi 30 – 40 sentimeter. Adapun jarak antara bedengan sekitar 40 – 60 sentimeter.
  3. Lakukan pengapuran jika pH tanah tidak sesuai persyaratan yang telah dijelaskan sebelumnya.
  4. Berikan pupuk pada lapisan atas bedeng dan campur secara merata.

4. Penanaman Bunga Melati

Penanaman bibit.
Penanaman bibit. Sumber: Pexels

Setelah bibit disemai dan lahan telah dibuat, maka cara budidaya bunga melati agar cepat berbunga #4 adalah melakukan penanaman. Proses penanamannya sangat sederhana. Kamu bisa membuat lubang di bedengan yang telah dibuat. Setelah itu, sobek polybag dan masukkan tanaman beserta akarnya ke dalam lubang tersebut. Pastikan agar akar tanaman bersentuhan langsung dengan tanah. Setelah itu, tutup kembali lubang dengan tanah galian.

5. Perawatan dan Pemeliharaan Bunga Melati

Perawatan melati.
Perawatan melati. Sumber: Pexels

Setelah tanaman ditanam, maka cara budidaya bunga melati agar cepat berbunga #5 adalah melakukan perawatan dan pemeliharaannya. Nah, apa saja perawatan yang perlu dilakukan agar tanaman cepat berbunga?

  1. Lakukan penyiraman secara rutin, maksimal 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.
  2. Berikan pemupukan 3 bulan sekali sesuai dosis.
  3. Lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh di sekitar tanaman melati.
  4. Lakukan juga penyulaman pada tanaman yang mati.
  5. Terakhir, lakukan pemangkasan sehingga tanaman bisa tumbuh sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

6. Masa Panen Bunga Melati

Panen melati.
Panen melati. Sumber: Pexels

Jika tanaman telah dirawat dengan baik, maka cara budidaya bunga melatih #6 adalah melakukan pemanenan. Proses ini bisa dilakukan jika kamu membudidayakannya untuk usaha seperti parfume, teh, dan lainnya. Namun, jika kamu membudidayakannya untuk hobi atau hiasan rumah, maka proses ini tak perlu untuk dilakukan. Nah, bagaimana proses panennya?

  1. Melati dapat dipanen ketika memasuki usia 6 bulan.
  2. Pemetikan bunga harus dilakukan pada pagi hari, yang mana suhu tidak terlalu panas.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *