Tanggal:19 May 2024
Profesi guru. Sumber: pexels.com

10 Cara untuk Siswa agar Disukai Guru, Dijamin Bakal Jadi Siswa Favorit!

Guru adalah jembatan ilmu bagi setiap siswa dan siswi. Tanggung jawab yang diemban seorang guru dalam memberikan penilaian kepada siswanya di sekolah ditentukan dari seberapa besar usaha belajar yang dilakukan. 

Kursus online IELTS Vocasia

Suasana belajar yang menyenangkan akan sangat mendukung di kelas, baik untuk siswa maupun guru pengajar. Namun, akan jadi nilai tambah jika guru pun ikut senang mengajar peserta didiknya.

Ingin tahu bagaimana cara agar disukai guru di sekolah? Ingin mendapatkan nilai tambah dari guru pengajar? Mari ikuti beberapa cara di bawah ini.

Baca juga: Cara Bikin Kartu Pra-Kerja

Cara disukai Guru di Sekolah

Cara disukai guru. Sumber: pexels.com

Bagi kamu siswa yang masih menduduki bangku sekolah, yuk terapkan beberapa cara di bawah ini agar dapat disukai guru!

1. Mengenal Karakter Guru

Mengenali kepribadian guru dengan cara telusuri bagaimana tipe siswa yang disukainya dan apa saja syarat menjadi siswa favoritnya. Kamu bisa melihat hal tersebut dengan cara mengenal kepribadiannya yang ditunjukkan di berbagai kelas, dengan begitu tinggal usaha kamu untuk memenuhi syarat-syarat tersebut.

2. Aktif Berkontribusi dalam Kelas

Menjadi siswa aktif dalam kelas baik saat menjawab pertanyaan maupun saat mengajukan pertanyaan adalah hal umum yang perlu dilakukan siswa agar guru mengetahui keberadaannya. Terkadang, banyaknya siswa membuat guru memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghafal satu persatu. Saat kamu terbiasa aktif dalam kelas, kamu akan lebih mudah untuk dikenali dan menjadi salah satu orang yang diperhatikan guru dibanding mereka yang hanya duduk menyimak. 

3. Rajin Sekolah

Setiap guru pasti senang memiliki murid yang rajin. Oleh karena itu, kamu perlu bersikap rajin dengan menunjukkan sikap-sikap seperti tidak pernah terlambat masuk kelas maupun mengumpulkan tugas, mengerjakan tugas dengan baik, dan aktif saat dimintai bantuan. Hal paling utama adalah rajin ke sekolah dan tidak bolos adalah bukti kesungguhan siswa dalam menuntut ilmu.

4. Memiliki Kepribadian yang Baik

Untuk menjadi siswa yang disenangi guru, kamu juga perlu memiliki kepribadian yang baik. Hal tersebut adalah dengan menunjukkan kejujuran, hormat, sopan, disiplin, suka membantu, rendah hati, dan tidak sombong. Kepribadian yang baik ini tidak hanya akan disenangi oleh guru, kamu pun akan disenangi oleh lingkungan yang ada di sekitarmu. Sikap-sikap tersebut tidak boleh hanya dilakukan untuk menarik perhatian guru ya, tetapi lakukan di lingkungan sosialmu juga!

5. Giat dan Fokus saat Pembelajaran

Siswa yang giat belajar akan menjadi kebanggaan orang tua juga guru pengajarnya di sekolah. Dengan giat, fokus, disertai dengan tekun belajar tentu akan membuahkan hasil dan prestasi yang akan membuat guru merasa berhasil dalam mendidik siswa. Masih adanya siswa yang tidak fokus dan konsentrasi pada saat menyimak materi, hanya akan memancing kemarahan guru karena merasa penyampaiannya tidak dihargai. Agar terhindar dari hal tersebut, maka fokuslah dalam menerima materi. Tidak ada ruginya jika kamu menyimak beberapa jam materi penyampaian guru karena hal tersebut juga akan memudahkan kamu.

Baca juga: Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris

6. Mengerjakan Tugas Tepat Waktu

Usaha dan kerja keras adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi agar mendapatkan nilai yang memuaskan. Dengan demikian, guru bisa menilai bahwa siswa yang rajin mengerjakan tugas tepat waktu adalah mereka yang bersungguh-sungguh dalam belajar.

7. Senyum, Salam, dan Sapa

Saat kamu secara tidak sengaja berpapasan dengan guru di luar sekolah apa yang akan kamu lakukan? Kamu tidak perlu sungkan untuk melakukan senyum, sapa, dan salam saat bertemu dengan guru. Tersenyum dan ramah pada setiap orang adalah suatu kewajiban yang perlu dilakukan. Sama halnya kepada guru pun pasti senang jika memiliki siswa yang melakukan senyum, sapa, dan salam. 

8. Tunjukkan Prestasi Akademik

Agar keberadaanmu juga dikenal guru, kamu dapat mencetak berbagai prestasi sebanyak mungkin. Akan lebih terlihat apabila kamu mendapatkan penghargaan secara akademis, tetapi kamu juga bisa berprestasi di bidang non akademis. Hal tersebut tidak hanya memiliki kebanggan terhadap guru dan sekolah, kamu pun akan ikut bangga pada dirimu sendiri. Kedua hal tersebut sama baiknya, asalkan kegiatan yang wajib jangan sampai tertinggal, ya. 

9. Selalu Berusaha Keras

Kerahkan seluruh potensi terbaik yang bisa kamu berikan. Kamu dapat menunjukkannya saat ujian berlangsung dengan memberikan hasil terbaik darimu agar guru merasa senang atas keberhasilan didikannya. 

Baca Juga: Apa itu Negosiasi?

10. Semangat dalam Belajar

Tunjukkan semangat disertai hati riang dan motivasi yang penuh dalam menerima pembelajaran. Hal tersebut akan menunjukkan kepada guru semangat yang kamu berikan saat proses pembelajaran berlangsung. 

Baca juga: Langkah-langkah Negosiasi Gaji Saat Interview

Itu dia 10 cara bagi siswa untuk disukai guru. Hindari hal-hal yang buruk yang dapat membuat guru tidak menyukai kepribadianmu. 

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Vocasia adalah platform online penyedia kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu semakin meningkat! Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Simak Cara Berbisnis Franchise Mie Gacoan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *