Tanggal:10 May 2024

Mau Negosiasi Gaji Saat Interview? Berikut Langkah-Langkahnya!

Gaji merupakan salah satu hal yang para jobseeker akan lihat pada saat pertama kali sesi interview berlangsung. Selain posisi dan tugas-tugas yang akan dikerjakan nantinya, kita pasti akan mempertimbangkan juga gaji yang akan diterima setiap bulannya, sebagai pembayaran atas hasil kinerja kita selama satu bulan di suatu perusahaan. Kamu sendiri ingin gaji berapa sih saat pertama kali bekerja? 

Untuk first jobber sendiri, pastinya sulit untuk melakukan hal negosiasi. Hal ini terjadi karena kamu sedang mencari pekerjaan pertamamu. Tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena gaji kamu juga dapat ditambah dengan melihat kondisi yang dapat kamu jelaskan, seperti jarak ke kantor sebagai contoh, dan lain-lain. Jadi cara-caranya gimana aja sih? Yuk kita lihat bareng-bareng!

Baca Juga :

5 Posisi Dalam Perusahaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Kisaran Gaji Seorang Brand Ambassador

1. Cari Tahu Gaji Kisaran Pada Posisi Yang Kamu Lamar 

Sebelum kamu melakukan interview, pastikan kamu melakukan sedikit research dulu tentang posisi yang kamu lamar, salah satu hal yang spesifik adalah gajinya! Dengan kamu tahu berapa kisaran gaji di posisi kamu, kamu jadi tahu standar nominal yang akan kamu perjuangkan, atau bisa lebih. 

Baca Juga : Pekerjaan-Pekerjaan Wanita Dengan Gaji Tinggi

2. Pastikan Kamu Sudah Tahu Mau Negosiasi Di Angka Berapa 

Setelah kamu sudah tahu berapa kisaran gajinya di posisi yang kamu lamar, jangan lupa untuk mau negosiasi di angka berapa ya saat nanti proses negosiasi berlangsung! Jangan sampai kamu nanti malah bingung saat sudah proses negosiasi berlangsung.

Baca Juga : Mengenal Contoh Pemotongan Gaji Karyawan

3. Jangan Terlalu Fokus Untuk Meningkatkan Gaji!

Walaupun gaji sangat penting untuk dipertimbangkan, sebaiknya tidak terlalu fokus ya! Hal ini agar kamu juga dapat mempertimbangkan hal lain, seperti posisi dan jabatan, pekerjaan yang akan dikerjakan setiap harinya, lingkungan dan jarak kantor, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Mengenal Berapa Gaji Youtuber

4. Jangan Sampai Kamu Tidak Sopan & Ramah Saat Negosiasi Berlangsung 

Pastikan kamu selalu sopan dan ramah saat negosiasi berlangsung. Kamu harus menunjukan bahwa gaji bukanlah isu yang harus kamu perjuangkan banget, lihatkan bahwa kamu kayak dan kredibel untuk mendapatkan yang lebih.

Baca Juga : Cara Tepat Menjawab Gaji Yang Diharapkan Saat Interview

5. Keluarkan & Ceritakan Kemampuan Yang Kamu Miliki 

Selain itu, buat dirimu layak untuk mendapatkan lebih saat negosiasi dalam interview berlangsung. Mulai dari pengalaman, latar belakang, hingga skill-skill yang kamu miliki. Jangan sampai kamu lupa untuk menyampaikan hal-hal ini pada saat negosiasi atau interview berlangsung ya!

Baca Juga : Deretan Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Dunia

6. Banyak Tanya Terkait Perusahaan 

Kamu juga dapat bertanya banyak terkait perusahaan yang sedang kamu lamar. Mengapa begitu, hal ini membuat kamu terlihat seperti sangat tertarik dan rasa ingin tahu yang positif tentunya sebagai jobseeker. Semakin banyak bertanya, semakin tinggi chances kamu mungkin mendapatkan pekerjaan tersebut lho!

Baca Juga : 9 Pekerjaan Yang Memiliki Gaji Besar

7. Selalu Terlihat Santai & Tersenyum 

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk santai dan senyum. Jangan tegang-tegang banget ya, agar proses interview dan negosiasi nanti berjalan lancar dan nyaman untuk dilewati.

Kalau kamu nanti ada di skenario dimana kamu harus dan ingin melakukan negosiasi gaji, sudah tahu ya cara-caranya bagaimana! Selamat mencoba!

Baca Juga ;

Beberapa Pekerjaan Gaji Besar, Kerja Santai

Deretan Pekerjaan Dengan Gaji Kecil

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *