Tanggal:16 May 2024

5 Film Kartun Favorit yang Mendidik Cocok untuk Ditonton Anak!

Siapa di antara kamu yang masih bingung untuk menghabiskan waktu bersama si kecil? Atau mungkin menghabiskan waktu bersama adik tersayang kamu di rumah? Kamu bisa nih menonton film kartun untuk menghabiskan waktu bersama. 

Saat ini film kartun tidak hanya bisa ditonton di bioskop, kamu bisa memilih beberapa film kartun yang mendidik untuk ditonton di rumah. Selain lebih aman dan mengikuti arahan untuk di rumah saja, menonton film bisa menjadi salah satu momen untuk menghangatkan kembali suasana rumah. 

Menonton menjadi sarana hiburan yang menarik dan membuat anak lebih banyak belajar hal baru dalam mengasah bakat dan imajinasi. Setelah menonton film, tanya kepada anak atau adikmu mengenai kesan dan pesannya mengenai film yang baru ditonton untuk melatih kemampuan berbicara dan berpendapat.

Sudah punya daftar rekomendasi film kartun favorit yang mendidik? Yuk simak beberapa film di bawah ini!

Baca juga: Ancaman Bisnis Coffee Shop

 

Film Kartun yang Mendidik

Berikut kami telah merangkum 5 rekomendasi film kartun anak yang mendidik dan bisa kamu tonton bersama si kecil. Simak ulasannya berikut!

1. Up

Film Up sudah sering ditayangkan dalam berbagai stasiun televisi. Biasanya penayangan film ini dilakukan pada hari perayaan tertentu atau hari libur nasional.

Film Up bercerita tentang petualangan menuju Paradise Falls yang dilakukan oleh seorang kakek tua bernama Carl bersama anak kecil yang tergabung dalam kegiatan pramuka bernama Russel.

Petualangan dimulai saat Carl memutuskan untuk mengangkat rumahnya dengan ribuan balon untuk dibawanya dalam perjalanan menuju Paradise Falls untuk mewujudkan impiannya bersama sang istri yang telah meninggal.

Film Up mengajarkan berbagai hal mengenai usaha pantang menyerah dan arti persahabatan yang tak kenal usia. Selain itu, kamu juga bisa menyampaikan pesan moral tentang pentingnya menabung dan cara menghadapi masalah.

Baca juga: Cara Menjadi Agen Aqua Galon

2. Zootopia

Tokoh dari film Zootopia adalah hewan-hewan yang digambarkan layaknya kehidupan manusia. Film menceritakan seekor kelinci bernama Judy Hopps yang masuk ke dalam akademi kepolisian di Zootopia Police Department. 

Perbedaan postur tubuh Judy yang mungil kerap kali dianggap lemah, berbeda dengan teman-temannya yang memiliki badan yang gagah, besar, dan kuat. Alasan tersebut membuat Judy selalu diberikan banyak tugas yang mudah, yaitu hanya sebagai tukang parkir. Judy tak pernah diberi kesempatan untuk menunjukan keahliannya di bidang kepolisian.

Zootopia memberikan pesan mendidik seperti melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya, tidak menganggap remeh orang lain, dan selalu percaya diri dengan kemampuan.

3. Inside out

Film Inside Out yang dirilis tahun 2015 merupakan produksi dari Disney yang bercerita tentang segala pikiran seorang anak kecil bernama Riley berusia 11 tahun yang mengalami perubahan dalam setiap perasaannya.

Riley perlu menyesuaikan diri dengan suasana yang baru karena mengikuti kepindahan pekerjaan ayahnya ke San Fransisco. Kondisi ini membuat Riley merasakan berbagai emosi seperti jijik, bahagia, sedih, marah dan takut.

Emosi berbentuk animasi menggemaskan terpusat di dalam pikiran Riley sangat menghibur penonton. Film Inside Out mengajarkan si kecil untuk mengenal jenis-jenis emosi, mengendalikan emosi dengan baik, dan mengajarkan cara menyesuaikan emosi yang ingin disampaikan dalam situasi apapun.

Baca juga: Macam To Be dalam Bahasa Inggris

4. Coco 

Coco menceritakan seorang anak laki-laki bernama Miguel yang mencintai musik. Namun, sayangnya ia tumbuh di keluarga yang sangat menentang musik karena kepercayaannya menyebutkan bahwa musik adalah kutukan.

Miguel berjuang untuk mempertahankan mimpinya hingga ia tersesat dan berpetualang ke dunia lain dimana orang-orang tersebut sudah meninggal. Hal tersebut dilakukannya untuk dapat bertemu dengan kakeknya yang telah meninggal dan meninggalkan jejak soal permusikan.

Film Coco mengandung pesan moral di dalamnya dengan mengingatkan perilaku jujur, keluarga sebagai harta yang paling berharga, dan mengajarkan untuk pantang menyerah dalam meraih cita-cita yang diimpikan.

5. Nussa (2021)

Tidak hanya film garapan luar negeri, ternyata kartun lokal buatan Indonesia juga direkomendasikan untuk ditonton, lho. Kartun berjudul Nussa adalah film kartun karya Indonesia yang mendapatkan respons positif sejak perilisannya pertama kali di akun YouTube Nussa Official.

Kartun Nussa banyak berkisah tentang kakak beradik bernama Nussa dan Rara. Kartun ini mengedukasi anak hal-hal baik yang dianjurkan oleh agama. Selain itu, dalam kartun ini diiringi lagu-lagu Islami yang dikemas dengan baik sehingga mudah dihafal oleh anak-anak.

Bagi kamu yang sering ke bioskop mungkin melihat Nussa juga telah memproduksi film perdananya pada tahun 2021, lho. Film tersebut tayang di seluruh bioskop di Indonesia! Jika kamu memiliki waktu luang, film terbaru ini bisa menjadi salah satu rekomendasi film kartun mendidik yang harus ditonton.

Baca juga: Universitas yang Menerima Lulusan SMK

 

Itu dia 5 rekomendasi film untuk kamu habiskan bersama si kecil. Agar waktu yang dihabiskan semakin berkualitas, kamu bisa mengajak sanak saudara untuk menonton bersama-sama, ya!

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Vocasia adalah platform online penyedia kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu semakin meningkat! Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Keuntungan Belajar Online

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *