Tanggal:13 June 2024

Franchise Sabana Fried Chicken: Syarat, Modal, dan Caranya

Cara franchise Sabana Fried Chicken.

Bisnis kuliner bisa dibilang merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Mengapa demikian? Hal itu karena manusia selalu membutuhkan makanan setiap harinya. Bahkan dalam sehari, mereka bisa mengonsumsi makanan tiga kali. Hal tersebut belum termasuk camilan-camilannya. Darinya, tak mengherankan jika akhirnya banyak bisnis kuliner yang buka, salah satunya bisnis kuliner fried chicken. Bagi kebanyakan orang yang tak ingin ribet dan ingin memakan makanan yang simpel dalam waktu yang cepat, fried chicken menjadi salah satu pilihan terbaik.

Telah banyak orang menjual fried chicken, baik itu di pinggir jalan atau perusahan-perusahaan yang telah memiliki branding baik, seperti Sabana Fried Chicken. Sabana Fried Chicken adalah restoran cepat saji yang menjual ayam goreng kripsi. Banyak orang memilih membeli fried chicken di Sabana karena rasanya yang dinilai sangat nikmat, bahkan hingga mendatangkan banyak pelanggan yang loyal. Adanya peluang tersebut tentunya akan sangat menguntungkan untukmu jika membuka frachise Sabana Fried Chicken yang sudah jelas target dan brandingnya ini. Nah, untukmu yang tertarik frachise Sabana Fried Chicken, berikut beberapa caranya. Langsung saja, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Tentang Sabana Fried Chicken

Tentang Sabana Fried Chicken.
Tentang Sabana Fried Chicken. Sumber: Pexels

Sabana Fried Chicken telah dirintis di Indonesia sejak tahun 2006. Namun, namanya baru terkenal di telinga masyarakat pada tahun 2016 melalui ekspostru dari sebuah media. Sabana Fried Chicken ini lahir dari sebuah keprihatinan yang dirasakan oleh pendirinya mengenai kualitas daging ayam yang dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Melihat kualitas ayam yang digunakan buruk, akhirnya timbul pemikiran di benaknya untuk menciptakan sajian ayam yang berasal dari kualitas yang baik dengan prosedur yang sehat juga.

Itulah yang menjadi cikal bakal dilahirkannya Sabana Fried Chicken. Meskipun tak seterkenal sekarang, pada awal dirintis, Sabana Fried Chicken juga telah menunjukkan eksistensinya. Meskipun tak sebesar perusahaan lain yang menjual ayam goreng krispi seperti KFC, namun hingga tahun 2020, secara keseluruhan Sabana Fried Chicken telah memiliki sekitar 2053 mitra yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera. Selain itu, Sabana Fried Chicken ini juga semakin berkembang dengan mengeluarkan inovasi baru bernama Sabana Plus yang merupakan paket usaha yang mengusung konsep dine in. Hingga akhir tahun 2020, telah dibuka dua outle Sabana Plus yang keduanya berada di kota Bekasi.

Dengan pemiliknya yang memiliki latar belakang hidup yang religius, maka tak mengherankan jika akhinya perusahaannya ini juga menerapkan banyak kebijakan yang berdasarkan hukum Islam. Misalnya saja mengenai cara penyembelihan ayamnya  yang harus sesuai dengan tata cara yang diajarkan di agama Islam.

2. Menu yang Dijual di Sabana Fried Chicken

Menu yang dijual.
Menu yang dijual. Sumber: Pexels

Sabana Fried Chicken terkenal dengan menunya yang berupa ayam goreng tepung krispi. Namun, meski begitu, Sabana juga menyajikan berbagai menu lainnya. Sesuai konsepnya yang merupakan restoran cepat saji, berbagai menunya juga diciptakan dengan praktis dan efisien. Misalnya saja menu seperti burger atau french fries. Selain menyajikan menu ayam goreng tepung krispi, Sabana juga menawarkan menu variatif berbahan ayam seperti chicken strips dan chicken wings yang bisa dipilih oleh para pembelinya. Nah, untuk para pembeli yang menginginkan makanan khas Indonesia, Sabana juga membuat menu makanan khas Indonesia seperti ayam goreng geprek. Selain itu, Sabana juga membandrol makanan-makanannya tersebut hanya sekitar Rp 8 – 10 ribu. Harga ini berlaku untuk semua outlet dan sudah diatur sedemikian rupa oleh pihak menejemen untuk menjaga kompetisi dan standarnya. Itulah mengapa banyak orang akhirnya memilih untuk makan di Sabana karena murah dan rasanya yang dijamin enak.

3. Syarat Franchise Sabana Fried Chicken

Syarat franchise.
Syarat franchise. Sumber: Pexels

Untuk kamu yang berkeinginan membuka franchise Sabana Fried Chicken, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Nah, apasajakah persyaratan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Kamu harus memiliki lokasi usaha yang strategis.
  2. Kamu juga harus membayar biaya kemitraan yang akan dijelasnya setelah ini.
  3. Kamu harus mengisi formulir kemitraan dengan benar dan lengkap.

Sayangnya, untuk kamu yang berkeinginan membuka franchise di area Jabodetabek, hal tersebut sudah tidak bisa lagi karena sudah penuh. Untuk itulah, kamu bisa membuka outletnya di daerah lain seperti Jawa Timur atau Jawa Tengah.

4. Modal Investasi Franchise

Modal franchise.
Modal franchise. Sumber: Pexels

Lalu berapakan modal investasi untuk membuka franchise dan menjadi mitra dari Sabana Fried Chicken ini? Untuk menjadi mitra Sabana, kamu harus menyiapkan modal sekitar Rp 22 juta untuk daerah Jabodetabek atau Jawa Barat. Namun, jika kamu berencana untuk membuka outlet di luar kedua daerah tersebut, maka modal yang harus kamu siapkan yaitu sekitar Rp 23 juta. Setelah modal investasi diberikan kepada mitra, nantinya kamu akan mendapatkan booth gerobak yang bisa digunakan untuk berjualan. Booth tersebut berbahan stainless steel. Selain booth gerobak, kamu juga akan mendapatkan alat memasak.

5. Cara Mendaftar Franchise

Cara pendaftaran.
Cara pendaftaran. Sumber: Pexels

Setelah mengetahui persyaratan dan modal investasi yang dibutuhkan, maka kamu harus mengetahui cara untuk menjadi mitra dari Sabana Fried Chicken ini. Nah, berikut beberapa cara membuka franchisenya.

  1. Kamu bisa menghubungi pihak Sabana Fried Chicken melalui telepon, email, dan lain sebagainya. Jika tidak, kamu juga bisa mengunjungi langsung kantor Sabana.
  2. Meminta dan mengisi formulir kemitraan.
  3. Formulir yang telah diisi tersebut lalu diserahkan ke pihak Sabana dan mereka akan melakukan survei lokasi.
  4. Setelah survei lokasi dilakukan, kamu diminta untuk membayar biaya kemitraan yang telah dijelaskan sebelumnya.
  5. Setelah biaya diserahkan, kamu tinggal menunggu booth gerokan dikirimkan, sebelum kamu siap untuk berjualan.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *