Tanggal:22 June 2024

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Persiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri!

Melanjutkan studi ke luar negeri adalah impian kebanyakan orang. Namun, tidak kebanyakan orang memiliki kesempatan untuk mewujudkannya. Bagi kamu yang memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan studi ke luar negeri, selamat! Kamu salah satu yang bisa menikmati kesempatan tersebut.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Bagi yang belum diberi kesempatan, kamu tetap harus berusaha semaksimal mungkin karena kesempatan bisa datang darimana saja. 

Untuk kamu yang tengah bersiap melanjutkan studi di luar negeri, beberapa hal perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. Persiapan kuliah di luar negeri cukup berbeda dengan kamu yang merantau di dalam negeri. Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai beberapa persiapan kuliah di luar negeri. Simak, yuk!  

Baca juga: Tips Mencari dan Memperoleh Berita dalam Jurnalistik

Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Persiapan sebelum kuliah di luar negeri. Sumber: pexels.com

Sudah tidak sabar untuk melanjutkan studi di negeri orang? Eits, simak terlebih dahulu beberapa persiapan kuliah di luar negeri yang akan berguna untuk kamu! 

1. Memiliki Motivasi yang Kuat

Hanya dengan minat kuliah di luar negeri yang tinggi, ini belum kuat untuk mempersiapkan mental untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Banyak tantangan baru yang nantinya kamu hadapi dan bukan sekadar melihat kesenangan semata. 

Kamu perlu memiliki alasan yang kuat, sebelum akhirnya memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negeri. Alasan yang bisa kamu jadikan sebagai motivasi ini dapat membantu kamu bertahan untuk menyelesaikan studi di luar negeri hingga lulus. 

Pastikan kamu siap untuk dapat hidup mandiri dan berjuang untuk memulai suatu hal yang baru bagi kamu hingga dapat menyelesaikan studi.

2. Susun Rencana dengan Matang

Setelah menemukan alasan kuat untuk kuliah di luar negeri, kamu bisa mulai untuk menyusun rencana yang matang agar segalanya terlaksana dengan baik.

Susunlah dari hal dasar seperti menentukan negara tujuan dengan universitas yang diinginkan, jurusan yang diambil, biaya hidup dan berbagai hal lainnya yang harus dipikirkan secara matang sejak awal.

Jangan mudah bosan dalam mengumpulkan berbagai informasi yang akurat sebanyak-banyaknya. Informasi-informasi tersebut akan berguna bagi kamu untuk memiliki gambaran yang lebih jelas terkait dengan rencana studi.

Baca juga: Cara agar Cepat Lulus Kuliah

3. Kumpulkan Dokumen Penting untuk Pendukung

Jika kamu telah memilih universitas mana yang akan kamu masukin, carilah informasi selengkap-lengkapnya.

Gunakan situs resmi dari universitas yang kamu tuju untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai program studi, pendaftaran, proses pembelajaran, biaya kuliah, sampai dokumen yang kamu perlu persiapkan sebelum berangkat ke universitas tersebut.

Situs tersebut pasti menyediakan informasi lengkap yang kamu butuhkan untuk proses pendaftarannya. Jika kamu kekurangan informasi yang dibutuhkan, kamu bisa menghubungi kontak helpdesk yang tertera.

Selain itu, kamu perlu mempersiapkan seluruh dokumen pendukung yang dipersiapkan jauh-jauh hari seperti visa dan passport agar lebih tenang sebelum tanggal keberangkatan tiba. Kamu bisa menyimpan dokumen-dokumen penting tersebut di dalam satu tempat yang aman, sehingga tidak akan tercecer nantinya.

4. Menyiapkan Perkiraan Biaya Hidup

Saat kamu berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, kamu pasti sudah menyadari biaya yang dikeluarkan akan lebih besar. Terlepas jika kamu mendapatkan beasiswa, kamu akan tetap membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Baik biaya akomodasi, tempat tinggal, ataupun biaya hidup sehari-hari.

Kamu bisa membuat budgeting dari jauh-jauh hari agar memberi perkiraan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Dengan begitu, impian kamu untuk bisa studi ke luar negeri bisa berjalan lancar.

5. Ikuti Kursus Bahasa

Mengasah kemampuan bahasa asing adalah hal penting yang harus kamu lakukan. Kamu tentu tidak ingin kesulitan saat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan kemampuan bahasa asing yang biasa saja, bukan? Hal tersebut juga bisa membuatmu terhalang saat proses perkuliahan. 

Oleh sebab itu, kamu bisa mempersiapkannya dengan meluangkan waktu untuk mempelajari bahasa yang digunakan di negara tersebut, misalnya Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional yang biasa digunakan di luar negeri.

Tidak ada salahnya untuk mengambil kursus bahasa asing terlebih dahulu di tempat yang sudah terakreditasi bagus. Namun, jika tidak memungkinkan karena biayanya terlalu besar kamu bisa belajar secara otodidak melalui internet.

Kamu bisa temukan kursus bahasa asing yang kamu cari dengan klik tautan berikut. Vocasia adalah platform online penyedia berbagai kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah, murah, dan praktis. 

Bersama Vocasia belajar Bahasa Asing bisa dilakukan secara fleksibel dan tanpa ribet. Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai kurikulum karena di Vocasia telah menyusun kurikulumnya secara jelas sehingga pembelajarannya sangat terstruktur.

Setelah mengikuti kelas bahasa, kamu bisa menempuh pendidikan di luar negeri dengan nyaman sebab sudah menguasai bahasa yang digunakan di negara yang kamu tuju. 

Baca juga: Perbedaan BEM dan HIMA

6. Pelajari Budaya Negara Tempat Studi

Kemana pun tempat kamu merantau, pastikan untuk mempelajari terlebih dahulu adat dan budayanya baik itu suatu kota atau negara yang akan kamu tuju. Hal tersebut dapat memudahkan kamu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Kamu juga perlu memahami cara bertahan hidup di luar negeri, terutama jika memilih negara dengan 4 musim yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya saat tinggal di Indonesia. Jangan sampai kamu mengalami masalah kesehatan karena mengabaikan hal yang satu ini.

7. Cari Relasi Satu Negara

Pertama kali berada di negeri orang adalah kehidupan baru yang baru akan kamu jalani. Ada baiknya jika kamu mengenal seseorang yang bisa memberikan saran yang tepat untuk bertahan di negeri orang.

Jangan sungkan untuk lebih mengenali seseorang yang nantinya bisa membantu kamu saat mengalami kesulitan. Jika memungkinkan kamu bisa menemukan teman satu negara asal yang juga merantau di sana karena nantinya akan banyak waktu yang bisa kalian habiskan bersama juga bisa bertukar pikiran. 

Baca juga: Apa itu Buzz dalam Marketing

Nah, itu dia 7 hal yang perlu dipersiapkan untuk kuliah di luar negeri. Bagi kamu yang memiliki rencana untuk melanjutkan studi ke luar negeri, sangat direkomendasikan untuk melakukan persiapan kuliah ke luar negeri di atas!

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dan memiliki kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Universitas yang Menerima Lulusan SMK

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *