Tanggal:30 April 2024

Buat Pecinta Matematika 8 Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Kamu!

Matematika adalah salah satu bidang ilmu terapan yang mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan pada suatu objek. Matematika digunakan oleh seluruh sektor kehidupan sehingga banyak yang menyebut matematika sebagai ibu dari semua ilmu pengetahuan.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Sejak masih kecil, salah satu kecenderungan yang dilakukan orang tua dengan mengajarkan anaknya berhitung. Hal tersebut karena kondisi otak pada anak masih sangat mudah untuk menyerap suatu ilmu. Selain itu, matematika juga berguna dalam kehidupan sehari-hari. 

Berhitung kerap kali dipersepsikan sulit oleh kebanyakan orang baik anak-anak maupun orang dewasa. Kesulitan ini membuat mereka enggan untuk mempelajarinya secara mendalam. 

Berbeda dengan sebagian pecinta matematika yang merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan dan sangat menantang. Beberapa keunggulan yang dimiliki seorang pecinta matematika diantaranya penalaran yang baik, dapat memecahkan masalah, cepat memahami konsep, dan lain-lain.

Bagi kamu sang pecinta matematika, kamu tidak perlu bimbang dalam memilih jurusan kuliah. Artikel ini akan memaparkan beberapa rekomendasi jurusan yang cocok untuk kamu ambil. Cek selengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca juga: Apa itu Buzz dalam Marketing

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Pecinta Matematika

Jurusan kuliah ini cocok bagi pecinta matematika. Sumber: pexels.com

Berikut kami rangkum dari beberapa sumber 8 rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk diambil oleh kamu seorang pecinta matematika. Simak selengkapnya di bawah ini! 

1. Matematika (murni dan pendidikan)

Jurusan Matematika. Sumber: pexels.com

Jurusan matematika tentu menjadi salah satu pilihan pertama buat kamu, bukan? Tapi, apa kamu tahu jurusan matematik ini masih terbagi lagi atas matematika murni dan pendidikan? 

Pembagian tersebut bisa kamu pertimbangkan kembali dengan mengingat apa yang menjadi cita-cita atau karirmu kelak. Perbedaan dari keduanya adalah jika matematika murni berada dalam FMIPA, sementara jurusan pendidikan matematika berada di fakultas keguruan dan kamu lebih diarahkan untuk menjadi guru matematika. 

Selain itu, ruang lingkup pembelajaran dalam matematika murni tidak hanya perhitungan biasa saja melainkan diantaranya statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. Tidak heran apabila lulusan dari jurusan matematika bisa mendapatkan prospek kerja yang sangat luas. Prospek kerja yang bisa kamu dapatkan antara lain spesialis matematika, aktuaris, ahli matematika, penyetuju kredit, penerbit asuransi, ahli statistik, analis anggaran, dan lain-lain.

2. Fisika (Murni, Pendidikan)

Jurusan Fisika. Sumber: pexels.com

Selain matematika, kamu juga bisa masuk ke jurusan fisika yang juga terbagi dalam fisika murni dan pendidikan fisika. Tidak jauh berbeda dengan penjelasan jurusan matematika, jurusan fisika murni terletak di Fakultas MIPA dan cocok diambil bagi kamu yang senang berkutat dengan angka dan hitung-menghitung.

Jika tertarik menjadi pengajar fisika, kamu dapat mengambil jurusan pendidikan fisika. Kedua macam jurusan dengan bidang ilmu yang serupa tersebut cocok bagi kamu yang suka mengulik angka-angka. 

Baca juga: Belajar ala Albert Einstein

3. Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi. Sumber: pexels.com

Jurusan Ilmu ekonomi berfokus pada ekonomi secara makro banyak membahas tentang permasalah ekonomi secara menyeluruh dengan cakupan perekonomian satu negara atau antar negara. Dalam mempelajari ekonomi berskala makro memerlukan pendekatan secara matematis khususnya Aljabar.

Proses matematis yang dilakukan digunakan untuk membantu merumuskan kebijakan yang tepat diambil kedepannya. Kamu mungkin sering melihat mahasiswa Ilmu Ekonomi sangat akrab dengan persamaan fungsi linear dan kuadrat, persamaan integral dan diferensial, hingga perhitungan matriks. Apa kamu tertarik?

4. Statistika

Jurusan Statistika. Sumber: pexels.com

Saat mengambil jurusan statistika kamu akan banyak mempelajari bagaimana mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data. Keluasan dalam pembelajaran statistika ini banyak relevan dalam berbagai konteks, sehingga berguna bagi pengembangan karir kamu di bidang lain, seperti pemerintahan, perbankan, atau keuangan.

Jika sudah ahli dalam bidang ilmu statistika, kamu akan banyak menghasilkan analisis data yang akurat dan banyak dibutuhkan oleh instansi maupun perusahaan besar dalam mengambil keputusan yang tepat.

Jurusan statistika juga akan mempelajari metode numerik, pelaksanaan riset, hingga pemodelan Matematika. Tidak heran jurusan ini mengandung banyak perhitungan Jika kamu pecinta matematika, jurusan statistika ini bisa dipertimbangkan sebagai pilihan di perguruan tinggi.

Baca juga: Jurusan yang Cocok untuk Introvert

5. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika. Sumber: pexels.com

Teknik informatika adalah jurusan yang hampir serupa dengan ilmu komputer. Bagi kamu yang sangat menyukai matematika dan memiliki pikiran yang logis, jiwa kreatif, tekun, teliti, dan detail kalian dapat memilih jurusan teknik informatika.

Sama halnya dengan jurusan ilmu komputer, teknik informatika memiliki prospek karir yang hampir sama dengan jurusan ilmu komputer. Namun, perbedaan yang bisa dilihat adalah mata kuliah yang dipelajari. 

6. Aktuaria

Jurusan Aktuaria. Sumber: pexels.com

Jurusan aktuaria baru banyak dikenalkan akhir-akhir ini. Jika mengambil jurusan ini, kamu akan menerapkan metode matematika dan statistika untuk mengukur risiko asuransi, produk-produk keuangan, serta industri atau profesi lain. Seorang aktuaris menerapkan matematika yang ketat untuk membuat pemodelan masalah ketidakpastian.

Profil lulusan aktuaria yang tergolong ke dalam jurusan yang baru populer akhir-akhir ini bisa mendapatkan prospek kerja yang menggiurkan lho, misalnya menjadi penilai, pemeriksa, dan penyelidik klaim asuransi; penaksir asuransi untuk kerusakan kendaraan; agen penjualan asuransi; hingga surveyor risiko asuransi. Prospek kerja tersebut banyak bertebaran di berbagai perusahaan dan tenaga aktuaria seperti kamu nantinya akan banyak dibutuhkan!

7. Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer. Sumber pexels.com

Computer Science atau di Indonesia lebih akrab disapa dengan ilmu komputer mempelajari materi mengenai hardware atau software. Dalam prodi ini banyak belajar tentang teori dan bahasa automata, rekayasa software, sistem pemrograman, sistem digital, sistem jaringan cerdas, data science and analytics, analisis numerik, desain, analisis algoritma, dan lain-lain. 

Bagi kamu yang ingin berkarir menjadi programmer dengan dunia yang serba programming jurusan ini sangat cocok. Jurusan ilmu komputer ini akan membuat kamu seorang pecinta matematika untuk lebih luas lagi dalam memiliki pikiran yang logis, berpikir secara sistematis, melakukan analisis, dan dapat membuat program.

Selain programmer, kamu juga bisa berkesempatan menjadi perancang web, insinyur aplikasi, game creator, game developer, insinyur perangkat lunak, data scientist, dan masih banyak profesi lainnya yang bisa kamu raih!

Baca juga: Apa itu Front Office dan Back Office

8. Akuntansi

Jurusan Akuntansi. Sumber: pexels.com

Jurusan akuntansi sering dianggap tidak serumit dengan jurusan matematika, tetapi jurusan ini juga sangat cocok bagi kamu yang sangat suka matematik.

Program studi ini nantinya akan mempelajari tentang macam-macam akuntansi antara lain akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, analisis laporan keuangan, perpajakan, pengauditan, sistem informasi akuntansi, akuntansi sektor publik, akuntansi pemerintahan, dan lain-lain.

Prospek karirnya pun cukup beragam diantaranya makelar saham, pegawai bank, akuntan, bagian personalia, konsultan pajak, pegawai asuransi, dosen, bagian keuangan, dan auditor.

Baca juga: Persyaratan dan Tata Cara Masuk Akpol

Nah, itu dia 8 jurusan kuliah yang cocok untuk pecinta matematika. Bagi kamu yang menyukai berhitung, salah satu jurusan di atas dapat kamu ambil agar kamu menikmati setiap proses pembelajarannya. 

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Vocasia adalah platform online penyedia berbagai kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis. Tunggu apalagi? Segera tingkatkan kemampuan untuk menunjang karirmu ke depan! 

Nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir! Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *