Tanggal:17 June 2024

6 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

Salah satu program studi yang tersedia di fakultas ekonomi yakni program studi ekonomi syariah atau ekonomi islam. Pada dasarnya jurusan ini mempelajari mata kuliah yang tidak jauh berbeda dengan jurusan-jurusan lainnya di fakultas ekonomi.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Baca Juga : 9 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi Yang Banyak Dibutuhkan!

Sama-sama mempelajari tentang prinsip dasar ekonomi makro dan mikro maupun perdagangan dan bisnis.

Namun ada beberapa hal yang membedakan jurusan ekonomi syariah dengan jurusan ekonomi lainnya, misalnya seperi mata kuliah sistem ekonomi konvensional sesuai dengan Isalm yang berlandaskan Al-Qur’an.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Yang Memiliki Peluang Menjadi PNS

Buat kamu yang saat ini sedang bingung untuk memilih kuliah di program studi apa, ekonomi syariah bisa menjadi salah satu opsi menarik buat kamu. Dengan berkuliah di program studi ekonomi syariah, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

  1. Peluang karier yang terus meningkat di Indonesia.
  2. Banyak lembaga keuangan syariah mulai buka.
  3. Tidak terbatas di perusahaan syariah, namun lulusan ekonomi syariah juga berpeluang bekerja di lembaga lain.

Demikian adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika berkuliah di jurusan ekonomi syariah. Maka dari itu kamu tidak perlu khawatir lagi tentang peluang kerja ketika lulus nanti.

Baca Juga : Yuk, Simak Prospek Kerja Jurusan Geografi

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja seorang lulusan ekonomi syariah:

1. Sales di lembaga keuangan syariah

Posisi ini memiliki tanggung jawab memperluas mitra bisnis untuk menjual instrumen keuangan di lembaga tempat kamu bekerja. Biasanya penjualan dilakukan dengan cara berjualan di konter dan melakukan company visit.

Menjual instrumen keuangan berbeda halnya dengan menjual barang, maka dari itu kemampuan komunikasi sangatlah penting di posisi ini.

Baca Juga : Tugas Marketing Executive

2. Pegawai bank syariah

Profesi Pegawai bank - @rawpixel.com

Profesi Pegawai bank – @rawpixel.com

Unit bisnis dari bank adalah menyimpan dan menyalurkan dana kepada setiap masyarakat yang membutuhkan, menawarkan jasa penukaran uang serta menjual beberapa instrumen investasi. Pegawai bank adalah salah satu tenaga kerja yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan proses bisnis dari bank syariah tersebut.

Baca Juga : Job Desk Business Development

3. Dosen

Profesi dosen

Profesi dosen – @pexels.com

Dengan kapasistas ilmu dan wawasan yang kamu punya mengenai ekonomi syariah, maka kamu bisa menjadi tenaga pendidik secara proffesional di salah satu kampus.

Baca Juga : Syarat Menjadi Dosen

4. Pegawai asuransi

Profesi ini bisa dikatakan cukup mirip dengan sales di bank, namun hal yang membedakan yaitu instrumen yang kamu jual di sini adalah produk asuransi. Biasanya hal yang dijual yakni berupa asuransi kecelakaan mobil, kesehatan, bencana alam dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Skill Risk Manager

5. Ekonom

Jika kamu memiliki hobi meneliti sesuatu, maka profesi ekonom merupakan salah satu opsi yang cocok buat kamu. Di mana seorang ekonomo merupakan orang yang profesional di bidang ekonomi serta aktif mengembangkan teori-teori yang ada di ilmu ekonomi. Nanti hasil dari penelitian kamu bisa kamu bagikan melalui forum-forum ilmiah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa aktif mengkritisi program pemerintah.

Baca Juga : Macam-Macam Direktur Perusahaan

6. Pengusaha

Membuka bisnis - @rawpixel.com

Membuka bisnis – @rawpixel.com

Tidak hanya lulusan manajemen yang bisa menjadi seorang pengusaha, namun lulusan ekonomi syariah juga berpeluang besar untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Dengan pengetahuan mengenai ekonomi berlandaskan islam, kamu bisa menjual produk yang sesuai dengan Islam mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, maka dari itu ini merupakan potensi besar untuk membuka bisnis syariah.

Baca Juga : Tips Menjadi Pengusaha Muda

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *