Tanggal:08 May 2024

9 Manfaat Ikut Lomba untuk Tingkatkan Karier, Mahasiswa Wajib Coba!

Bagi kamu seorang mahasiswa, pernahkah kebingungan untuk menghabiskan waktu sehari-harinya? Jadwal kelas yang tidak menentu ini mengharuskan kamu untuk bisa melakukan manajemen waktu dengan baik.   

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Jika kamu hanya menjadi mahasiswa yang mengikuti jadwal kelas tanpa melakukan sesuatu hal yang berguna kamu akan menyesal nantinya. Oleh sebab itu, sebagai mahasiswa kita harus paham bahwa pengelolaan waktu dan energi menjadi sangat penting untuk membentuk sosok mahasiswa yang dapat mengembangkan potensi diri dari berbagai sisi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengasah potensi yang kamu miliki adalah dengan mengikuti lomba. Perlombaan banyak diperuntukkan bagi mahasiswa dari setiap institusi. Untuk itu, kamu perlu memanfaatkan momen tersebut untuk ikut serta mendaftar perlombaan. 

Mungkin beberapa kali kamu sering melihat banyak mahasiswa lain yang terlibat atau ikut berbagai macam perlombaan. Apa yang membuat mereka terdorong untuk mengikuti berbagai macam perlombaan? Mungkin beberapa diantaranya adalah manfaat yang akan mereka hasilkan untuk masa depan.

Mau tahu apa saja manfaat mengikuti lomba untuk mahasiswa? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Pecinta Matematika

Manfaat Lomba untuk Mahasiswa

Mengikuti Lomba Sangat Bermanfaat untuk Mahasiswa. Sumber: unsplash.com

Buat kamu yang saat ini belum mulai untuk mengikuti lomba, tidak ada kata terlambat untuk mencobanya lho! Dengan mengikuti lomba, kamu akan mendapatkan manfaat sekaligus keuntungan untuk masa depan.

Kamu bisa menggunakan momen ini dengan sebaik-baiknya agar waktumu tidak terbuang sia-sia. Mengikuti perlombaan tidak hanya berguna untuk menimba ilmu, tetapi juga mendapatkan berbagai pengalaman yang kelak akan menjadi bekal saat memasuki dunia pekerjaan yang  serba profesional.

Selagi mencoba untuk menjadi mahasiswa yang aktif mengikuti perlombaan, berikut beberapa manfaat mengikuti lomba untuk meningkatkan karier di masa depan. Mari simak bersama-sama!

1. Meningkatkan Keterampilan

Biasanya lomba diselenggarakannya dengan ruang lingkup dan tema tertentu yang telah ditetapkan. Kamu bisa mengikuti lomba sesuai minat yang sama, tetapi tidak menutup kemungkinan jika kamu memiliki minat yang lain sehingga mampu mengikuti lomba lain. 

Pada tahapan penilaian atau penjurian saat lomba berlangsung, ini dapat kamu manfaatkan sebagai ajang agar kamu mengetahui keunggulan dan kekurangan dari karya sebagai hasil jerih payah yang kamu hasilkan. 

Jika karya yang kamu hasilkan bisa dipublikasi oleh lembaga penyelenggara, ini memberi peluang untuk mendapatkan wawasan dan melihat sudut pandang baru dari karya-karya lain yang ditampilkan.

2. Menyadari Potensi Diri

Mengikuti lomba menjadi salah satu cara untuk menemukan potensi diri. Dalam hal ini, kamu bisa menggali dan memahami kemampuan diri yang bisa lebih kamu kembangkan. Kamu juga dibebaskan untuk mengikuti perlombaan di luar jurusan kuliah selama memenuhi syarat lomba. Oleh karena itu, dengan ikut lomba kamu bisa menemukan bakat atau potensi diri yang selama ini belum kamu sadari.

3. Belajar dan Mengasah Berbagai Kemampuan 

Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dengan mengikuti lomba. Secara tidak langsung, rajin mengikuti lomba bisa mengasah kemampuan kamu dalam tim maupun individu. Kamu akan banyak belajar mengenai kerja sama, kolaborasi, percaya diri, sportif, soft skill. 

Baca Juga : Tips Rasa Percaya Diri Mengambil Keputusan

Proses perlombaan yang memerlukan beberapa partisipasi mahasiswa yang bergabung sebagai tim mengasahmu untuk bisa bekerja sama dan kolaborasi dalam tim. Kemampuan tersebut akan sangat berguna ketika kamu masuk dunia kerja dan membentuk keberhasilan dalam tim. 

Tidak hanya kemampuan dalam membentuk tim, kamu juga bisa mengasah kemampuan pribadi yang ditunjukkan ketika kamu dengan percaya diri tampil di depan banyak orang dan menunjukkan dengan bangga karya yang kamu hasilkan. Kamu akan dihadapkan oleh persaingan dan menjadikan kamu seseorang yang bersikap sportif. Persaingan akan selalu kamu rasakan bahkan sampai menginjak dunia kerja, untuk itu kamu akan diajarkan untuk bersaing secara sehat sehingga kamu selalu lapang dada dalam memperoleh hasil akhir. 

Jika semasa kuliah kamu sudah terlatih untuk berkompetisi, kamu akan terbiasa untuk meraih kemenangan dengan mengedepankan kejujuran. Hal tersebut merupakan kualitas langka yang banyak dicari perusahaan. Apalagi jika kamu memiliki segala softskill kamu akan mampu berdiri dan menjalankan segala pekerjaan dengan baik. 

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

4. Memperluas Relasi

Dengan mengikuti lomba, kamu akan mendapatkan manfaat dengan memperoleh jaringan pertemanan. Pertemuan yang singkat dengan seluruh peserta yang mengikuti lomba bisa kamu gunakan untuk menggali berbagai informasi. Latar belakang jurusan atau universitas yang beragam membuat kamu memperoleh banyak ruang lingkup. Hal ini dapat menumbuhkan karier karena sangat mungkin untuk kamu bertemu dengan praktisi atau tokoh hebat yang berkaitan dengan bidang yang kamu pelajari di kampus. Siapa tahu selanjutnya mereka tertarik untuk mengajak kerja sama setelah melihat potensi yang kamu miliki saat perlombaan berlangsung. 

5. Bentuk Apresiasi Diri

Saat mengikuti perlombaan, kamu akan dapat mengetahui bahwa ternyata kamu dapat melakukan berbagai hal. Bahkan mungkin hal-hal yang selama ini kamu anggap tidak bisa, ternyata kamu dapat menyelesaikannya dengan baik. Tentunya dalam menyelesaikan hal tersebut kamu telah berjuang dengan segala daya dan upaya, sehingga dapat mendorong kamu untuk menghargai diri sendiri melalui apresiasi yang diberikan.

6. Mengeksplorasi Tempat Baru

Dalam perlombaan biasanya terdapat berbagai cakupan dan tingkatan, mulai dari tingkat regional hingga internasional. Hal ini memberikan manfaat untuk kamu yang mendapat kesempatan mengikuti perlombaan yang harus mendatangi tempat baru sehingga bisa sambil melakukan liburan dan rekreasi.

Sambil menyelam minum air. Itulah yang bisa digambarkan ketika kamu berkesempatan untuk mengikuti lomba ditempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Bukan hanya liburan, pengetahuan dan wawasan mengenai kebudayaan tempat baru tersebut bisa kamu peroleh. Menarik, bukan?

Baca juga: Contoh Kata Serapan Bahasa Belanda

7. Memberikan Pengalaman yang Luar Biasa

Seringnya mengikuti lomba membuat kamu memiliki banyak pengalaman. Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya ini penting bagi mahasiswa agar setelah lulus, kamu lebih siap untuk masuk dunia kerja. Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Jadi ikutilah lomba untuk memperkaya pengalamanmu dan jangan takut untuk mencoba !

8. Kesempatan Mendapat Penghargaan

Penawaran berbagai hadiah atau reward saat mengikuti lomba juga salah satu yang membuat kamu tergiur. Berbagai macam hadiah bisa didapatkan saat kamu berhasil atau menang dalam lomba tersebut. Yang tidak kalah penting adalah kamu juga bisa mendapatkan sertifikat, piala, medali, dan tentunya uang pembinaan.

Penghargaan juga bisa kamu dapatkan ketika orang tua dan orang-orang yang ada disekitarmu ikut bangga melihat anaknya berhasil menjadi mahasiswa yang berprestasi. 

9. Ajang Evaluasi Diri

Gagal memenangkan lomba? Jangan khawatir! Kamu tidak perlu menuntut terlalu keras untuk bisa menang dalam suatu lomba, kok! Kamu dapat mengambil hikmahnya dengan menyikapi kekalahan dan kegagalan dengan bijaksana. 

Evaluasi diri adalah hal yang penting untuk bisa meningkatkan karier. Kamu akan dilatih untuk tidak gampang menyerah dan membuat mental kuat dan terarah untuk segera bangkit dan terus mencoba.

Baca juga: Apa itu Content Plan

Nah, itu dia 9 manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika rajin mengikuti lomba semasa perkuliahan. Coba untuk terus cari tahu penyelenggaraan lomba apa yang sekiranya bisa kamu ikuti, lebih bagus lagi melihat lomba yang memiliki potensi besar untuk bisa menang.

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Vocasia adalah platform online penyedia berbagai kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis. Tunggu apalagi? Segera tingkatkan kemampuan untuk menunjang karirmu ke depan! 

Nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir! Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Tips melakukan Perjalanan Bisnis

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *