Tanggal:19 September 2024
twitter

Cara Membuat Akun Twitter

Siapa bilang Twitter sepi dan ketinggalan zaman? Padahal, sama dengan media sosial lainnya, Twitter berkembang dengan pesat dan menjadi populer di dunia, lho! Dengan popularitasnya tersebut, Twitter telah dimanfaatkan untuk banyak hal misalnya kampanye, media belajar, berbagi pendapat, media protes, dan yang lainnya. Penggunaan Twitter cenderung akan melonjak ketika terjadi peristiwa trending/populer.

Meskipun eksistensinya sempat tergeser oleh Instagram, namun platform yang satu ini masih mempunyai penggemarnya sendiri yang tetap setia. Fitur trending topic masih digemari orang-orang jika ingin menemukan dan menaikkan suatu hal atau berita, lho. Terlebih lagi Twitter sudah banyak melakukan pembaruan dalam fitur- fitur dan opsi yang kekinian untuk mewadahi lebih banyak penggunanya. Lantas, bagaimana sih cara membuat akun Twitter? Nah, sebelum membahas cara membuatnya, ada baiknya kamu benar-benar memahami apa itu Twitter.

Pengertian Twitter

Twitter adalah sebuah layanan jejaring sosial (media sosial) dan juga mikroblog yang memungkinkan penggunanya berkirim dan membaca pesan yang tidak lebih dari 280 karakter yang disebut sebagai tweet. Sebelumnya, pesan di Twitter hanya sampai 140 karakter tetapi pada tanggal 7 November 2017 ditambah menjadi 280 karakter.

Twitter didirikan pada 21 Maret 2006 oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams. Media sosial Twitter sendiri dirilis ke publik pada 15 Juli 2006. Maskarnya berada di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Baca juga: Kenali Pendiri Instagram, Kevin Systrom

Apa kamu tertarik buat menikmati segala fitur yang ditawarkan jejaring sosial yang satu ini? Kalau kamu tertarik, yuk segera simak ulasan cara membuat akun Twitter di bawah ini!

Cara Membuat Akun Twitter

Kamu dapat mendaftar akun Twitter dengan 2 cara, yaitu menggunakan cara manual dan menggunakan akun Google.

Cara Membuat Akun Twitter Manual

Langkah 1

Buka link berikut http://twitter.com/signup.

Langkah 2

Klik tombol daftar atau sign up.

Langkah 3

Kotak pop-up Buat akun Anda akan muncul dan kamu akan dipandu dalam proses pendaftaran. Kamu juga akan diminta untuk memasukkan informasi seperti nama dan nomor ponsel atau alamat email kamu.

Langkah 4

Kalau kamu mencantumkan alamat email saat mendaftar, Twitter akan langsung mengirimi kamu email berisi petunjuk agar mereka dapat memverifikasi alamat email kamu.

Langkah 5

Kalau kamu mencantumkan nomor ponsel saat mendaftar, Twitter akan langsung mengirimi kamu SMS berisi kode agar mereka dapat memverifikasi nomor ponsel kamu.

Langkah 6

Setelah memasukkan informasi, klik Berikutnya.

Langkah 7

Di kotak pop-up Sesuaikan pengalaman Anda, periksa apakah ingin melacak di mana kamu melihat konten Twitter di seluruh web lalu klik Berikutnya.

Langkah 8

Pelajari cara menyesuaikan pengaturan untuk akun baru kamu.

Cara Membuat Akun Twitter dengan Google

Mendaftar dengan akun Google menjadi cara yang paling simple dan mudah, lho! Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah 1

Buka situs http://twitter.com.

Langkah 2

Klik Lanjutkan dengan Google.

Langkah 3

Kotak pop-up Pilih akun akan muncul.

Langkah 4

Pilih akun Google yang ingin kamu gunakan. Jika kamu tidak melihat akun yang ingin digunakan, klik Tambah akun.

Langkah 5

Di kotak pop-up Sesuaikan pengalaman Anda, periksa apakah kamu ingin melacak di mana kamu melihat konten Twitter di seluruh web lalu klik Berikutnya.

Langkah 6

Pelajari cara menyesuaikan pengaturan untuk akun baru kamu.

Cara Menyiapkan Akun Twitter Kamu

Selanjutnya kamu perlu menyiapkan akun kamu dengan menyesuaikan beberapa pengaturan untuk akun baru kamu. Simak beberapa langkahnya di bawah ini!

  1. Sesuaikan profil kamu, termasuk memilih foto profil dan header.
  2. Tambahkan bio.
  3. Siapkan timeline kamu dengan mengikuti orang atau topik.
  4. Tweet!

Selamat akun Twitter kamu sukses terdaftar! Cukup mudah bukan membuat akun Twitter?

twitter

Source: Unsplash

Nah, di sana kamu bisa menggunakan fitur Twitter secara gratis dan bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kepentingan. Misalkan, kamu dapat menggunakan Twitter sebagai sarana media penjualan dan membangun branding bisnis kamu. Di sana kamu tidak sendiri, banyak dari brand atau merek-merek raksasa yang juga menjadikan Twitter sebagai ajang promosi digital dengan gratis.

Baca juga: 8 Cara Memanfaatkan Twitter untuk Mengembangkan Karir

Dengan menjamurnya promosi digital ini pastinya membuat kompetisi antar pebisnis semakin sengit. Untuk itu, kamu harus bisa bertahan di tengah gempuran kompetisi antar pebisnis. Bagaimana caranya? Tentunya dengan membekali diri ilmu seputar digital marketing. Sebab, ilmu merupakan pondasi utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika kamu sungguh-sungguh ingin mengasah pengetahuan seputar digital marketing, Vocasia siap membantu kamu dengan menghadirkan kursus bersertifikat di sini! Tunggu apalagi? Kesempatan berharga menantimu, lho!  Pasalnya promosi digital ini terbukti ampuh untuk meningkatkan brand awareness yang kemudian bisa membantu produk semakin laris di pasaran.

Dengan hanya bermodalkan akun email atau nomor telepon saja, kamu sudah dapat mendapatkan akun Twitter gratis dan menjangkau jutaan pengguna Twitter lainnya sebagai sasaran market kamu.

Selamat mencoba!

Baca juga: 7 Ide Bisnis Digital yang Paling Diminati

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *