Tanggal:10 May 2024

Butuh Uang Saku Tambahan? Ini 10 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan untuk Anak SMA!

Masih duduk di bangku SMA tetapi pingin punya penghasilan sendiri? Atau pingin mengisi waktu luang saat belajar dari rumah? Daripada buang-buang waktu untuk hal yang tidak penting, lebih baik gunakan waktu kamu untuk menambah uang saku. Ini dia 10 rekomendasi pekerjaan sampingan untuk anak SMA yang bisa kamu coba!

10 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Anak SMA

1. Dropshipper

Menjadi seorang dropshipper adalah salah satu pekerjaan yang paling mudah. Dropshipper merupakan seseorang yang menjual produk milik pihak lain, tanpa harus menyetok, dan mengirimkan pesanan. Hal itu karena proses pengiriman dilakukan oleh pihak ketiga, yaitu produsen atau pemasok besar. Dengan kata lain, kamu hanya bertugas membuka toko online dan mempromosikan produk. Cukup simple, bukan?

Baca Juga: Pekerjaan Wanita Dengan Gaji Tinggi

2. Jualan pulsa

Semua orang yang memakai smartphone pasti memerlukan pulsa atau paket data. Jualan pulsa ialah pilihan tepat untuk kamu yang ingin punya uang saku tambahan tapi tidak mau ribet. Sebelum mulai berjualan, pastikan kamu memilih agen pulsa yang tepat dan tetapkan harga yang bersaing, ya!

3. Blogger

Kamu memiliki kemampuan menulis yang baik? Atau suka bercerita? Kamu bisa menghasilkan uang dari menulis blog, lho! Tingkatkan kualitas SEO agar semakin banyak yang membaca blogmu.

Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah Yang Mudah Dapat Kerja

4. Bisnis online shop

Untuk memulai bisnis online shop, pastikan kamu sudah memiliki modal yang cukup. Kamu bisa mulai berjualan dengan hal-hal yang kamu sukai. Contohnya seperti frozen food, baju, aksesoris dan lain-lain.

5. Guru les anak

Kamu bisa memanfaatkan skill serta pengetahuan yang kamu miliki untuk menjadi guru les privat anak. Biasanya, guru les menentukan harga per pertemuan. Namun perlu diingat, menjadi guru les memerlukan kesabaran dan juga ketelatenan.

Baca juga: 13 Contoh Usaha Modal Kecil Belum Banyak Pesaing, Pasti Untung!

6. Social media influencer

Di era digital, influencer marketing menjadi salah satu alternatif cara bagi para brand untuk mempromosikan produknya di media sosial. Selain menambah uang saku, dengan menjadi influencer kamu juga akan mendapatkan produk secara gratis. Menarik, bukan?

Baca juga: Apa itu Personal Branding?

7. Jasa ketik

Pandai dalam mengetik cepat? Kegiatan ini mungkin dapat kamu coba untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Jasa ini biasanya diperlukan untuk para mahasiswa yang harus membuat proposal, esai, atau skripsi.

Baca Juga: Tips Kerja Sambil Liburan Dengan Mudah

8. Driver online

Kehadiran driver online sangat membantu aktivitas dan mobilitas masyarakat. Selain waktunya yang fleksibel, kamu juga dapat memilih layanan yang ingin kamu gunakan untuk menambah uang saku. Eiitss, tetapi pastikan kamu sudah memiliki SIM, ya!

9. Reseller

Berbeda dari dropshipper, untuk menjadi seorang reseller kamu harus mempunyai modal yang cukup besar untuk menyetok barang. Namun, bisa dibilang reseller dapat meraup keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan dropshipper.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Bidang IT Yang Banyak Dicari

10. Jasa editing video dan foto

Punya skill dalam bidang editing? Kegiatan ini merupakan pilihan yang tepat untuk kamu. Selain bisa menambah uang saku, hasil karyamu juga bisa dimanfaatkan sebagai portofolio!

Setelah mengetahui 10 rekomendasi pekerjaan sampingan untuk anak SMA, apakah kamu sudah menentukan pilihanmu? Pastikan kamu tetap bertanggung jawab dengan tugasmu sebagai seorang pelajar, ya!

Baca juga: Ide Bisnis Kerajinan Tangan Penghasil Cuan, Yuk Coba!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *