Tanggal:06 May 2024

Ini Dia, Cara Membuat Bouquet Bunga Bagi Pemula!

Memberikan hadiah atau gift kepada orang lain, akan membuatnya bahagia dan senang bukan? Apalagi memberikan hadiah ke orang yang disayang pastinya! Orang yang disayang bisa pacar, sahabat, orang tua dan orang-orang penting di hidup kamu tentunya!

Ilustrasi Ekspresi Ketika Diberikan Hadiah Bouquet Bunga (Sumber: Pexels)

Kamu lagi mencari hadiah apa yang pas untuk orang yang kamu sayang? Tapi bingung hadiah seperti apa? Jangan khawatir! Kamu bisa memberikan hadiah yang saat ini sedang trend, yaitu bouquet bunga, loh! Saat ini, memberikan hadiah berupa bouquet bunga memang simple tapi terkesan istimewa tentunya!

Apalagi kamu bisa membuatnya sendiri dengan hasil karya kamu sendiri! Tapi, kamu bingung bagaimana cara membuatnya? Apalagi, kamu belum pernah membuatnya sama sekali? Yuk, simak cara membuat bouquet bunga berikut ini!

Bouquet bunga menjadi salah satu pilihan favorit untuk menjadi hadiah yang diberikan untuk orang lain, akan menjadi kejutan yang manis untuk orang tersayang pastinya! Memang kita bisa memesan bouquet bunga yang sudah menjadi florist, biasanya saat kita beli akan disediakan jasa merangkai bunga sesuai permintaan keinginan pelanggan.

Tapi asal kamu ketahui loh, membuat bouquet bunga sendiri jauh lebih istimewa, kenapa bisa gitu, ya? Karena tidak semua orang memiliki keterampilan untuk merangkai dan membungkus bunga dengan indah. Bouquet bunga dapat menjadi pilihan hadiah di berbagai acara, loh! Seperti acara ulang tahun, kelulusan, dan pernikahan. Membuat bouquet bunga akan menjadi nilai tersendiri bagi yang membuatnya.

Baca JugaCara Budidaya Bunga Mawar!

Selain itu relatif lebih murah dibanding kamu membelinya diluar sana, loh! Memang memiliki kemampuan keterampilan untuk merangkai bouquet bunga tidak semua orang bisa, tapi apa salahnya jika mencoba bukan? Kamu jangan khawatir! Membuat bouquet bunga cukup dibilang mudah, loh! Untuk kamu yang ingin memberikan hadiah bouquet bunga, tapi buatan sendiri? Berikut tutorial cara membuat bouquet bunga, simak, ya! 

Cara Membuat Bouquet Bunga Bagi Pemula

Ilustrasi Persiapan Alat Membuat Bouquet Bunga (Sumber: Pexels)

Kamu penasaran bukan untuk bisa memiliki keterampilan membuat bouquet bunga? Tapi sebelum kamu membuatnya, ada beberapa bahan yang harus kamu persiapkan, apa saja bahan yang dimaksud? Di antaranya: 

Bahan:

  • 1 ikat bunga yang segar dan cantik, bunga yang dipakai sesuai selera
  • 2 lembar kertas kado
  • 2 lembar kertas pembungkus warna coklat (ukuran harus lebih kecil dari kertas tisu)
  • 2 lembar kertas tisu
  • Selotip berwarna putih
  • Tali secukupnya
  • Pita cantik warna sesuai selera

Nah, setelah kamu mempersiapkan bahan-bahan yang sudah ada, untuk membuat bouquet bunga sesuai kreasi kamu. Selanjutnya baru kamu lakukan step one step cara membuat bouquet bunga, di antaranya: 

Ilustrasi Mempersiapkan Beberapa Batang Bunga Diperlukan (Sumber: Pexels)

  1. Siapkan beberapa batang bunga, potong batang yang terlalu panjang. Setelah dipotong untuk batang yang terlalu panjang, jadikan satu pilihan batang bunga tersebut.
  2. Rangkai bunga, dan ikat menjadi satu rangkaian. Kemudian ikat dengan tali dengan sedikit kencang, agar bunga terlihat rapi.
  3. Potong kertas kado menjadi dua bagian, persegi panjang dengan ukuran yang sama. Letakkan bagian yang berwarna di atas. 
  4. Susun dua lembar kertas kado dengan kertas kedua, sedikit melintang menutupi kertas pertama
  5. Letakkan kertas searah horizontal 
  6. Kemudian, letakkan kedua kertas kado tadi di tengah-tengahnya. Namun, pastikan ujung-ujung kertas kado melebihi kertas coklat. Letakkan ikatan bunga di atasnya, kemudian tutup bagian bawah dengan kertas tisu.
  7. Lipat bagian bawah kertas kado dan kertas coklat ke atas, hingga menutupi ujung batang bunga. Pastikan kertas tisu tetap terlihat, meskipun kertas kado dan kertas coklat sudah dilipat. 
  8. Lipat ujung kanan kertas coklat seukuran setengah jengkal jari kamu. Pastikan lipatan kedua membentuk bagian bawah yang lebar sehingga bagian atas menyempit, hasilnya seperti kipas tangan yang setengah terbuka. 
  9. Lakukan teknik lipatan yang sama dengan sisi kiri selanjutnya secara rapi. Hindari kertas sampai terlihat lecek. 
  10. Remas atau tekan bagian bawah kertas yang sudah dilipat, hingga menempel pada batang ikatan bunga di dalamnya. Setelah itu, ikat dengan pita yang sesuai selera.

Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Tulip!

Ilustrasi Proses Packing Bouquet Bunga (Sumber: Pexels)

Ada juga, loh! Cara yang lebih simple untuk kamu sebagai pemula, tapi sebelumnya siapkan bahannya terlebih dahulu, di antaranya: 

  • 1 lembar kertas kado
  • selotip berwarna putih 
  • Pita berwarna sesuai selera

Cara membuat bouquet bunga simple

Ilustrasi Proses Pembuatan Bouquet Selesai (Sumber: Pexels)

  1. Lipat kertas kado dengan bagian yang berwarna berada di dalam
  2. Letakkan bunga yang sudah diikat di bagian tengah, kemudian lipat hingga batangnya tertutup. Lakukan lipatan secara rapi agar tidak lecek.
  3. Ikat bagian bawah buket bunga, diikat dengan pita agar rapi dan cantik.

Baca JugaCara Budidaya Bunga Anyelir!  

Nah, itulah beberapa cara membuat bouquet bunga untuk kamu yang pemula bisa ditiru, ya. Tetap semangat dalam mengasah keterampilan kamu, dan semoga bermanfaat tutorial membuat bouquet bunga ini! Dapatkan hasil yang terbaik, ya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *