Tanggal:19 May 2024

Ini Lho Cara Menabung Uang ala Pekerja Kantoran!

ilustrasi cara menabung uang (pixabay.com)

Menabung untuk Karyawan Kantoran

Pernah gak sih terpikirkan ulang bahwa enaknya menjadi seorang pegawai kantoran itu memiliki penghasilan tetap di setiap bulannya, ya. Dari situ bisa dibilang bahwa siklus keuangan dari seorang pegawai kantoran itu cukup stabil dan aman jika dibandingkan dengan seorang freelancer atau pengusaha yang pengahsilan bulanannya tak menentu, dimana bisa lebih besar atau justru lebih kecil.

Dengan kestabilan penghasilan pegawai kantoran, tentu akan mudah untuk memetakan mana yang untuk biaya kebutuhan sehari-hari, untuk dana darurat, dan untuk jatah ditabung, nih. Tapi, sayangnya masih banyak pegawai kantoran yang kurang mampu mengendalikan gaji yang ia peroleh. Akhirnya ya niat menabung itu hanya sebatas niat saja, padahal dalam jangka panjang tabungan itu tentu memberi dampak yang luar biasa, lho. Supaya niatan hidup hemat untuk menuai hasil di masa depan bisa terwujud, berikut ini beberapa cara yang bisa pegawai kantoran terapkan agar terbiasa menyisihkan gajinya untuk menabung.

1. Catat Semua rencana pengeluaran

Sama seperti sebuah negara yang membutuhkan rencana anggaran pendapatan dan belanja negara, maka kamu juga bisa mengapilkasikan hal serupa kalau ingin mengontrol keuganmu. Dari sini kamu bisa membuat rencana dengan gajimu yang sebesar itu di setiap bulannya ingin dipakai untuk belanja apa saja, sebisa mungkin belanja itu yang penting saja, ya. Nah, dari rencana anggaran keungan yang telah dibuat itu bisa menjadi pedomanmu agar gaji selalu dalam kontrol. Ingat bahwa rencana itu memang bisa direvisi, tapi untuk kebutuhan tertentu yang mendesak saja misalnya urusan kesehatan dan sejenisnya, selebihnya upayakan agar rencana keuangan yang telah dibuat sematang mungkin itu bisa terealisasi dengan baik, ya.

2. Buat Tren Baru dengan Membawa Bekal Makanan di Kantor

Sadar gak sih begitu besarnya perbedaan harga makanan yang beli jadi dengan memasak sendiri? Iya pastinya karena penjual makanan jadi tentu membutuhkan keuntungan yang maksimal. Nah, untuk memperlancar keinginan untuk menabung gaji dengan nominal yang lebih besar lagi, kamu bisa membawa bekal makanan dari rumah, nih. Ingat kalau makanannya berkuah harus dipisah tempat supaya tak basi saat dimakan di siang atau sore hari, ya. Lebih lanjutnya, kalau sudah membawa bekal ya sebisa mungkin jangan nambah dengan makan makanan dari luar, optimalkan kinerja dari pembuatan bekal makanan!

3. Terapkan Teori Smart Buying

Cara termudah untuk tak terbiasa lupa diri dalam belanja ialah dengan membawa uang secukupnya saja, jadi kalau ada produk yang tidak masuk daftar belanja dan ingin dibeli tentunya tak bisa terbeli. Lebih lanjutnya, kamu harus membayangkan bahwa membeli itu berdasarkan atas kebutuhan dan bukan hanya sekadar keinginan atas lapar mata, ya. Jangan sampai kamu tergiur oleh barang yang kurang penting karena produk itu sedang diskon, kalau seperti itu tak akan ada habisnya dan kamu tak mungkin bisa terbiasa untuk menabung atau tabunganmi stagnan di situ saja kalau terus-terusan seperti itu. Jadi, harus belanja dengan cerdasr agar memaksimalkan penabungan dan meminimalisir pengeluaran, ya.

4. Rancang Liburan Menarik di Rumah

Tentunya pekerja kantoran akan ada fase jenuh dan ingin berlibur, khsusunya saat weekend untuk melepas penat akan beban pekerjaan di kantor, nih. Tapi, kalau kamu berpegang teguh pada niatmu untuk memaksimalkan penabungan gaji untuk masa depan, rasanya kamu perlu memikirkan liburan yang enjoy tapi budget minim bahkan gratis, ya dengan melakukannya di rumah. Di rumah kamu bisa menghabiskan waktu bersama orang tersayang sambil berkegiatan menarik seperti nonton film atuapun bermain games seru. Bahkan di rumah kamu bisa beristirahat degan tenang hingga berkualitas dan berkuantitas tinggi tentunya bisa disebut liburan juga, dan rasionalnya justru ketika otak penat ya obatnya ialah istirahat di hari libur, ya..

5. Jangan Paksakan Mengikuti Tren

Seiring perkemangan zaman akan selalu ada saja tren baru yang bermunculan. Tentunya di lingkungan kerja kantoran akan lebih banyak godaannya, ya.  Maka dari itu, bentengi dirimu dengan prinsip membeli atas dasar kebutuhan dan bukan hanya sekadar keinginan apalagi hanya ikutan tren semata yang sejatinya kamu tak tahu apa value dari hal yang kamu beli atas lapar mata itu.

6. Lakukan Bisnis Sampingan di Akhir Pekan

Terakhir, untuk bisa mendapatkan penghaisilan yang lebih besar lagi nominalnya, kamu bisa berproduktif dengan punya kerjaan sampingan di waktu libur, nih. Tentunya jangan mengambil pekerjaan yang berat karena kamu harus selalu ingat bahwa ada pekerjaan utama yang membutuhkan kemampuan luar biasamu. Jadi, memang dengan memiliki pekerjaan sampingan jadinya bisa nabung yang lebih besar lagi, tapi jangan memaksa porsi bekerja yang bisa membuatmu jatuh sakit baik secara mental maupun fisik, ya.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan dibawah ini!.

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *