Tanggal:13 May 2024

Perbedaan Profesi Pekerjaan antara Translator dan Interpreter!

Salah satu fungsi bahasa sebagai alat pemersatu bangsa. Tidak hanya diperuntukkan bagi bangsa Indonesia, melainkan kita bisa secara bebas melakukan komunikasi dengan orang-orang di seluruh penjuru dunia. Walaupun kita tidak banyak memiliki kefasihan dalam berbagai bahasa asing justru membuat lapangan pekerjaan bagi penerjemah (translator) atau interpreter. 

Istilah translator mungkin tidak asing kamu dengar, tetapi bagaimana dengan interpreter? Beberapa dari kamu mungkin kebingungan dengan profesi ini. Ternyata, translator dan interpreter merupakan profesi serupa tetapi tetap memiliki perbedaan. Apa perbedaan dari translator dan interpreter? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Perbedaan Parenting ala Barat dan Timur

Perbedaan Translator dan Interpreter

Perbedaan profesi translator dan interpreter. Sumber: pexels.com

Dari segi pelayanannya, kedua profesi ini memiliki perbedaan. Translator adalah penerjemah yang menyediakan jasa terjemah bahasa dalam bentuk tulisan, sedangkan interpreter menawarkan jasa terjemah secara lisan. 

Kedua profesi ini sama-sama dibutuhkan walaupun memiliki perbedaan antara keduanya. Apa saja perbedaan translator dan interpreter lainnya? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Baca juga: Cara Membuat Desain Stempel di Corel

Translator

Profesi Translator. Sumber: pexels.com

Tugas seorang translator adalah menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain secara tertulis. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil terjemahan dari satu bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran di antaranya dalam memperhatikan tata bahasa dan kebudayaan dari kedua bahasa, diksi yang dipilih, dan kesepadanan kata. 

Alat yang digunakan oleh seorang translator antara lain kamus, CAT (Computer Aided Tranlation), dan komputer. 

Seorang translator tidak dapat menerjemahkan kata hanya secara harfiah, tetapi melihat konteksnya juga. Untuk itu, translator membutuhkan beberapa kemampuan seperti kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis. 

Hal ini cukup rumit, apalagi harus menerjemahkan sebuah teks sastra. Proyek lain yang juga dikerjakan seorang translator adalah berupa buku, website, subtitle, dan dokumen. 

Meski begitu, seorang translator memiliki sumber daya yang tidak terbatas seperti kamus, tesaurus untuk mencari sinonim kata, ensiklopedia, dan lain-lain. 

Selain itu, translator dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan dan honor yang diberikan biasanya dihitung berdasarkan jumlah kata atau halaman.

Baca juga: Ciri Ciri Orang Tua Toxic

Interpreter

Profesi Interpreter. Sumber: pexels.com

Profesi interpreter mengharuskan kamu untuk menerjemahkan dan menyampaikan inti sebuah pesan, tanpa perlu terperinci hingga tata bahasanya secara lisan. 

Pekerjaan ini dilakukan saat waktu yang bersamaan secara real-time. Alat yang dimanfaatkan seorang interpreter antara lain headphone, microphone, catatan kecil, dan alat tulis. 

Umumnya interpreter dibutuhkan sebagai penerjemah antara dua pihak dengan bahasa ibu yang berbeda. Salah satunya dapat digunakan oleh lembaga PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa). 

Kemampuan yang dibutuhkan seorang interpreter antara lain mendengarkan, public speaking, berpikir cepat, dan penguasaan topik. Penguasaan topik diperlukan karena dalam proyek lain yang dipegang oleh interpreter berkaitan dengan konferensi, rapat, siaran langsung TV, dan pengadilan. 

Seorang interpreter harus mampu menerjemahkan Bahasa Asing ke Bahasa Indonesia begitu pun sebaliknya. Namun, karena keterbatasan waktu akurasi hasil terjemahan tidak terlalu tinggi.  

Baca juga: Franchise Cetroo Coffee

Itu dia penjelasan mengenai profesi translator dan interpreter. Kamu yang memiliki kemampuan dan fasih dalam berbagai Bahasa Asing bisa mencoba kedua profesi tersebut. Goodluck!

Untuk membaca artikel menarik lainnya dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki, cukup dengan klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna!

Vocasia adalah platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Selain itu, dengan bergabung bersama Vocasia tentunya kamu akan berkesempatan untuk belajar banyak bersama mentor-mentor yang berpengalaman dalam bidangnya!

Nikmati segala penawaran harga khusus di Vocasia yang terjangkau untuk kamu yang ingin segera mengikuti berbagai kelas online dan mahir dalam berbagai bidang! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Perilaku Orang Tua yang Membuat Anak Stres

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *