Tanggal:30 May 2024

Berikut Ini Tips saat Phone Interview, Persiapkan dengan Baik!

ilustrasi wawancara kerja online (pixabay.com)

Setiap perusahaan pastinya memiliki tolak ukur tersendiri dalam melakukan tata cara wawancara kerja, ya. Dimana terdapat perusahaan yang melakukan wawancara kerja secara offline maupun online by phone, nih. Tentunya kedua sistem wawancara kerja tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang mana dalam pembahasan kali ini kita akan mendalami terkait wawancara kerja online by phone. 

Teruntuk kamu yang sedang mempersiapkan wawancara kerja online by phone, perlu diingat bahwa meski terlihat lebih sederhana karena hanya terjalin secara maya tapi jangan sampai kamu meremehkan yang justru akan menjadi boomerang bagi dirimu sendiri, lho. Sudah sepantasnya dengan sistem yang terkesan lebih sederhana, ya misalnya saja kalau wawancara berlangsung offline mungkin kamu akan berpeluang terjebak macet, penampilan kusut karena terkena angin diperjalanan, hingga gugup karena bertatapan atau kontak mata secara langsung tentunya semua hal itu tak akan kamu dapatkan ketika wawancara secara online by phone. Sekali lagi ingat bahwa dengan kesederhanaan dan kemudahan itu justru harus membuatmu mempersiapkan wawancara kerjamu dengan semaksimal mungkin, ya. Ibaratnya ini tuh metode wawancara yang lebih mudah harusnya jadi kesempatanmu untuk tampil secara maksimal. Kalau kamu masih bingung caranya simak penjelasan tips wawancara online by phone di bawah ini, ya.

1. Lakukan riset

Sesuai dengan istilah bahwa tak kenal, maka tak sayang, maka tips yang pertama dan utama ialah lakukan riset mengenai perusahaan tempatmu melakukan wawancara kerja. Bahkan jangan ragu untuk mencari tahu secara mendalam terkait job desk dari pekerjaan yang kamu lamar. Sehingga saat ada pertanyaan seputar perusahaan kamu tak bingung menjawabnya.

2. Persiapkan jawaban terbaik yang masuk akal

Cara terbaiki untuk mendapatkan jawaban terbaik atas pertanyaan yang ada saat wawancara kerja ialah dengan mempelajari apa saja sih pertanyaan yang diajukan pewawancara ke kamu nantinya. Setelah itu pikirkan jawaban apa yang berbobot atau bukan hanya sekadar jawaban iya atau tidak tapi juga terdapat alasan yang rasional hingga bukti nyata atas jawabanmu tersebut.

3. Fokuslah pada bahasa dan suaramu

Kualitas seseorang tentu dilihat dari isi pesan yang disampaikan, tetapi saat bahasa dan suara berada di porsi yang pas tentunya akan mempermudah penyampaian makna pesan dengan seefektif mungkin, ya. Maka dari itu, saat menjawab wawancara kerja by phone tentu hal utama yang diperhatkan ialah caramu berbicara, lho. Untuk dapat melakukannya tentu dibutuhkan kebiasaan, maka kamu bisa berlatih di depan kaca untuk mengatur nada bahasa dan suaramu yang pas, tidak kurang dan tak berlebihan.

4. Jangan mendominasi percakapan

Tentunya dalam hal mendominasi percakapan menunjukkan etika burukmu dalam berkomunikasi secara dua arah, ya. Niat hati ingin terlihat kritis dengan banyak menjawab dengan jawaban yang panjang, tapi tentunya hal ini bisa berbalik menjadi boomerang untukmu saat dinilai pewawancara kerja kalau kamu over bahkan terkesan pencitraan dari semua jawaban panjangmu, jadi harus singkat, padat, dan jelas, ya.

5. Tunjukkan ketertarikan

Ungkapkan ketertarikanmu untuk melakukan wawancara langsung atau tahapan seleksi berikutnya. Kamu juga bisa menyatakan bahwa kamu senang berbicara dengan pewawancara. Katakan juga bahwa Anda tertarik untuk melakukan wawancara tatap muka dan menjelaskan kesempatan tersebut secara langsung, nih. Sebagai penutupnya, jangan lupa tanyakan apa saja tahapan berikutnya yang harus dilalui serta ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk sesi wawancara kerja.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan dibawah ini!.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *