Tanggal:19 May 2024
ilustrasi pentingnya project management (pixabay.com)

Apa Sih Pentingnya Project Management? Cek 6 Jawabannya di Bawah Ini!

  1. Melalui adanya project management nih, otomatis bisa memberikan sebuah penyelarasan atas segala tujuan besar yang ingin dicapai oleh para klien kamu, lho. Yang mana dengan project management ini artinya kamu memastikan bahwa yang kamu berikan itu bisa dengan diwujudkan secara nyata dan mempunyai value. Selain itu juga, adanya project management turut membantu manajer proyek dalam merancang sebuah proyek dengan benar yang tentunya sesuai dengan kebijakan dan tujuan dari perusahaan, ya. Sehingga pada akhirnya semua risiko masalah dapat dievaluasi yang dilakukan dengan memantau progress apakah sudah sesuai atau justru belum dan terjadi kesalahan.  Baca Juga:

    Yuk Cari Tahu Apa Itu Knowledge Management?

    Talent Management: Pengertian, Manfaat, Dan Tujuannya

  2. Project management itu bisa memberi arahan dan kepemimpinan yang efektif bagi keberhasilan sebuah proyek, lho. Yang mana tanpa adanya kepemimpinan yang benar alias yang bisa mengarahkan, ya apakah mungkin proyek bisa berjalan sesuai hasil yang diharapkan? Rasanya tak mungkin karena yang terjadi justru proyek jadi tak punya tujuan dan kontrol yang tepat sesuai arahnya. Dimana secara lebih kompleks lagi, adanya kepemimpinan ini otomatis berperan sebagai pedoman juga agar semua tim bisa melakukan pekerjaan versi terbaik yang mereka mampu. Manajerlah yang menyediakan kempemiminan ini dan punya peran dalam menawarkan strategi sukses, menghilangkan hambatan atau ancaman yang mungkin terjadi, adanya pembinaan, serta yang tak kalah penting memberikan dukungan. Semua itu ya disediakan oleh manajer dengan alat projet management, ya. Setelah itu, pihak manajer akan memberikan laporan pertanggungjawaban pada pengelola perusahaan. Dari hal tersebut, dapat tertarik kesimpulan bahwa manajer ialah kendali utama yang membawa tanggung jawab, dimana berhasil atau tidaknya sebuah proyek ya tergantung siapa manajernya, ya. Baca Juga:
  3. Saat sebuah tim harus kerja tanpa pedoman khusus, meski mereka ahli dalam suatu bidang masing-masing tentu hasil kerjanya tak akan maksimal, ya. Dimana mereka jadinya berjalan tanpa tujuan, arahan, target atau sasaran, pun spesifkasi job desc yang harus dikejar dan terpenuhi juga tak jelas. Bahkan ketika menjumpai sebuah masalah, mereka yang tak punya pedoman spesifik ini tentu saja akan kesulitan untuk mencari solusi dan akhirnya yang ada proyek malah jadi bermasalah. Atas dasar itu, hadirlah project management yang mampu memastikan penyelesain tugas setiap anggota tim secara tepat waktu dengan pembagian proyek menjadi sub tugas yang lebih kecil lagi serta lebih mudah untuk ditindaklanjuti. Dengan demikian, semua tim akan lebih fokus pada tugas masing-masing dan mencapai satu tujuan yakni suksesnya proyek sesuai dengan hasil yang diharapkan. Tentu saja dalam hal munculnya permasalahan akan jadi lebih kecil saat tiap anggota tim memahami secara spesifik terkait tugas mereka masing-masing, kalau pun ada ya risiko munculnya permasalahan itu sangat kecil.Baca Juga:

    Yuk, Kenali Teamwork Dan Pentingnya Dalam Dunia Kerja!

    Skill Kerja Remote Yang Harus Kamu Miliki

  4. Project management yang sebagai alat bantu tentu saja mampu menjamin terlaksananya tugas dengan tepat waktu, ya. Yang mana dalam hal ini termasuk juga terdapat jadwal pengiriman, perkiraan besaran anggaran yang dibutuhkan, tenggat waktu untuk penyelesaian antar subtugas, materi pendukung, hingga penjadwalan dan penugasan tim untuk saling mengirim dan bertukar komunikasi. Sehingga tanpa hal-hal tersebut yang terdapat dalam project management, maka besar kemungkinan bahwa proyek tak mampu berjalan dengan sukses, lho. Baca juga:

    7 Tips WFH Agar Tetap Produktif & Tehindari Dari Stress

    20+ Pertanyaan Interview Pekerjaan Yang Sering Muncul!

  5. Semua klien pastinya menginginkan hasil kerja yang maksimal yakni berupa pengiriman produk yang berkualitas tinggi secara tepat waktu sesuai jadwal yang telah disepakati, ya. Yang mana perusahaan yang mampu memenuhi dan memuaskan keinginan klien tentu menarik hati klien untuk terus bekerja sama secara jangka panjang, nih. Sayangnya, tuntutan akan kualitas yang tinggi ini sering kali membuat tim yang mengerjakan mendapatan beban berat tersendiri. Yang mana kalau seseorang sudah merasa terbebani, artinya ia bisa melakukan hal apapun yang mungkin tak terkontrol hingga akibatnya fatal dan hasil kerjalah yang jadi korbannya. Nah, di sinilah peran dari project management, dimana melalui kepemimpinan manajeman proyek dapat mendorong agar para tim terus terpacu untuk meningkatkan kualitas kerjanya untuk menghasilkan produk terbaik sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa melalui project manajemen bisa membawa hasil kerja yang memenuhi standar tinggi dalam produknya maupun waktu penyelesaiannya, ya.
  6. Melalui project management, maka dengan mudahnya proyek yang tengah berjalan itu mampu memberikan signal khusus apabila terdapat kesalahan yakni munculnya permasalahan yang menganggu jalannya proyek. Tak hanya memberikan signal, tetapi juga melalui project management, masalah yang berhasil diketahui itu dapat segera evaluasi untuk mencari apa-apa yang salah, dikelola dengan sedemikian rupa, diperbaiki letak kesalahannya, sehingga hasil akhirnya risiko yang muncul akibat adanya permasalahan tersebut auto jadi lebih ringan, ya. Oleh karena itu, pemantauan proyek jadi sangat penting agar hasil akhirnya tak mengecewakan, nih. Baca Juga:

    10 Pertanyaan Interview User Yang Harus Kamu Ketahui!

    Definisi Dan Manfaat Kolaborasi

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *