Tanggal:05 May 2024

8 Cara Efektif Membuat Usaha Case Hp, Dijamin Untung Besar!

Baca Juga | Bisnis Anti Promosi yang Ribet? Franchise Ayam Geprek Bensu Aja, Ini Lho Caranya!

Saat ini, case handphone (hp) bertransformasi menjadi barang fashion yang menjadi pelengkap kebutuhan gaya para pengguna smartphone. Tren model case handphone sendiri terus bergulir dengan cepat seiring dengan tren munculnya tipe dan merek handphone baru.

Pada awal kemunculannya dulu, casing hp  hanya bertujuan untuk melindungi bodi handphone dari kemungkinan lecet. Namun saat ini fungsi case hp bertambah yaitu untuk menunjang sisi fashionable si pemilik handphone. Oleh sebab itu usaha case hp merupakan peluang bisnis yang menjanjikan saat ini. Berikut cara membuat usaha case hp yang dapat kamu coba.

Baca Juga | 8 Cara Membuka Bisnis Sanggar Senam, Banyak Dicari di Masa Pandemi!

1. Siapkan Modal

Untuk memulai usaha case hp, salah satu hal paling penting yang harus kamu persiapkan adalah menyiapkan modal. Kebanyakan pebisnis case hp mengeluarkan modal minimal sebesar 10 juta sampai 20 juta rupiah. Modal usaha ini digunakan untuk membeli mesin produksi dan bahan-bahan yang diperlukan lainnya.

Baca Juga | Tertarik Berbisnis Mie? Franchise Mie Gacoan Aja, Simak Caranya di Sini!

2. Mengetahui Tren di Pasar

Cara selanjutnya untuk membuat usaha case hp adalah mengetahui tren di pasar. Setiap ada ponsel baru yang keluar, case yang baru juga akan diproduksi untuk mencukupi kebutuhan aksesorisnya. Selain itu, ponsel yang sedang banyak dibeli juga wajib dijadikan sasaran.

Baca Juga | 7 Ide Bisnis Hanya Modal HP, Gampang Banget!

Misal dalam setengah tahun pertama, ponsel dari Xiaomi sedang tren varian tertentu. Begitu pun dengan ponsel Samsung dan Oppo. Case untuk ponsel itu bisa dipakai untuk target jualan daripada menjual jenis lain yang tidak diminati.

3. Menetapkan Target Pasar

Cara ketiga untuk terjun ke usaha case hp adalah menentukan target pasar. Bagi sebuah bisnis, menetapkan target pasar adalah sebuah keharusan. Tentu saja karena ini sangat berkaitan dengan positioning bisnis kamu di pasar. 

Untuk bisa menetapkan target pasar, kamu bisa menggunakan banyak tools analitik di internet. Misalnya Google Analitycs dan Google Trends. Misalnya, kamu bisa mencari tahu desain apa yang diinginkan oleh pasar.

Kamu bisa menyediakan desain gambar casing yang siap dipilih oleh pelanggan. Atau mengikuti trend hari ini, di mana konsumen bisa menentukan desain gambar sendiri. Bisa menggunakan gambar apa saja. Termasuk foto pribadi, logo perusahaan, dan artwork.

Baca Juga | 7 Jenis Desain Grafis yang Dapat Menunjang Usaha Kamu!

4. Memilih Bahan Case Hp Terbaik

Cara keempat untuk membuat usaha case hp adalah memilih bahan case yang terbaik. Target pasar yang kamu tentukan akan sangat berkaitan dengan material yang digunakan untuk case hp yang kamu jual. Beberapa tipe bahan case hp yang umum diketahui antara lain hard case, soft case, full print hard case, wooden case, rubber case dan stitch case. Pastikan kamu memilih bahan case dengan kualitas yang bagus. Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada branding produkmu nantinya.

Baca Juga | 10 Cara Bisnis Jajanan Ringan, Dijamin Langsung Banyak Pembeli!

5. Tentukan Jenis Desain Case Hp yang akan Dijual

Cara selanjutnya untuk membuat usaha case hp adalah menentukan jenis desain case hp apa saja yang akan dijual. Terdapat dua macam jenis desain case hp yang bisa kamu terapkan yaitu desain kreatif dari katalog toko atau desain kreatif custom dari konsumen. Masing-masing design akan menentukan harga jual dari produk di pasaran.

Baca Juga | 6 Aplikasi untuk Belajar Desain, Gampang Banget!

Untuk desain kreatif dari katalog toko kamu dapat manfaatkan desain kartun terkenal seperti Doraemon, Dora, Miki Mouse, Disney dan sebagainya. Menjual case hp berdesain kartun terkenal bisa menjadi opsi, sebab pelanggan memiliki alasan kuat untuk membeli desain tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menjual case hp custom yang bisa dipesan sendiri oleh customer. Misalnya, custom dengan menggunakan gambar atau foto tertentu sesuai keinginan dari pelanggan. Case jenis ini biasanya diminati oleh banyak orang dan harga jualnya cukup tinggi.

Baca Juga | Makna Psikologi Warna dalam Desain Logo, Perlu Kamu Ketahui!

6. Buat Sendiri atau Reseller

Cara membuat usaha case hp keenam yaitu menentukan memproduksi sendiri atau menjadi reseller case hp yang nantinya dijual. Kalau ingin membuat sendiri, kamu harus membeli mesin yang harganya tidak akan murah. Namun, bisa memproduksi puluhan bahkan ratusan produk sehingga harga jualnya lebih miring.

Baca Juga | 5 Keuntungan Menjadi Reseller Online, Modalnya Minim, Lho!

Kalau belum ada modal untuk beli mesin pembuat case hp, kamu bisa menjual case hp denan menjadi reseller. Cari supplier yang memberikan harga murah sehingga kamu masih bisa mendapatkan keuntungan.

7. Survei Harga di Pasaran

Cara selanjutnya untuk membuat usaha case hp adalah melakukan survei harga. Sebelum berjualan, tidak ada salahnya untuk jalan-jalan dahulu ke mall yang menjadi pusat dari ponsel dan aksesori. Kamu bisa keluar masuk toko case hp untuk melihat berapa kisaran harga case yang ada di sana dan bagaimana kualitas produk yang akan didapatkan.

Baca Juga | Optimalkan Keuntungan Bisnis dengan Terapkan 5 Cara Riset Pasar Ini!

Selain langsung datang ke mall, kamu juga bisa mengecek harga ke marketplace. Ketikkan kata kunci tertentu sesuai dengan jenis ponsel. Selanjutnya catat berapa harga, jenis, dan juga kualitasnya kalau ada. Dari data yang sudah didapatkan ini kamu bisa menentukan kisaran harga jual dari produk.

8. Menentukan Cara Promosi

Baca Juga | 5 Cara Menentukan Influencer untuk Promosi Bisnismu, Jangan Sampai Salah Pilih!

Cara terakhir untuk membuat usaha case hp adalah menentukan cara promosi. Salah satu faktor penentu sukses pemasaran adalah cara promosi produk. Cara promosi produk menjadi salah satu fokus utama para pebisnis dimanapun berada. Terlebih di era yang serba digital seperti saat ini. Mayoritas pebisnis atau pelaku usaha berbondong-bondong untuk memasarkan bisnis secara online.

Baca Juga | Berikut 6 Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Oleh karena itu tentukan bagaimana cara kamu untuk mempromosikan usaha case hp yang kamu miliki. Kamu dapat mencoba untuk mempromosikannya secara online. Kamu dapat manfaatkan website toko online serta penggunaan media sosial  untuk berpromosi secara online. Sosial media kini menjelma menjadi tempat promosi yang sangat ampuh. Dengan era digital yang terus bertumbuh seperti ini, tidak heran banyak pebisnis atau perusahaan yang menginvestasikan banyak untuk membuat brand awareness yang bagus tentang brand mereka.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *